Jumat, 22 Juni 2018

6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton

  • Rosiana
  • 17/10/2017 14:32 WIB
6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton
EPIZONE.ID - Film sama seperti kisah fiksi lainnya bisa terinspirasi oleh apapun. Dari novel, puisi, legenda hingga bahkan dari kisah hidup seeorang dan sejarah sekalipun. Sejarah seperti namanya merupakan kejadian yang telah berlalu. Banayk dari kejadian-kejadian di dalam sejarah yang telah diangkat menjadi kisah film. Berikut enam film fiksi sejarah yang patut masuk watching listmu

1. 12 Years A Slave



12 Years of Slave merupakan kisah perbudakan di jaman kolonial Amerika. Film yang diganjar berbagai nominasi Oscar ini menceritakan tentang kisah seorang Solomon Northup, seorang pemain biola kulit hitam yang memiliki nasib yang lebih beruntung dari orang-orang kulit hitam lainnya. Kehidupan Solomon yang awalnya enak akhirnya berubah ketika ia ditipu hingga menjadi seorang budak. Kisah hidup dan perjuangannya untuk keluar dari perbudakan inilah yang menjadi daya tarik dari film arahan Steve McQueen ini. 

Film ini juga akan membuatmu berlinang air mata. Mulai dari kisah hidup yang menyentuh hingga politik apartheid yang kental menjadi salah satu sajian dari film pemenang Best Picture Oscar ini. Tak hanya menyajikan latar dan cerita, namun juga memberikan realita baru bagi industri film Hollywood yang selalu mengambil sudut pandang orang-orang kulit yang selalu tampil superior sebagai seorang penyelamat.  

2. The Pursuit of HAPPYness 



Film drama keluarga yang dibintangi oleh aktor Will Smith dan dan anaknya Jaden Smith ini bercerita mengenai perjuangan seorang ayah dalam mengasuh anaknya dalam keterbatasan. Will Smith yang berperan sebagai Chris Gardner adalah seorang salesman yang ditinggal pergi oleh istrinya. Dalam keadaan tersebut, ia terpaksa kehilangan tempat tinggal dan menjadi homeless atau gelandangan bersama dengan anaknya.

The Pursuit of Happyness bukan hanya drama keluarga biasa, selagi kamu nonton film ini, coba deh resapi setiap quote dan semangat berjuangnya Chris dan gimana ia dengan gigihnya berjuang agar bisa menjadi seorang pialang saham. Film ini mengajarkan kita untuk tidak gampang menyerah dengan keadaan.

3. Kingdom of Heaven 



Film berlatar belakang kejadian sejarah yakni  perang salib ini mengajak kita untuk merefleksikan kembali apa itu agama. Dari film yang digarap oleh Ridley Scott itu terpampang nyata tentang sebab adanya perang yang awalnya dilandasi oleh dasar agama. Kisah yang digambarkan dalam film Kingdom of Heaven secara tak langsung juga menggambarkan keadaan saat ini yang mudah sekali terpecah dan terprovokasi hanya karena isu-isu semata. 

Film ini bercerita tentang Balian (Orlando Bloom) yang  dijemput oleh ayahnya, Godfrey untuk mengabdi kepada Raja Baldwin IV di Yerusalem. Godfrey terluka saat perjalanan dan nyawanyapun tak dapat tertolong. Balianpun kemudian diangkat menjadi Knight untuk memimpin daerah bernama Ibelin. Dar sinilah kisah dan perjuangan Balian dimulai

Film yang kental akan nuansa abad pertengahan ini akan memberimu berbagai sudut pandang baru mengenani perang dari kedua belah pihak. Tak hanya itu, Kingdom of Heaven juga memberikan perpektif baru mengenai ending sebuah film, dimana sang sutradara memberikan gambaran tidak ada yang benar atau salah dalam sebuah perang, Fair enough huh?

4. Saving Private Ryan



Saving private Ryan merupakan film sejarah dengan latar belakang Perang Dunia 2. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang kapten perang John H. Miller (Tom Hanks) yang berjuang menyelamatkan seorang prajurit bernama Ryan, kembali ke Amerika Serikat. Prajurit ini telah kehilangan tiga orang saudara kandungnya karena perang. 

