Sabtu, 20 Januari 2018

Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Orang Membenci Film Horor

  • Rosiana
  • 17/10/2017 11:20 WIB
Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Orang Membenci Film Horor
EPIZONE.ID - Setelah gembar-gembor film It dan Pengabdi Setan yang didapuk jadi film paling menyeramkan, kini industri film mulai berlomba-lomba untuk memproduksi film horor. Namun dibalik euforia dan hiruk pikuk ramainya review tentang film horor, ada beberapa orang yang malah tak ambil bagian. Beberapa dari mereka mungkin merasa bahwa film horor sangat tidak realistis, ada juga yang malah sangat membenci film-film yang menyuguhkan adegan seram seperti horor bahkan thriller. 

Ternyata salah satu alasan orang enggan menonton film horor bukan hanya pilihan pribadi, namun adanya kebutuhan psikologis. Beberapa orang mungkin akan bereaksi berbeda dengan film-film yang menakutkan. Secara ilmiah terdapat sejumlah alasan ilmiah mengapa banyak orang yang membenci atau justru sangat mencintai film horor, seperti dilansir dari Huffington Post berikut ini. 
 
1. Orang yang membenci film horor, cenderung memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi.

Orang-orang dengan tingkat sensitivitas tinggi cenderung berempati dengan lingkungannya. Mereka sering berandai-andai apabila hal-hal yang terjadi dalam film horor dan thriller tersebut terjadi dengan orang-orang di sekitar mereka. Inilah yang menyebabkan mereka kurang menyukai atau malah membenci film horor atau thriller.

2. Pengalaman masa kecil berpengaruh besar terhadap kesukaan seseorang terhadap film horor

Pengalaman yang dirasakan semasa kecil bisa menjadi salah satu faktor mengapa ada orang yang sangat membenci film horor. Contohnya jika masa kecilmu pernah menonton film horor seperti Chucky, dan pernah merasakan aura horor yang terbawa hingga ke dalam mimpi, mungkin kamu nggak akan pernah mau jika diajak menonton film tersebut sekali lagi. Sebaliknya jika masa kecil sesorang jauh dari trauma, maka ia akan lebih luwes saat menonton film horor yang sama.

Film 'It', Bangkitkan Kembali Tren Badut Horor

3. Penyuka film horor merasa 'lebih hidup'

Film horor memberi dampak yang berbeda bagi penyuka maupun yang membenci genre ini. Bagi yang menyukai jenis film-film seram, pengalaman menakutkan dan jantung yang berdebar kencang saat menonton, menjadi daya tarik tersendiri. Ketegangan yang diakibatkan oleh film horor menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan energi disamping melakukan aktivitas fisik. 

4. Beberapa orang cenderung melihat film horor sebagai cara untuk terhubung dengan orang lain

Film masih termasuk dalam jajaran karya seni. Beberapa pembuat film bahkan menganggap film sebagai sebuah karya seni yang bisa menjadi pembawa pesan untuk masyarakat. Adapun orang-orang lain bahkan berpendapat bahwa film merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Namun ternyata menonton film khususnya film horor bersama-sama membuat kita bisa terhubung dengan orang lain. Menonton film horor yang memacu adrenalin bersama-sama akan membantuk sebuah ikatan dan kenangan bersama-sama. Film horor sebenarnya sangat menyenangkan bagi beberapa orang saat ditonton dengan orang-orang terkasih.

Baca Juga
Tak Perlu Ribet Diet, Nonton Film Horor Ternyata Juga Bisa Bakar Kalori
Abrakadabra! Lihat Nih Wajah Cakep di Balik Sosok Seram di Film Horor
Tak Hanya Bisa Bikin Ketawa, Ini Dia Manfaat Lain Menonton Film Komedi

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close