Kamis, 20 September 2018

Tak Perlu Ribet Diet, Nonton Film Horor Ternyata Juga Bisa Bakar Kalori

  • Rosiana
  • 06/11/2017 20:21 WIB
Tak Perlu Ribet Diet, Nonton Film Horor Ternyata Juga Bisa Bakar Kalori
EPIZONE.ID - Menonton film horor bisa membakar kalori? Emang bisa? Menurut penelitian dari University of Westminster yang dilakukan pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa menonton film horor bisa menurunkan berat badan. Dilansir dari laman Time, penelitian ini melibatkan 10 orang partisipan yang diharuskan menonton 10 flm horor berbeda. Peneliti kemudian mulai memonitor detak jantung, oksigen yang dihirup serta karbondioksida yang dikeluarkan.

Dari penelitian tersebut kemudian disimpulkan bahwa film horor bergenre thriller, The Shinning yang dibintangi oleh Jack Nicholson menempati urutan tertinggi dalam membakar kalori. Orang-orang yang melihat film ini melonjak dan berteriak hingga membakar 184 kalori. Kalori ini sama tingginya jika seseorang berjalan selama 40 menit. Setelah The Shining, film Jaws dan The Exorcist menempati posisi kedua dan ketiga sebagai film horor yang paling banyak membakar kalori, masing-masing membakar kalori sebanyak 161 dan 158 kalori. 

Menurut Richard Mackenzie, film horor atau film-film yang menakutkan membuat seseorang melepaskan hormon adrenalin pada tubuh yang menyebabkan stress. Stress inilah yang akan menurunkan nafsu makan seseorang. Pada saat itu pula metabolisme seeorang pada tingkat tinggi sehingga terjadi pembakaran kalori secara besar. 

Membakar kaloi dengan menonton film horor

Tak Hanya Bisa Bikin Ketawa, Ini Dia Manfaat Lain Menonton Film Komedi

Ketakutan yang baik, dalam hal ini rasa takut yang dihadirkan akibat menonton film horor trnyata bisa meningkatkan mood seseorang. "Menurut penelitian rekan-rekan dan saya, menunjukkan stimulasi perasaan negatif dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik," kata Margee Kerr, seorang sosiolog dan peneliti ketakutan yang juga penulis buku Scream: Chilling Adventures in The Science of Fear. Selain menonton film horor, aktivitas ini juga termasuk kegiatan menakutkan lainnya seperti perayaan Halloween, mengunjungi atraksi tumah hantu, dan sebagainya.

Kerr mengatakan setelah merasa ketakutan, orang-orang malah merasa lebih bahagia hingga mengurangi tingkat kecemasan dan frustasi. Jika kamu ingin merasa lebih bahagia, mengurangi stress dan menurunkan berat badan, menonton film horor mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 

Namun penelitian ini dilakukan oleh partisipan yang memang mau melakukannya. Bagi anak-anak menonton film horo mungkin bukanpilihan yang baik. Sebuah penelitian yang lebih dulu dilakukan oleh University of Michigan menyatakan bahwa, 26% mahasiswa yang pernah menonton film horor saat masih anak-anak masih dihantui rasa cemas dari film horor yang mereka tonton. Jadi ketika ingin menonton film horor, lebih baik jangan membawa anak-anak ya, karena bisa membuat mereka trauma pada hal-hal tertentu saat dewasa nanti.

Membakar kalori denan menonton film horor

Baca Juga
Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Orang Membenci Film Horor
6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton
Film 'It', Bangkitkan Kembali Tren Badut Horor


  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close