Minggu, 16 Desember 2018

Mengapa Warna Lampu Lalu Lintas Merah, Hijau dan Kuning? Ini Alasannya

  • Rosiana
  • 01/11/2017 18:42 WIB
Mengapa Warna Lampu Lalu Lintas Merah, Hijau dan Kuning? Ini Alasannya
EPIZONE.ID - Pernah membayangkan apa jadinya jika warna lampu lalu lintas berbeda di setiap negara? Misalnya di Indonesia warna hijau diganti dengan warna pink dan kuning menjadi ungu? Pertanyaan ini pasti pernah nyangkut di otakmu saat masih kecil dulu. Namun alasan sebenarnya di balik warna yang digunakan sebagai warna lampu lalu lintas ternyata tidak sesederhana yang kita pikirkan.

Warna-warna tertentu seperti merah dan hijau tak hanya dikenal sebagai warna lalu lintas. Warna-warna "khusus" ini bahkan telah menjadi simbol tersendiri di masyarakat. Warna merah yang menjadi simbol larangan dan hijau yang sering digunakan untuk menunjukkan arah telah mempengaruhi hampir seluruh lapisan kehidupan masyarakat dalam banyak hal.

Sebelum warna khusus lampu lalu lintas digunakan seperti sekarang ini, awalnya warna digunakan sebagai kode bagi para masinis kereta api. Melansir dari Reader's Digest Asia, warna merah dalam industri kereta api digunakan sebagai tanda berhenti, sedangkan hijau sebagai tanda untuk berhati-hati. Lain halnya dengan warna putih yang digunakan sebagai tanda untuk mulai berjalan. 

Dengan kode warna lama ini, para masinis kesulitan untuk mengenali warna putih dari kejauhan. Misalnya ketika masinis salah mengenali bintang yang bersinar dari kejauhan sebagai warna putih. Karena insiden yang berpotensi membahayakan tersebut, industri kereta api pun mulai berbenah dan mengubah aturan warna yang digunakan. Warna hijau yang awalnya digunakan sebagai tanda 'Hati-hati' berganti menjadi warna perintah untuk 'Jalan'. Sedangkan warna kuning menggantikan warna hijau.

mengapa warna lampu lalu lintas merah, hijau dan kuning?

WARNA PERINGATAN

Ketika mobil belum digunakan secara masal, warna merah telah digunakan sebagai warna peringatan bahaya. Hal ini karena warna merah memiliki gelombang terpanjang yang bisa dijangkau dari kejauhan oleh mata manusia. Seperti warna kuning, warna merah digunakan sebagai peringatan dan larangan bagi pengemudi. 

Tapi ternyata, jauh sebelum ini warna kuninglah yang menjadi warna larangan dan peringatan. Pada awal tahun 1900-an masyarakat saat itu masih sulit mengenali warna merah dalam kondisi gelap. Namun penemuan material reflektif yang bisa memancarkan cahaya membuat warna merah menjadi warna peringatan hingga saat ini.

Baca Juga
8 Artis Ini Mengidap Heterochromia yang Membuat Warna Matanya Berbeda
Sadar Nggak, Sebagian Besar Tokoh Kartun Warnanya Kuning? Ini Alasannya
Sadar Nggak, Baju Princess Disney Kebanyakan Berwarna Biru? Ini Alasan Gila di Balik Pemilihan Warna Itu

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close