Kamis, 20 September 2018

8 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja

  • Rosiana
  • 04/10/2017 16:29 WIB
8 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja
EPIZONE.ID - Baru mendapat pekerjaan pertama? Selamat karena kamu berhasil menapaki salah satu fase menuju kedewasaan. Biasanya orang-orang yang baru mendapatkan pekerjaan pertama merasa senang dan bangga, apalagi jika berhasil mendapatkan tempat di perusahaan impian. 

Mendapatkan pekerjaan untuk pertama kali merupakan pengalaman yang pastinya berkesan. Sebagai seorang yang sudah bisa dikategorikan dewasa, kamu yang baru pertama kali kerja pasti merasakan berbagai hal seperti gugup, cemas dan banyak lainnya. Nah untuk seorang fresh graduate yang baru akan merasakan dunia kerja, hal-hal inilah yang harus kamu lakukan ketika memasuki tempat kerja untuk pertama kalinya.

1. Jangan datang terlambat

Hari pertama kerja, jangan terlambat


Di hari pertama kerja, jangan sampai kamu terlambat. Usahakan untuk datang setengah jam sebelum jam kantor mulai. Hal ini akan membuatmu merasa siap dan menetralisir perasaan gugup di tempat kerja. Datang lebih awal juga bisa memberikanmu kesempatan lebih lama untuk mengobservasi tempat kerja, sehingga kamu lebih siap nantinya.

Kesan pertama juga sangat bergantung pada tepat atau tidaknya kamu datang ke kantor. Datang tepat waktu menunjukkan semangat dan kesiapanmu untuk bergabung di sebuah perusahaan. 

6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Menunggu Panggilan Kerja

2. Meninjau lingkungan kerja

Hari pertama kerja, meninjau lingkungan kerja


Nah hal ini berkaitan dengan datang tepat waktu. Dengan datang tepat waktu atau meluangkan sedikit waktu sebelum jam kerja, kamu bisa meninjau bagaimana lingkungan tempatmu kerja. Meninjau lingkungan kerja nggak hanya melihat-lijat ruangan aja, kamu bisa mencari tahu letak toilet, mushola, hingga sistem kemanan di tempat kerja. Peninjauan ini berguna agar kamu lebih mengenal lingkungan kerja karena kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu disana. 

3. Sapa dan senyum

Hari pertama kerja, sapa dan senyum


Sebagai anak baru, pasang senyum ramah dan saling sapa antar karyawan menjadi modal penting biar kamu bisa langsung diterima di lingkungan kerja. Sebagai anggota baru di tempat tersebut, diterima dengan baik tentunya menjadi salah satu harapan. Nggak mau kan hari pertama kerja udah dicap sombong gegara pasang muka cemberut. So, di awal-awal kerja pastikan senyum 2 jarimu selalu terpasang ya.

Saling sapa juga menjadi elemen yang penting jika kamu ingin cepat diterima di tempat kerja. Nggak perlu lebay, cukup sapaan bisa seperti "Selamat pagi" cukup untuk memberi kesan positif kepada rekan-rekan barumu. Jangan lupa untuk bersikap ramah kepada semua orang termasuk satpam dan petugas kebersihan ya. Hal ini bisa jadi nilai plus buatmu loh. 

6 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu Yang Introvert

4. Ambil kesempatan untuk kenalan saat jam makan siang

Hari pertama kerja, ambil kesempataan berkenalan saat makan sian


Jadi anak baru itu emang nggak enak. Mau dekat-dekat pegawai, ntar dikiranya sok dekat. Nggak mau gabung ke kelompok dikiranya anti sosial. Serba salah kan? Nah sebagai anak baru sudah sepantasnya kamu yang harus pasang strategi untuk mendekati karyawan lain. Salah satu caranya adalah dengan gabung saat makan siang. 

