Kamis, 20 September 2018

Ngaku Penggemar Buku? Ini Dia 10 Tipe Pembaca Buku yang Wajib Kamu Tahu

  • Rosiana
  • 11/10/2017 17:28 WIB
Ngaku Penggemar Buku? Ini Dia 10 Tipe Pembaca Buku yang Wajib Kamu Tahu
EPIZONE.ID - Membaca merupakan kegiatan yang bisa membuat kita mengetahui informasi baru. Tanpa membaca kita tak akan tahu informasi  dan pengetahuan yang selalu berkembang. Nah dengan membaca kamu bisa menjelajahi dunia, kiasan sih, tapi pengetahuan yang kita dapat dengan membaca bisa membawa kita melihat dunia dengan lebih jelas. Bagi sebagian orang, membaca sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan. Jika kamu mengaku sebagai pembaca setia, tipe yang manakah kamu?

1. The Editor 

Pembaca tipe ini selalu mengomentari apapun yang dibacanya. Sama seperti editor, pasti adaaa aja yang dikomentarin, mulai dari plot cerita hingga kesalahan titik koma. 

2. The Picker 

Tipe ini biasanya hanya membaca buku dari rekomendasi atau hanya membeli buku yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan selera.  Pembaca jenis ini juga sering membatasi diri dengan membaca genre atau jenis cerita tretentu, seperti buku-buku para pemenang Nobel Sastra atau buku-buku filsafat misalnya. Mereka emang pemilih tapi terkadang seleranya akan bahan bacaan yang bagus dan berkualitas bisa jadi referensi.

3. Tipe Pamer

Beli buku cuma buat pamer? mungkin kamu termasuk pembaca tipe ini. Pembaca tipe ini sering beli buku buat dipamerin di sosial media. Entah tau isinya atau nggak yang penting pamer dulu. 

4. The List-maker 

Mereka memiliki list yang panjang tentang buku yang ingin dibaca. Jika kamu aktif di jejaring Goodreads, tipe-tipe ini selalu mencantumkan beberapa judul ke dalam reading list mereka.

5. The Quote Enthusiast

Siapa nih yang suka ngebagiin quote di timeline sosial media? Tipe ini selalu update tentang berbagai quote yang mereka temukan di buku. Setiap quote yang dirasa sedang menggambarkan suasana hati atau sesuai dengan keadaan sekarang ini pasti langsung dipost

10 tipe pembaca buku, kamu yang mana?
Kamu tipe yang mana?

Baca Juga : Selain Berimajinasi, Membaca Buku Cerita Juga Membuat Orang Lebih Mudah Berempati

6. The Marathon Reader

The marathon reader adalah orang-orang yang punya semangat tinggi dalam membaca. Bahkan kemampuan dan kecepatan mereka membaca bisa melampaui pelari marathon sekalipun. Marathon reader punya kemampuan khusus yang membuat mereka betah berlama-lama dan meghabiskan satu buah buku hanya dalam waktu 1 hari atau bahkan hanya beberapa jam. Pembaca tipe ini sering lupa waktu jika sudah memegang buku. Mereka seakan punya hutang yang harus dibayar jika tak menyelesaikan buku yang telah dibaca. 

7. Kura-kura

Sama seperti hewan kura-kura, tipe pembaca jenis ini membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu buah buku. Bahkan kadang ada yang butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk melahap habis satu bahan bacaan. 

Ada 3 tipe kura-kura, yang pertama merupakan tipe cerdas dan cermat. Mereka yang masuk jenis ini biasanya membutuhkan waktu lama karena terlalu mencermati setiap adegan dan tata kalimat yang terdapat di dalam buku. Tipe kedua adalah orang yang sangat sibuk. Saking sibuknya mereka bahkan nggak punya waktu untuk membuka buku. Nggak heran sih, soalnya tipe ini biasanya nggak punya waktu luang. 

Nah tipe yang terakhir adalah tipe kura-kura yang emang dari sananya nggak terlalu suka membaca. Mereka biasanya membutuhkan waktu lama membaca satu judul buku karena sering diinterupsi dengan kegiatan lain. Baru dapat satu halaman aja langsung ditutup, ya kapan selesainya???

8. The-reader-who-knows-it-all

Sama seperti namanya, mereka yang termasuk tipe ini biasanya diasosiasikan dengan ensiklopedia berjalan. Pembaca tipe ini merupakan orang yang sudah menelan habis isi dari ratusan buku. Saking miripnya sama ensiklopedia, kamu bisa tanya apa aja tentang buku malai dari fiksi fantasi, biografi sampai buku-buku sejarah. Pembaca tipe ini biasanya nggak pernah pilih-pilih tentang bahan bacaan. 

9. The Emotional

Siapa nih yang abis baca buku terutama fiksi langsung baper? Nah kalau kamu sulit melepaskan emosi yang dirasakan saat membaca, maka kamu termasuk ke dalam tipe emotional. mereka yang masuk ke dalam tipe ini biasanya terlalu larut dengan cerita hingga membuat susah move on, apalagi buat para penggemar fiksi. Parahnya lagi bahkan ada yang sampai neror penulisnya karena ending yang nggak memuaskan.

10. Halfway Reader

Hayoo siapa yang sering baca tapi nggak pernah selesai? Banyak kok yang kayak gini. Tipe Halfway reader biasanya hanya tertarik dengan buku di awal-awal aja, mendekati konflik mereka udah mulai bosan dan berakhir dengan buku yang nggak pernah terselesaikan.

Baca Juga
Kalo Dikumpulin Waktumu Buat Main Sosmed dalam Setahun Bisa Buat Baca 182 Buku, Gini Perhitungannya
Wow.. Ini Dia 10 Buku Tertua Di Dunia. Salah Satunya dari Emas Lho
Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Baca Buku

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close