Jumat, 20 April 2018

Susah Mengingat dan Mudah lupa? Yuk, Kenali Penyebabnya

  • Rosiana
  • 11/10/2017 18:57 WIB
Susah Mengingat dan Mudah lupa? Yuk, Kenali Penyebabnya
EPIZONE.ID - Sering susah saat mengingat nama orang? Atau sering lupa nama  jalan dan arah yang harus dilewati? Kondisi seperti itu mungkin pernah atau sering kita hadapi. Menjadi orang yang pelupa kadang terasa menjengkelkan. Apalagi pada saat-saat tertentu kita melupakan sesuatu. 

Seseorang bisa mengingat informasi karena otak menyerap informasi yang diberikan dan mengirimkannya ke bagian dimana ingatan tersebut disimpan. Melansir dari National Geographic, ternyata bagian otak tempat menyimpan informasi seperti nama orang, rute jalan berbeda dengan tempat menyimpan informasi pengetahuan. Inilah mengapa kita sering sekali melupakan ingatan jangaka pendek seperti nama orang dan wajah saat pertama kali bertemu. 

Mudah lupa sering dikaitkan dengan orang tua. Namun ternyata daya tangkap setiap orang lah yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang dengan mudahnya mengingat sesuatu. Namun disisi lain ada juga orang yang harus mati-matian menghapalkan dan berusaha dengan keras untuk mengingat suatu hal. Daya ingat seseorang bisa berkurang karena beberapa hal seperti: 

1. Beban informasi yang berlebihan

Dilansir dari National Geographic, banyaknya ionformasi yang harus diingat bisa menjadi salah satu faktor mengapa seseorang menjadi mudah melupakan sesuatu. Fokus beban pikiran hanya satu, namun berbagai informasi yang tidak penting masuk sehingga mengaburkan informasi penting yang seharusnya diingat. inilah yang biasanya membuat orang mudah melupakan sesuatu.

2. Cemas dan stress

Hal-hal negatif seperti cemas dan stress menjadi penyebab besar yang membuat orang menjadi mudah lupa. Melansir dari Harvard Health, rasa cemas dan stress mengganggu perhatian seseorang hingga bisa menghalangi ingatan baru yang serusnya diproses oleh otak. Rasa cemas dan stress juga menjadi penyebab utama susah konsentrasi.

Kecemasan juga bisa menghambat proses belajar hingga mengurangi fokus terhadap apa yang sedang dipelajari. Tak hanya itu aja, rasa cemas yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab sulit mendengar, rasa takut berlebih hingga membuat seseorang mudah lupa akan informasi yang harus diingat. 

3. Kurang tidur

Salah satu penyebab mudah lupa adalah kurang tidur. Umumnya orang normal membutuhkan waktu rata-rata 7 jam sehari untuk tidur. Kurang dari waktu tersebut maka hasilnya selain susah untuk berkonsentrasi, seseorang akan menjadi lebih mudah lupa. Bahkan kurang tidur juga bisa membuat seseorang menjadi gampang bingung. Ingatan yang tajam salah satunya disebabkan oleh pola tidur yang baik setiap malam. 

4.  Hipotiroid

Kondisi menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa. Hipotiroid merupakan kondisi yang menyebabkan tidak berfungsinya kelenjar tiroid. Seseorang yang mempunyai fungsi memori yang tidak begitu baik bisa jadi dikarenakan kondisi hipotiroid. Gangguan emosional dan gangguan tidur merupakan akibat lainnya dari hipotiroid. 

5. Alkohol

Alkohol juga menjadi penyumbang banyakorang menjadi mudah melupakan sesuatu. Terlalu banyak minum alkohol bisa menyebabkan terganggunya ingatan jangka pendek seseorang. Saat mabuk, orang jadi lebih mudah melupakan sesuatu yang telah mereka perbuat. Efeknya tidak hanya terjadi saat si peminum sedang mabuk saja, namun bahkan setelah efek alkohol memudar. Tidak semua orang yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami efek yang sama, namun ada baiknya untuk menghindari minuman ini. 

6. Penggunaan obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi bisa menjadi pemicu seseorang menjadi mudah lupa.  Obat-obatan seperti penenang, antidpresan dan penurun tekanan darah bisa mempengaruhi ingatan dan biasanya membuat seseorang menjadi kebingungan. Jika kamu menkonsumsi obat dan sering melupakan sesuatu, maka segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang menangani agar segera ditemukan jalan keluarnya.

Baca Juga
Kamu Sering Lupa? Kenali 10 Gejala Penyakit Alzheimer Ini
Sering Melupakan Sesuatu? Lakukan Trik Ini Agar Ingatanmu Semakin Tajam
Kamu Sering Lupa Nama Orang? Jangan-jangan Kamu Mengalami Penyakit Ini

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close