Jumat, 22 Juni 2018

Terlalu Banyak Duduk Saat Belajar? Ini Akibat Dan Cara Menghindarinya

  • Rosiana
  • 09/10/2017 13:01 WIB
Terlalu Banyak Duduk Saat Belajar? Ini Akibat Dan Cara Menghindarinya
EPIZONE.ID - Duduk terlalu lama kini menjadi suatu aktivitas yang tak bisa dihindari. Apalagi buat kamu yang selalu berada di kelas dari pagi hingga siang hari. Terlalu banyak duduk juga memberi banyak efek samping yang nggak baik lho bagi kesehatan. Terlalu banyak duduk dan kurang bergerak sama bahayanya dengan para pecandu rokok, seperti diutip dari National Geographic. 

Nah sebagai anak muda apalagi buat kamu yang masih di bangku sekolah, terlalu banyak duduk bisa membawa berbagai macam penyakit. Duduk diam di dalam kelas dari pagi hingga sore hari terkadang membuat tubuh menjadi gampang terserang penyakit. Ini karena kebiasaan duduk dan kurang bergerak membuatmu malas untuk melakukan aktivitas lain yang mengharuskanmu untuk lebih banyak bergerak. Memang sih ada pelajaran olahraga, namun berapa kali dalam seminggu olahraga dijadwalkan? Paling cuma sekali kan? 

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa banyak pelajar yang langsung mengambil les tambahan dan belajar dirumah dalam kondisi duduk pula. Hal ini harus diperhatikan karena jika kamu menghabiskan waktu untuk berlama-lama di tempat duduk dan jarang olahraga, maka kesehatanmu jadi taruhan. 

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya
Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal

Terlalu banyak beraktivitas di atas kursi juga menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar, pemecahan lemak menjadi lamban. Bahkan banyak duduk diam bisa membuat sakit punggung karena otot menjadi tegang dan kaku. Hal inilah yang membuat orang-orang yang terlalu lama duduk harus mengganti kebiasaan mereka.

Nggak cuma itu aja, terlalu banyak duduk diam juga membawa berbagai penyakit yang bisa mematikan loh. Penyakit tersebut antara lain diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan lain-lain. Rata-rata orang yang menghabiskan waktu dengan lebih banyak duduk diam memiliki usia yang lebih pendek daripada karena berbagai penyakit daripada mereka yang lebih banyak bergerak. Efek samping dari kebanyakan duduk emang nggak langsung terasa sih ya, namun bahayanya mungkin baru bisa kamu rasakan dalam jangka panjang. 

Nah kalau kamu satu dari sekian banyak orang yang selalu menghabiskan kegiatan dengan banyak duduk, ada baiknya lakukan tips-tips berikut ini:

1. Minum lebih banyak air

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, minum lebih banyak air


Jika kamu merupakan orang yang menghabiskan hari dengan duduk, maka minum air putih adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terlalu banyak duduk. Selain menyehatkan, minum lebih banyak air akan 'memaksamu' untuk buang air kecil lebih sering. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk memaksa seseorang beranjak dari duduk mereka. 

2. Berdiri setiap 30 menit

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, berdiri setiap 30 menit

belajar sering dilakukan dalam posisi duduk. Buat kamu ank-anak kelas 3 yang lagi sibuk banget belajar, apalagi buat kamu yang menghabiskan berjam-jam untuk belajar di dalam kamar, kamu bisa berdiri setiap 30 menit sekali untuk melemaskan bagian tubuh yang kaku. 

3. Jalan-jalan saat pergantian jam

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, jalan-jalan saat pergantian jam


Sebenarnya setiap orang dianjurkan untuk berdiri setiap 30 menit agar peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Namun jika kamu sedang berada di dalam kelas dengan guru killer yang nggak bisa dibantah, sebaiknya lakukan kegiatan ini saat jam pergantian pelajaran. Bel pergantian jam merupakan saat yang tepat untuk meregangkan otot badan yang kaku akibat terlalu banyak duduk. Kamu juga bisa melakukan peregangan ringan semabri berjalan-jalan di sekitar kelas. Tapi ingat, jalan-jalannya di sekitar kelas aja ya, jangan sampai nyasar ke kantin juga.

Stress dan Beban Pikiran Menggunung? Redakan Dengan 7 Langkah Ini

4. Peregangan tubuh saat jam istirahat

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, peregangan tubuh saat istirahat


Istirahat nggak cuma buat jajan aja. Seperti namanya, kamu bisa mengistirahatkan tubuhmu dari efek samping terlalu banyak duduk dengan melakukan peregangan ringan. Nggak perlu yang ribet kayak mau olahraga, yang penting badan yang kaku karena terlalu banyak duduk bisa diistirahatkan. Atau kamu juga bsia melakukan peregangan dengan naik turun tangga sekolah.

6 Alasan Mengapa Generasi Millenial Sulit Lepas Dari Gadget

5. Jalan kaki atau naik sepeda ke sekolah

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, jalan kaki atau naik sepeda ke sekolah


Jalan kaki atau bersepeda merupakan slah satu cara efektif dan murah untuk mengurangi resiko terlalu banyak duduk. Kalau jarak rumah ke sekolah nggak terlalu jauh, coba deh gaya hidup baru dengan berjalan kaki. Selain mengurangi resiko terlalu banyak duduk, kamu jugabisa sekalian olahraga dalam perjalanan ke sekolah.

6. Nggak sempet olahraga pagi? Coba deh olahraga sore-sore

Terlalu banyak duduk di sekolah dan cara mengatasinya, buat yang nggak sempetolahraga pagi, coba deh olahraga sore-sore


Olahraga identik dengan aktivitas di pagi hari. Namun jika kamu nggak sempat untuk melakukannya, kamu bisa mencoba olahraga di sore hari. Kini banyak kok orang-orang yang menyempatkan diri untuk berolahraga di sore hari. Jadi jangan ada lagi alasan nggak sempet buat olahraga ya.

Baca Juga
5 Kebiasaan Yang Akan Meningkatkan Nilai Sekolahmu, Coba Yuk
Udah Capek Belajar Terus? Coba Ikutin 5 Cara Ini Biar Semangat Lagi
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close