Sabtu, 26 Mei 2018

6 Destinasi Wisata di India yang Tak Kalah Menakjubkan dari Taj Mahal.

  • Rosiana
  • 20/10/2017 19:08 WIB
6 Destinasi Wisata di India yang Tak Kalah Menakjubkan dari Taj Mahal.
EPIZONE.ID - Selain kaya akan film-film Bollywoodnya, India juga kaya akan destinasi wisata sejarahnya. Salah satu yang terkenal dan menjadi ikon negara tersebut adalah Taj Mahal. Monumen peninggalan dinasti Mugal ini telah menjadi wajah pariwisata India. Namun ternyata India tak hanya terkenal dengan artis-artis Bollywood dan Taj Mahalnya aja. Banyak tempat menarik yang bisa dieksplor jika kamu berencana untuk menghabiskan liburan disini. Melansir dari Lifestyle Asia, berikut destinasi wisata yang tak kalah menarik dari Taj Mahal:

1. Dataran Tinggi Kaas, Maharastra

Destinasi wisata menarik diIndia selain Taj Mahal, Dataran Tinggi Kaas
Dataran Tinggi Kaas via eccetrav

Dataran Tinggi Kaas merupakan salah satu Situs Warisan Dunia Alam UNESCO. Berlokasi di distrik Satara, Maharastra, dataran tinggi ini menyuguhkan panorama indah dari berbagai ladang bunga. Bunga-bunga yang tumbuh subur di dataran tinggi ini mematahkan anggapan bahwa India adalah negara yang kumuh dan kotor seperti penggambaran banyak orang. 

Di tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga endemik yang hanya bisa ditemukan di Maharastra. Selain itu, dataran Kaas merupakan tempat yang kaya dan unik dimana kamu bisa menemukan populasi 70 persen flora Maharastra disana. Namun pengunjung di tempat ini dibatasi hanya sekitar 3000 orang setiap harinya. Ini karena pemerintah setempat ingin melestarikan lanskap yang terancam punah. Jika ingin menemukan keindahan India, tempat ini pas jadi tujuan selanjutnya setelah Taj Mahal.

2. Shekhawati, Rajashtan

Destinasi wisata India selain Taj Mahal, Shekhwati
Shekhwati via Wikipedia

Rajashtan merupakan provinsi terbesar di India. Maka tak heran jika di tempat ini ditemukan berbagai peninggalan dan destinasi wisata yang aduhai. Salah satu tempat terkenal di Rajashtan adalah Shekawati. Bagi pecinta wisata sejarah, Shekawati bisa jadi referensi destinasi wisatamu. Disini kamu bisa menemukan kebudayaan dan komunitas dagang di India. Tak hanya itu aja, berbagai rumah-rumah lawas nan mewah yang ada disini dibangun secara artistik mengikuti tradisi India. Jadi jika ingin mengenal sejarah India lebih jauh, Shekawati bisa menjadi pilihan menarik selain Agra maupun Delhi.

3. Pulau Majuli, Assam

Destinasi wisata menarik selain Taj Mahal, Majuli
Majuli via Lost With Purpose

Selain dataran yang luas di India kamu bisa menemukan wisata pulau seperti Pulau Majuli. Majuli merupakan nama  sungai terbesar di India. Ditengah sungai ini terdapat pulau majuli yang jadi daya tarik wisatawan. Majuli terletak di bagian terpencil Assam. Pada abad ke 16, pulau ini telah menjadi pusat peradaban kebudayaan Assam. 

Majuli merupakan tempat yang dikenal sebagai pusat pembelajaran filsafat  Neo-Vaishnavite. Majuli merupakan tempat dimana kamu bisa mendapatkan pengalaman spiritual sekaligus wisata sejarah.

Castellers, Menara Manusia yang Jadi Simbol Sejarah Catalunya

4. Lakshadweep

Destinasi wisata menarik di India selain Taj Mahal, Lakswadweep
Lakshwadweep via The Better India

Lakshadweep yang berarti seratus ribu pulau, merupakan sebuah kepulauan tropis yang terdiri dari 36 atol dan terumbu karang. Terletak di lepas pantai Kerala, kepulauan ini mrupakan tempat yang belum tersentuh oleh peradaban pariwisata modern. Pastinya tempat ini merupakan pilihan yang tepat jika ingin suasana santai di India.

5. Taman Nasional Dibru-Saikhowa, Assam

Desatinasi wisata menarik di India selain Taj Mahal, Taman Nasional Dibru-Saikhowa
Taman Nasional Dibru-Saikhowa via Wikimedia

Selain wisata budaya dan sejarah, kamu juga bisa berpetualang menyusuri alam India di Taman Nasional Dibru-Saikhowa. Taman Nasional ini juga merupakan satu dari 19 tempat dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Taman Nasional ini dikenal sebagai habitat Bebek kayu bersayap putih dan kuda liar yang bis aditemukan di berbagai ladang rumput di Taman Nasional ini.

Terletak di ketinggian 118 meter dpl, Taman Nasional ini merupakan rumah bagi banyak spesies langka dan terancam punah seperti, Lumba-lumba sungai, kerbau putih dan berbagai macam tumbuhan langka. Bagi kamu penyuka wisata alam liar, tak perlu jauh-jauh ke Afrika, disini hasrat terpendammu bisa terpenuhi. 

6. Mandu, Madya Pradesh

Destinasi wisata menarik selain di India selain Taj Mahal, Mandu, Madya Pradesh
Kota Mandu via Common Stupid Man

Ketika memasuki tempat ini, banyak yang salah mengira jika Mandu adalah salah satu tempat syuting serial Game of Thrones. Mandu merupakan sebuah kota kuno yang tak berpenghuni. Menurut prasati yang ditulis dalam Bahasa Sansekerta, Mandu dibangun sekitar abad ke 6. Mandu, seperti banyak kota di India Utara juga merupakan salah satu ibukota kerajaan Islam pada abad pertengahan. Sebgain besar bentuk fisik kota ini dibangun dari puing dan batu hitam yang diambil dari reruntuhan kuil Hindu yang sudah dihancurkan.

Meski termasuk kota kuno, namun kamu masih bisa menikmati atmosfir dan reruntuhan kota ini. Salah satu yang terkenal adalah benteng yang dibangun oleh Sultan terakhir Malwa, yang pernah memerintah kota ini yakni Sultan Baz Bahadur. Benteng yang dibangun ini merupakan monumen yang dibuat untuk mengenang Ratu Rani Roopmati. Mirip Taj Mahal bukan?

Baca Juga
Gletser di Tengah Gurun, Fenomena Buatan yang Mempesona
Keunikan Piramida Sudan Samai Popularitas Mesir Kuno
Mau Travelling Tapi Ribet Packing? Coba Deh Tips Ampuh Ini

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close