Senin, 24 September 2018

Ini Nih Smartphone Tertua Di Dunia yang Muncul 15 Tahun Sebelum Iphone

  • Rosiana
  • 07/11/2017 15:32 WIB
Ini Nih Smartphone Tertua Di Dunia yang Muncul 15 Tahun Sebelum Iphone
EPIZONE.ID - Sebelum Iphone dan Samsung merajai pasar smartphone seperti saat ini, dunia ternyata pernah punya smartphone yang tergolong cukup canggih pada jamannya. Smartphone tersebut adalah Simon Personal Communicator. Selain berfugsi sebagai alat komunikasi, smartphone ini juga dilengkapi berbagai fitur yang mendukung fungsinya sebagai Personal Display Assistant alias PDA. Pada jaman itu PDA dikenal sebagai perangkat prestius yang menyediakan fitur asisten pribadi virtual seperti fax, email dan berkirim pesan di kalangan para pekerja. 

Simon Personal Communicator lahir tiga tahun sebelum kata "smartphone" mulai dikenal dan 15 tahun sebelum Iphone generasi pertama lahir, tepatnya pada tahun 1992. Melansir dari Business Insider, saat itu, smartphone ini dijual dengan harga cukup tinggi yakni sekitar 899 dollar atau hampir setara dengan harga IPhone 8. 

Smartphone pertama di dunia, Simon Personal Communicator
Simon Personal Communicator via Business Insider

Biar Hemat Waktu, Googling Cepat dan Tepat Dengan Trik Ini

Secara fisik, perangkat ini terlihat seperti walkie talkie dengan layar LCD 4,5 inchi. Perangkat ini ayak disebut sebagai smartphone karena telah dilengkapi dengan layar sentuh dan stylus layaknya smartphone pada jaman ini. Perangkat ini menawarkan berbagai kemudahan dalam pekerjaan dan bisnis seperti aplikasi fax dan email, berkirim pesan dan pager, kalender, hingga menulis catatan dan fungsi pengingat berbagai jadwal dan pertemuan penting.

Layaknya smartphone pada saat ini, Simon Personal Communicator juga bisa diinstal aplikasi dari pihak ketiga, meski fungsi dasar smartphone lawas ini telah memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat kelas atas pada jaman itu. Jika memori pada perangkat ini penuh, pengguna bisa menambahkan memori eksternal dengan kartu memori yang disematkan ke dalam perangkat. Berbagai kecanggihan perangkat ini membuatnya sebagai pionir dalam dunia telekomunikasi khususnya industri telepon pintar.

Namun sayang smartphone besutan IBM ini tak sepopuler kompetitornya karena perusahaan ini hanya menjual Simon dalam jumlah yang terbatas yakni 50 ribu saja. IBM sendiri menghentikan produksi Simon Personal Communicator ini pada tahun 1995.



Baca Juga
Yuk Nostalgia! Mobile Game Lawas Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmu Dulu
Sekarang Nggak Bisa Ngeles 'Masih OTW' Dengan Fitur Baru Whatsapp Live Location
Fitur 'Snooze' Facebook, Bantu Bungkam Teman yang Menyebalkan

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close