Kenapa makan siang? Soalnya jam makan siang merupakan waktu santai dimana kamu pun nggak harus ribet ngurusi kerjaan. Sebaliknya di berbagai kantor, jam makan siang merupakan waktu yang pas untuk bertukar berita, kabar bahkan gosip. Nah hal inilah yang harus kamu manfaatkan. Kamu bisa mengambil inisiatif untuk berkenalan dengan lebih intens saat jam makan siang. Berkenalan dengan seluruh staf merupakan hal yang wajib dilakukan oleh karyawan baru biar kamu nggak dicap sebagai alien. 

5. Bawa snack atau makanan

Hari pertama kerja, bawa snack atau camilan

Selain berkenalan saat makan siang, kamu bisa SKSD dengan membawa snack atau makanan dari rumah. Sebagai salam perkenalan, makanan tersebut bisa dibagikan ke seluruh karyawan sehingga mereka bisa mengetahui keberadaanmu. Nggak perlu mahal-mahal, camilan yang biasanya da di minimarket aja udah cukup kok. Hal ini akan menambah kesan positif pada dirimu di hari pertama kerja.

Membagi-bagikan snack dan camilan juga bisa membuatmu cepat diterima di lingkungan kerja. Jika kamu sudah diterima, maka bekerja bukan merupakan hal yang sukar lagi untuk dilakukan,karena rekan kerjamu pastinya siap untuk membantu. 

Halo Para Pencari Kerja, Berikut Situs Pencarian Kerja yang Bisa Membantumu Meraih Karir Impian

6. Jangan malu bertanya

Hari pertama kerja, jangan malu bertanya


"Malu bertanya sesat di jalan"

Pepatah ini benar adanya. Sebagai karyawan baru, kamu pasti belum terlalu mengerti seluk-beluk tempat kerja. Daripada tersesat dan tak tahu arah jalan pulang harus gimana, mending tanya sama pegawai senior. Nggak mau kan hari pertama kerja jadi bencana?

Bertanya kepada rekan kerja emang baik jika kamu beneran nggak tahu. Namun jangan asal dan keseringan bertanya juga. Salah-salah bukannya dijawab, kamu mlaah dianggap tidak kompeten untuk bekerja. Sebelum bertanya, kamu bisa mencoba untuk mencari tahu terlebih dahulu, dan jika emang beneran nggak tahu jawabannya, baru deh tanya sama rekan kerja. 
 
7. Jangan sok tahu

Hari pertama kerja, jangan sok tahu


Meski kamu terbilang ahli di bidangnya, jangan sampai kamu merasa sok tahu hingga membuat karyawan lain menjadi antipati terhadapmu. Jika kamu memang merasa tidak tahu, maka ungkapkanlah ketidaktahuan kamu daripada sikap sok tahu. Sikap yang kamu lakukan justru akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri.

Jika memang kamu mengetahui sesuatu dan harus disampaikan, maka sampaikanlah hal tersebut dengan cara yang sopan. Jangan mentang-mentang kamu ahli dalam satu bidang, maka kamu merasa di atas awan. Sebaliknya, kamu juga harus memiliki sikap rendah hati agar tak dijauhi rekan kerja. 

8. Jangan sibuk dengan urusan pribadi

Hari pertama kerja, jangan sibuk denganurusan pribadi


Chatting, telepon dan hal-hal personal yang sekiranya bisa menggaggu performa kerjamu sebaiknya jangan dilakukan. Hal ini tentunya bisa menjadi kesan negatif selama kamu di tempat kerja. Ingat kmu dibayar untuk bekerja bukan buat pamer ke sosmed. Buat kebijakan pribadi untuk membatasi panggilan telepondan chat pribadi kecuali saat istirahat makan siang, kecuali untuk hal-hal darurat. 

Baca Juga
Buat Anak Magang, Hindari 6 Kesalahan Ini Selama di Tempat Kerja
Beberapa Cara Ini Bisa Menambah Penghasilan Untukmu yang Masih Mahasiswa
7 Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa yang Mau Kuliah Sambil Kerja



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close