Rabu, 17 Januari 2018

Penggunaan Kata yang Salah Kaprah Dalam Bahasa Indonesia, Apa Saja?

  • Rosiana
  • 05/10/2017 13:06 WIB
Penggunaan Kata yang Salah Kaprah Dalam Bahasa Indonesia, Apa Saja?
EPIZONE.ID - Banyak yang mengira dan merasa bahwa Bahasa Indonesia itu mudah. Tak perlu belajar keras seperti mata pelajaran lain, nggak perlu aturan-aturan lain seperti Bahasa Inggris. Tapi ternyata Bahasa Indonesia juga membutuhkan perhatian khusus loh. Banyak orang yang selama ini salah kaprah dengan kata-kata yang mereka lontarkan.

Salah kaprah berarti kesalahan yang sudah dianggap lumrah karena sering digunakan oleh banyak orang. Bisa jadi kamu salah satu orang yang sering menggunakan bahasa Indonesia yang salah kaprah. Salah kaprah ini terjadi karena salah pemahaman dan salah mendapatkan informasi. Bisa juga karena perbedaan kultur dan budaya. Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari berbagai suku dan bangsa. Untuk itu terjadinya salah kaprah dan salah pemahaman dalam menggunkan bahasa Indonesia bisa saja terjadi. 

Nggak salah sih sebenarnya, tapi kalau yang namanya salah tetap harus dibenahi kan? Apalagi jika kesalahan tersebut sampai mengubah makna aslinya. Malu dong bahasa sendiri aja sampai salah. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau menggunakan bahasa Indonesia?

Nah biar nggak salah lagi, yuk ketahui kata-kata salah kaprah yang sering digunakan ini...

1. KAMI VS KITA

Selama ini banyak orang yang salah kaprah menggunakan kata "kami" dan "kita". Kata "kami" dan "kita" merupakan kata ganti orang jamak dan sama-sama diucapkan oleh orang pertama. namun ternyata kata "kami" dan "kmita"mini sering diplesetkan oleh banyak orang. Ketahui perbedaannya disini. 
Penggunaan kata yang salah kaprah, kita
Kata "kita" merujuk pada pembicaraan antara 2 orang atau lebih yang melibatkan pembiacara dan lawan bicara. Coba cermati contoh kalimat diatas, Adi mengajak Dira ke perpustakaan dan menggunakan kata ganti  "kita" untuk merujuk pada si pembicara dan lawan bicara.
Penggunaan kata yang salah kaprah dalam Bahasa Indonesia, kami
Nah beda lagi jika ingin menggunkana kata "kami" Seperti contoh diatas, kata "kami" digunakan oleh pembicara tanpa melibatkan lawan bicara. Nah udah tau bedanya kan? Jangan salah lagi ya...

2. UBAH VS RUBAH  (MENGUBAH ATAU MERUBAH?)
Penggunaan kata bahasa INdonesia yang salah kaprah, ubah
Mari kita kembali ke pelajaran SD. Berapa orang yang sering mendengar kata "merubah" alih-alih "mengubah"? Pasti banyak kan? Dan banyak juga yang memakai kata "merubah" dalam percakapana sehari-hari karena sering digunakan dan akhirnya menjadi salah kaprah. LKata "ubah" jika diberi imbuhan "me-" seharusnya menjadi "mengubah" bukan "merubah. Namun beda jika kamu memberi imbuhan "ber-" maka kata "ubah" menjadi "berubah". 

Sedangkan kata "rubah" adalah kata benda dan merujuk pada jenis hewan. Jadi jika kata "merubah" bermakna menyerupai atau menjadi rubah. Waaa beda banget kan?

Wajib Tahu! Istilah yang Sering Kita Pakai Ini Ternyata Ada Kata Bakunya Loh

3. ACUH DAN TAK ACUH
Penggunaan kata bahasa indonesia yang salah kaprah, acuh
Kata ini merupakan kata yang paling sering disalahartikan. Coba cek berapa banyak kata dan lirik lagu yang menggunkaan kata "acuh" dengan salah dan malah membuat makna kalimat tersebut menjadi rancu? Bagi banyak orang kata "acuh" sering diasosiasikan dengan perilaku cuek dan tidak perhatian. Padahal bila mau menengok KBBI sebentar saja, kata ini malah bermakna sebaliknya. Lucu kan?
Penggunaan bahasa Indonesia yang salah kaprah, tak acuh
Nah frasa ini juga sering disalahartikan. Tak acuh seperti gambar diatas memang berarti tidak peduli. Lalu gimana dengan frasa acuh tak acuh? Ya menurut makna diatas berarti peduli-tak-peduli. 

