Kamis, 20 September 2018

Meski Tanpa Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup Loh

  • Rosiana
  • 03/11/2017 14:36 WIB
Meski Tanpa Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup Loh
EPIZONE.ID - Tubuh manusia memiliki daya tahan yang luar biasa. Bahkan meski telah mendonorkan darah sebanyak 480 ml, manusia masih bisa bertahan hidup dan bisa memulihkan diri secara cepat. Manusia bahkan masih bisa kehilangan organ tubuh tertentu dan masih bisa hidup. Organ-organ non-vital tersebut masih bisa dibuang tanpa membawa pengaruh besar bagi tubuh, organ tubuh tersebut adalah:

1. Limpa

Organ tubuh ini biasanya dibuang karena terdapat cedera. limpa teretak di sisi kiri abdomen, agak ke belakang di bawah tulang rusuk. Limpa dibungkus kapsul mirip kertas tisu, yang sangat mudah robek dan akan menyebabkan darah merembes. Organ tubuh ini memiliki dua warna yang mencolok. Warna merah tua dan kantong kecil putih. Warna merah berperan dalam penyimpanan dan daur ulang sel-sel darah merah, sedangkan warna putih terkait dengan sel-sel putih dan platelet. Meski masuk sebagai organ tubuh manusia, kehilangan limpa tidak akan bisa menyebabkan kematian. Ini karena organ hati juga berperan dalam daur ulang sel darah merah beserta komponennya. 

2. Usus besar

Kolon atauusus besar adalah tabung sepanjang 182 cm yang berfungsi menyerap kembali air dan menyiapkan feses dengan memadatkannya. Organ tubuh ini memiliki empat bagian dengan nama scending (kolon menanjak), transverse (kolon melintang), descending (kolon menurun), dan kolon sigmoid.

Pembuangan organ tubuh ini umumnya disebabkan oleh kanker atau penyakit -penyakit sejenis lainnya. Kebanyakan orang pulih setelah pembedahan pada bagian kolon ini, meskipun akan mengalami perbedaan dalam isi perut dan masalah pembuangan. Setelah organ ini dibuang, pasien dianjurkan untuk memakan makanan-makanan dengan tekstur lunak sebagai bagian dari proses penyembuhan. Inilah mengapa manusia masih bisa hidup meski organ tubuh ini dibuang. 

Semangat Josefina Monasterio, Nenek 71 Tahun Bertubuh Kekar yang Patut Dicontoh

3. Lambung

Organ tubhuh satu ni memiliki empat funsi utama yakni: pencernaan mekanis dengan berkontraksi untuk menggilig makanan, pencernaan kimiawi untuk mengurai makanan, absorbsi, dan yang terakhir sekresi. Bagian tubuh ini kadang dibuang dengan pembedahan karena kanker atau trauma. Pada tahun 2012 ada seorang wanita yang harus dibedah dan disingkirkan lambungnya krena menelan koktail yang bercampur dengan nitrogen cair.

Pembuangan organ tubuh manusia ini menjadi salah satu yang mengejutkan karena para ahli bedah mengganti fungsi lambung dengan menghubungkan esofagus (kerongkongan) dan  usus halaus secara langsung. Dengan berbagai pemulihan, oran yag kehilangan nlambung masih bisa mengonsumsi makanan meskipun ia juga harus menelan berbagai suplemen.

4. Organ-organ reproduktif

Organ reprodukti laki-laki dan perempuan adalah testis dan ovarium. Struktur organ tubuh tersebut berpasangan, dan jika dihilangkan salah satu masuh bisa berfungsi untuk memiliki keturunan. Pembuangan organ tubuh ini bisa disebabkan karena kanker, trauma akibat kekerasan atau kecelakaan lalu lintas. Pada perempuan, rahim juga bisa diangkat, namun prosedur ini menghilangkan kemampuan perempuan untuk mengandung dan uga menghentikan siklus enstruasi pada perempuan yang belum memasuki masa menopause. 

manusia masih bisa hidup jika organ-organ ini diambil

5. Ginjal

Sudah sering terdengar berbagai kabar orang yang menjual atau mentransplantasikan ginjalnya kepada orang lain. Hal ini bisa terjadi karena manusia masih bisa hidup dengan satu ginjal atau tanpa ginjal sama sekali, meski dengan bantuan dialysis. Bagi orang yang kedua ginjalnya tidak berfungsi, proses cuci darah atau dialysis menjadi satu-satunya perawatan yang harus dilakukan. Ginjal berperan dalam menyaring darah untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit. Dan yang terpenting ginjal menyaring semua hal yang diperlukan tubuh dan membuang hal-hal yang tidak diperlukan berupa urin.

7 Reaksi Tubuh yang Sering Kamu Alami Ini Ternyata Bagian dari Mekanisme Perlindungan Tubuh

6. Kantung empedu

Organ tubuh satu ini terletak di bawah hati dan di sisi kanan abdomen, tepat di bawah tulng rusuk. Seperti namanya kantung empedu menyimpan empedu yang berfungsi untuk mengurai lemak dan akn disimpan dalam kantung empedu ketika tidak diperlukan dalam proses pencernaan. Kantung empedu merupakan organ tubuh manusia yang bisa dibuang. Kondisi ini biasanya terjadi karena terdapat endapan empedu atau batu empedu yang menyumbat pipa-pipa kecil yang mengedarkan empedu. pembedahan untuk membuang kantung empedu ini dinamakan cholecystomy.

7. Umbai cacing

Umbai cacing merupakan struktur kecil mirip cacing dengan ujung-ujung yang buntu. Organ ini terletak di usus buntu, pad apertemuan antara usus besar dan usus halus. Karena sifat tertutup dari umbai cacing, maka ketika isi usus memasukinya, isi usus yang masuk tersebut sulit keluar dan akan membuat umbai cacing mengalami peradangan. Peradangan ini disebut apendisitis dan pada kasus yang parah diperlukan operasi bedah untuk mengangkatnya. 

Sumber : Adam Taylor dari The Conversation

Baca Juga
5 Kebiasaan Simple yang Akan Membuatmu Lebih Energik Sepanjang Hari
Ini Nih Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Malam Hari
Hari Kesehatan Mental Sedunia, Inilah 6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mental dan Jiwa

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close