Kamis, 20 September 2018

Sering Melupakan Sesuatu? Lakukan Trik Ini Agar Ingatanmu Semakin Tajam

  • Rosiana
  • 31/10/2017 14:52 WIB
Sering Melupakan Sesuatu? Lakukan Trik Ini Agar Ingatanmu Semakin Tajam
EPIZONE.ID - Sering melupakan pelajaran meski seminggu lalu ssudah belajar keras? Ingatan manusia sangatlah terbatas. Inilah kadang yang menyebabkan kita sering melupakan hal-hal yang dipelajari jika sudah terlampau lama. Otak kita cenderung menyimpan infpormasi yang kurang relevan dan tidak terlalu disukai ke dalam memori jangka pendek, yang secara bertahap bisa memudar.

Cara yang paling baik untuk mengingat informasi tersebut adalah dengan pengulangan. Namun mengulang sesuatu juga memerlukan waktu yang cukup lama. Nah jika kamu ingin memiliki ingatan yang tajam agar bisa cepat belajar sesuatu, 
berikut cara-cara meningkatkan ingatan menjadi lebih tajam, seperti dilansir dari Wittyfeed berikut ini

1. Belajar dengan ditemani musik

Trik agar ingatan semakin tajam, belajar sambil mendengarkan musik

Belajar dengan ditemani musik bisa membuat ingatan seseorang menjadi lebih tajam. ini karena irama yang terdapat dalam musik membantu meningkatkan kekuatan menghapal. Selain itu menyanyi dan memaminkan musik dikenal juga bisa mengaktifkan sel-sel otak. 

2. Membuat "Mind Palace"

Trik agar ingatan semakin tajam, membuat mind palace
Sherlock via Deviantart

Jika kamu sering menonton serial Sherlock, kamu pasti familiar dengan nama Istana Pikiran atau Mind Palace yang sering ditampakkan ketika Sherlock sedang memecahkan sesuatu. Mind Palace merupakan teknik mengingat dengan bantuan benda atau barang-barang di sekitar kita. Selengkapnya kamu bisa baca di Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes

3. Membuat storyline

Trik agar ingatan semakin tajam, membuat storyline
Storyline via e-learning Chips

Salah satu teknik mengingat yang bisa kamu coba adalah dengan membuat stoyline untuk setiap hal yang ingin diingat. Dengan membuat storyline, otak akan lebih mudah mengingat hal-hal yang besifat visual dan praktis daripada hanya teks yang berasal dari buku bacaaan. Storyleni nggak harus ribet dan ditempel di dinding. Storyline yang baik bisa kamu buat di buku catatan dengan menghubungkan rangkaian hal yang ingin dipelajari dan dihapal. Jadi ketika dibutuhkan informasi yang kamu inginkan bisa langsung tervisualkan di dalam pikiran.

4. Visual

Trik agar ingatan semakin tajam, berpikir secara visual


Berlatih untuk memvisualkan segala yang ingin diingat dengan cara mengingat letak dan bentuk buku catatanmu. Seperti halnya teknik mind palace dan storyline, mengingat sesuatu dengan mengubahnya menjadi objek yang langsung diingat akan memudahkan dalam pengambilan informasi ketika hal tersebut dibutuhkan. Dengan begini akan lebih mudah bagimu untuk menggali ingatan ketika dibutuhkan. Memvisualkan benda dan sesuatu yang ingin diingat akan membuat hal tersebut semakin menempel di kepala.

Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal

5. Bermain puzzle dan game asah otak

Trik agar ingatan semakin tajam, bermain puzzle dan game asah otak


Puzzle dan game yang mengasah otak akan membuat otak tetap aktif, sehingga hal-hal yang ingin diingat bisa cepat terserap. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bermain puzzle dan permainan lain yang bertujuan untuk mengasah otak bisa mengurangi resiko demensia atau kepikunan. 

6. Dengan metode Mnemonic

Trik agar ingatan semakin tajam, dengan metode mnemonic
Mnemoniac via Universe Today

Menmonic merupakan metode mengingat dengan membuat akronim atau singkatan dari hal-hal yang ingin diingat. Pernah mendengar akronim MEJIKUHIBINIU? Singkatan dari warna-warna pelangi tersebut merupakan salah satu contoh metode mnemonic yang bisa diterapkan dengan cara menyingkat deretan warna menjadi satu kata yang mudah diingat. 

7. Meditasi

Trik agar ingatan semakin tajam, meditasi

Latihan pernapasan dan konsentrasi yang baik dalam meditasi memiliki banyak manfaat. Selain membuat hati dan pikiran jadi lebih tenang, meditasi juga bisa meningkatkan daya ingat, sehingga memperkuat sel otak.

Susah Mengingat dan Mudah lupa? Yuk, Kenali Penyebabnya

8. Yang paling penting adalah mengerti hal yang sedang dipelajari

Trik agar ingatan semakin tajam, mengerti dengan yang dipelajari


Banyak orang yang hanya belajar untuk menghapal, namun tak banyak yang belajar untuk mengerti. Contohnya ketika kamu belajar sejarah, beebrapa hal yang kamu pelajari mungkin hanya tanggal dan berbagai isi perjanjian. Nggak banyak orang yang mau repot-repoot mencari tahu alasan di balik suatu kejadian. Nah ini yang harus diubah, ketika kamu ingin mempelajari sesuatu dan menyimpannya di memori otak, satu hal yang harus diperhatikan adalah mengerti tentang subjek yang kamu pelajari. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengingat sesuatu.

9. Mengatur prioritas

Trik agar ingatan semakin tajam, mengatur prioritas hal-hal yang harus diingat


Otak manusia memang terbatas, namun kamu bisa mengoptimalkannya dengan mengatur prioritas hal-hal apa saja yang lebih penting untuk diingat. Dengan mengatur prioritas, otakmu akan lebih mudah dalam mengorganisir informasi yang penting dan tidak akan bingung karena terlalu dijejali informasi baru yang tidak penting.  

Baca Juga
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika
Tak Lelah Belajar, Profesor Ini Miliki 145 Gelar Akademik di Belakang Namanya
Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close