Namun tantangan tak hanya berhenti disitu saja. Dalam keadaan perang, tak ada yang mengetahui kondisi pasti seseorang. Sang Kapten pun menghadapai tantangan sulit apakah prajurit bernama Ryan ini masih hiduo atau sudah tewas dalam perang. Misi pencarianpun dilanjutkan dengan hanya berbekal desas-desus dan kabar dari masyarakat. Film sejarah ini sangat menarik karena menyuguhkan kondisi dankeadaan semasa perang dan bagaimanaperang mengubah wajah sebuah tempat dan tatanan dalam masyarakat. Disamping itu, gejolak yang timbul karena gugurnya para prajurit yang dipimpin oleh sang kapten menambah seru jalannya cerita. Tertarik menontonnya?

5. The Last Emperor



The Last Emperor menceritakan tentang kisah Kaisar terakhir Tiongkok dari Kerajaan hingga berbentuk republik seperti saat ini. Diawali dengan kisah Pu Yi, seorang balita yang dinobatkan menjadi kaisar pada usia 3 tahun, film ini berkisah tentang bioografi seorang raja yang akhirnya harus menyerahkan tahta dan kekuasaannya. 

Pu Yi yang sedari awal hanya mengecap kehidupan dari dalam istana (Forbidden City, Beijing) harus merelakan dirinya kehilangan tahta ditengah gejolak politik yang dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen. Pada awalnya pemerintahan baru Tiongkok mengijinkan Pu yi untuk tinggal di istana hingga akhirnya ia dituduh bekerjasama dengan Kaisar Jepang. Peristiwa itulah yang membuatnya terusir dari istana dan menjadi tahanan negara. Pu Yi yang sangat naif pun harus merelakan hidupnya lepas dari semua atribut kerajaan. Bahkan diakhir hidupnya ia hanya bekerja sebagai tukang kebun dan editor di kantor Partai Komunis.

Cerita yang disuguhkan sangat menarik dan mengingatkankita disajikan penggambaran dimana sebuah dinasti yang teah ratusan tahun berkuasa harus tunduk dan runtuh ketika sebuah ideologi baru menjadi paham baru yang dianut. Film ini juga menunjukkan bahwa roda terus berputar, dimana Pu Yi yang dulunya seorang kaisar harus rela menatap singgasananya dari kacamata seorang rakyat biasa. Overall, film ini patut masuk jadi watching listmu. 

6. The Pianist



Berlatarbelakang Perang Dunia ke 2, tepatnya ketika Nazi masih berkuasa. The Pianist menyuguhkan cerita epik yang diambil dari sudut pandang masyarakat biasa. Dimulai dari seorang Wladyslaw Spilzman, seorang warga keturunan Yahudi-polandia dan seorang pianis terkenal di Radio Polandia yang harus bertahan hidup di tengah gempuran Nazi. 

Karena perang, Spilzman harus terpisah dari keluarganya dan menyaksikan berbagai macam kekejaman. Satu tahun pun berlalu sejak serangan Jerman dan Spilzman masih harus bertahan sendiri karena seluruh penduduk kabur dan tentara nazi yang harus munur karena serangan Soviet. Spilzman pun kelaparan hingga akhirnya dia ditolong oleh seorang tentara Jerman bernama Wilm Hosenfield. Di tengah pertemuamreka, Hosenfiled menyuruh Spilzman memainkan piano untuknya. Dia pun kemudian menyuruh Spilzman untuk tidak bersembunyi dan mengirimkan makanan dan bantuan untuk Spilzman. 

Kisah mengharukan yang diangkat dari kisah nyata ini patut jadi salah satu tontonan. Selain karena banyak yang bisa kamu ambil hikmahnya, the Pianist juga menyajikan relita kekejaman dan kehidupan pada masa perang. Film yang diproduksi pada tahun 2002 ini diproduksi oleh Roman Polanski yang jug apernah menglamai hal yang sama semasa Holocaust. Ia pernah tinggal di Ghetto, atau perkampungan khusus Yahudi di Auschwitz, di tempat itu pulalah ibunya meninggal dunia. Film ini tak hanya menyajikan gambar dan keadaanperang, namun juga kehidupan pahit yang diambil dari sisi seorang korban. Bagi yang tidak pernah merasakan, perang film ini mampu membawa penonton untuk merasa lebih bersimpati dan berempati pada korban perang.

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close