Senin, 17 Desember 2018

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Meningkatkan Kemampuan Otak

  • Rosiana
  • 10/10/2017 20:21 WIB
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Meningkatkan Kemampuan Otak
EPIZONE.ID - Otak kita merupakan salah satu organ yang paling mengesankan. Gimana enggak? Setiap harinya keputusan dan aktivitas kita dikontrol oleh otak. Bahkan ketika kita sudah tertidur pun otak masih menjalankan beberapa fungsinya. Tak diragukan lagi kemampuannya dalam kehidupan manusia. Namun seperti tubuh, otakpun juga membutuhkan latihan dan refreshing dari hari ke hari untuk membuatnya lebih tajam. So, tunggu apa lagi? kamu bisa lakukan kegiatan seru untuk meningkatkan kemamuan otakmu, seperti dilansir dari WittyFeed berikut ini...

1.Memainkan instrumen musik

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, memainkan alat musik


Mempelajari atau memainkan sejumlah instrumen musik ternyata memiliki andil besar terhadap kemampuan otak loh. Memainkan instrumen bisa meningkatkan ukuran bagian otak seperti cerebrum dan korteks. Dan hanya dengan mendengarkan musik, berbagai jaringan pada otak bisa langsung aktif. Woow hebat ngak tuh??

2. Latih otakmu dengan puzzle dan video game

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, melatih otak dengan permainan mengasah seperti puzzle dan video game


Cara seru lainnya adalah dengan memainkan puzzle dan juga video game. Mengapa cara ini bisa meningkatkan ketajaman otak? Ini karena video game bisa membantu siswa-siswa dengan disleksia untuk bisa membaca dengan lebih baik. Seperti diketahui, anak-anak dengan kondisi disleksia mengalami kesulitan untuk membaca. Tak hanya itu aja loh, berdasarkan penelitian dari University of Rochester, video game juga bisa membantu pemulihan penderita serangan jantung. Permainan yang emngandalkan penalaran sebenarnya bisa kok digunakan untuk melatih ketajaman otak, asal jangan lupa untuk belajar ya...

Susah Konsentrasi? Coba 6 Cara Jitu Ini Untuk Melatih Ketajaman Otak

3. Membaca Buku

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, membaca buku


Banyak orang yang sebenarnya udah tau manfaat membaca buku. Tapi yah banyak juga yang mengabaikannya. Membaca buku sebenarnya membantu menghilangkan stress dan juga membantu melarikan diri dari kenyataan (bagi pecinta fiksi). Lebih dari itu, sebenarnya membaca buku memberikan kemampuan untuk memikirkan sesuatu secara visual. Ini karena membaca "memaksamu" untuk membayangkan kejadian yang ditulis dalam bentuk kata dan meningkatkan daya imajinasimu.

4. Beri tubuhmu waktu tidur yang cukup 

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, tidur yang cukup

Yuhhuuu... tidur merupakan aktivitas menyenangkan yang sangat berguna untuk meningkatkan energi kita. Dan seperti yang sudah diketahui, kurang tidur bisa menyebabkan kemampuan seseorang berkurang. Hal inilah yang bisa menurunkan kemampuan otak hingga membuat seseorang menjadi mudah lupa. Jadi jangan lupa untuk istirahat ya...

8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

5. Singkirkan kalkulator dan alat bantu hitung lainnya

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, singkirkan kalkulator dan alat bantu hitung lainnya


Punya PR Matematika? Nah kini saatnya utnuk menyingkirkan kalkulatormu. Meningkatkanketajamn dan fungsi otak nggak akan berhasil jika kamu masih bergantung pada alat bantu hitung dan enggan untuk latihan dengan kemampuanmu sendiri. Inilah saatnya untuk mengambil alih fungsi otak yang sudah banyak digantikan oleh peralatan. 

6. Kopi????

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, menkonsumsi kpi untuk membantu lebih fokus


Yap minum kopi ternyata juga bisa membantu meningkatkan ketajaman otak. Minuman berkafein ini membantumu untuk tetap fokus pada pekerjaan dan tugas yang monoton dan melelahkan seperti belajar *eehhh. Bahkan minuman favorit kekinian ini juga bisa meningkatkan kecerdasan termasuk kemampuan penalaran dan reaksi.

7 Cara Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Gagal Fokus Saat Ngerjain Tugas

7. Meditasi ringan

meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, meditasi ringan


Meditasi membantumu untuk merasa rileks setelah atau sebelum melakukan aktivitas. Luangkan 10 hingga 5 menit sehari untuk melakukan meditasi ringan. Kegiatan ini sangat berguna untuk mengurangi tingkat stress dan membantumu untuk menyegarkan pikiran juga.

Baca Juga
Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?
6 Tips Manajemen Waktu Buat Kamu yang Super Sibuk 
Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal


  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close