4. JAM VS PUKUL
Penggunaan kata bahasa indonesia yang salah kaprah, jam
Seperti kata diatas, kata "jam" merujuk pada alat yang digunakan untuk mengukur waktu bukan untuk menunjukkan waktu. Penggunaan kata bahasa Indonesia yang slah kaprah, pukul
Nah sebagai gantinya, saat menanyakan waktu kamu isa memakai kata puku. Kata ini digunakan untuk menunjukkan waktu juga bisa digunakan sebagai kata kerja yang berarti memukul atau membenturkan barang. Nah mulai sekarang gunakan bahasa Indonesia dengan bijak ya...

5. GEMING DAN TAK BERGEMINGPenggunaan kata bahasa indonesia yang salah kaprah, geming
Tak hanya kata "acuh", kata "geming" juga sering menjadi sasaran salah kaprah. kebanyakan orang menggunakan kata ini dengan tambahan "tak" atau"tidak" didepannya. Contohnya : Setelah seseorang menabrakku, aku diam tak bergemingKalau menurut KBBI, kalimat tersebut rancu, kan udah kata diam, kenapa dikasih tambahan tak bergeming? Nah loh buka lagi deh buku Bahasa Indonesianya. 

6. SERONOK DAN SENONOH

Dua kata ini sering dikaitkan dengan perilaku atau hal-hal yang tidak terpuji Padahal jika mau menengok KBBI sebentar saja, kata "seronok" dan "senonoh" memiliki arti yang jauhh dari itu.
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah, seronok
Kata ini ternyata memiliki arti positif. Seperti gambar diatas, "Seronok" seharusnya diasosiasikan dengan keindahan, tapi karena udah terlanjur salah kaprah banyak yang mengartikan kata ini sebagai perlakuan yang tidak sopan. Sedangkan kata senonoh sendiri memiliki arti:
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah, senonoh
Nah loh... Siapa yang kaget? ternyata kata "senonoh" yang sering kali kita ucapkan bermakna sebaliknya kan?

Berbagai Diksi Indah yang Jarang Digunakan

7. ABSEN DAN PRESENSI
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang slah kaprah, absen
Siapa yang suka titip absen saat masuk kelas? berarti kalian suka titip tidak masuk kelas? Nah jadi rancu kan artinya? Yuk pelajari kembali Bahasa Indonesia...
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah, presensi
Lawan kata absen ternyata presensi. Jadi jika kamu mengisi form kehadiran, form tersebut harusnya bertuliskan "presensi" bukan absensi". Jangan salah lagi ya...

8. KOSONG VS NOL, MANA YANG BENAR?



Ada yang ingat iklan diatas? Menurutmu apakah ada yang salah dari lirik yang dinyanyikan? Kalau kamu jeli, kamu pasti bisa menemukan keanehan dari lirik iklan yang sampai sekarang ternyata masih diingat oleh banyak orang ini. Penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah, kosong

penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah, Nol
Jika kamu disuruh menyebutkan nomor telepon, kata apa yang biasanya kamu sebutkan untuk menyebut bilangan 0? "Kosong" atau "Nol"?Jika berpedoman pada KBBI, maka menyebutkan nomor telepon berarti diawali dengan kata "Nol", karena kosong ternyata merujuk pada ketiadaan atau kehampaan. Jadi stop bilang angka 0 itukosong ya gaes...

9. ANTISOSIAL VS ASOSIAL
Penggunaankata bahasa indonesia yang salah kaprah, antisosial
Banyak dari kamu pasti mengasosiasikan orang-orang yang tidak suka bergaul dengan kata "antisosial". Padahal kata ini memiliki arti yang sangat jauh dari pemahaman orang tentang orang-orang yang kurang suka bergul. Kata "antisosial" ternyata memiliki arti yang sangat negatif dan bisa dikategorikan sebagai salah satu sifat dari psikopat. Nah loh.....

Penggunaan kata bahasa Indonesia yang slah kaprah, asosial
Sedangkan kata "asosial" sangat cocok untuk menyebut orang-orang yanjg kurang suka bergaul dengan lingkungan sekitar. Jadi jika kamu ingin menyebut orang-orang tertutup yang tidak mempedulikan lingkungan sekitar, jangan gunakan sebutan "antisosial" lagi ya.

10. NYINYIR DAN NYINDIR
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang salah kaprah. nyinyir
Berapa banyak dari kamu yang suka nyinyir?
Penggunaan kata bahasa Indonesia yang slah kaprah, nyindir
Nah siapa yang suka ngatain temenmu suka nyinyir? Ternyata bedanya jauh banget kan?

Baca Juga
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika
Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal
Tak Lelah Belajar, Profesor Ini Miliki 145 Gelar Akademik di Belakang Namanya

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close