Rabu, 17 Januari 2018

Inilah 10 Kota Paling Ramah Bagi Para Pejalan Kaki

  • Rosiana
  • 08/11/2017 15:13 WIB
Inilah 10 Kota Paling Ramah Bagi Para Pejalan Kaki
EPIZONE.ID - Travelling dengan berjalan kaki memang jadi keseruan tersendiri. Menyusuri tempat demi tempat di setiap sudut kota yang dikunjungi menjadi kenangan yang tak terlupakan. Berbagai kota di dunia bahkan berlomba-lomba untuk membangun llingkungan dan jalan yang ramah pejalan kaki, seperti kota-kota di bawah ini:

1. Florence, Italia

Floence, kota layak bagi para pejalan kaki
Florence via The Telegraph

Kota yang sering disambangi wisatawan mancanegara ini menjadi salah satu destinasi tepat jika kamu ingin berjalan-jalan layaknya warga lokal. Bahkan kota dengan banyak bangunan bersejarah ini memiliki beberapa jalan yang terlarang untuk dilewati kendaraan. Jadi turis yang ingin merasakan kenikmatan berjalan kaki, mulai dari Cattradale di Santa Maria del Fiore hingga kawasan jembatan bersejarah Ponte Vecchio. Sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi berbagai cafe, restauran dan tempat-tempat menarik untuk mengistirahatkan kaki.

2. New York, Amerika Serikat

new york,  kota layak bagi para pejalan kaki
New York via Arch Daily

The Big Apple memang menyuguhkan kehidupan dan pemandangan kota dengan banyaknya pejalan kaki yang melintas. New York juga dianggap sebagai kota paling ramah dan surga bagi para pejalan kaki. Para pejalan kaki di kota ini yang ingin melintas di kawasan padat seperti Times Square tak perlu takut untuk melintas, karena trotoar di daerah ini dibuat sangat lebar. Kamu yang ingin berjalan kaki di kota ini juga bisa menikmati  kawasan elite New York seperti Fifth Avenue hanya dengan berjalan kaki.

3. Marakesh, Maroko

Marakesh,  kota layak bagi para pejalan kaki
Marakesh via Trip Advisor

Kota Marakesh masuk sebagai salah satu tempat warisan dunia UNESCO. Selain menyuguhkan keindahan tempat-tempat bersejarah, kota ini juga bisa ditelusuri dengan berjalan kaki. Labirin-labirin kota Marakesh akan membawa setiap wisatawan ke toko-toko karpet, pedagang rempah khas Maroko hingga monumen bersejarahnya.

Pejalan kaki di kota ini begitu dimanjakan dengan akses yang  gampang. Salah satu tempat bersejarah yang bisa dikunjungi adalah Masjid Kautobia, reruntuhan istana Badi dari abad ke 16, dan alun-alun Jemma El-Femna yang terkenal sebagai pusat jajanan, musik dan festival.

4. Paris, Perancis

Paris,  kota layak bagi para pejalan kaki
Paris via Wikimedia

Menyusuri jalanan kota dan lorong-lorong Paris hanya membutuhkan waktu beberapa hari hanya dengan berjalan kaki. Kenyamanan yang diberikan pemerintah kota ini membuat para wistawan betah untuk berkelilig kota ala backpacker. Beberapa spot kota yang jadi favorit turis seperti sungai Seine, The Louvre hingga menara Effel.

5. Vancouver, Kanada

Vancouver,  kota layak bagi para pejalan kaki
Vancouver via Architecture

Vancouver merupakan kota ketiga terbesar di Kanada yang ramah dengan para pejalan kaki. Bahkan pemerintah setempat mendorong warganya untuk berjalan kaki. Hal ini didukung dengan berbagai fasilitas bagi para pedestrian. Salah satu yang terkenal adalah jalan sepanjang False Greek ke Greenvile Island. Selama berjalan kaki, para wisatawan juga bisa menyempatkan diri untuk berbelanja di pasar lokal. Selain itu, ada pula Stanley Park yang merupakan taman seluas 1000 hektar yang diangap sebagai taman kota terbaik di Amerika Utara.

6. Buenos Aires, Argentina

buenos Aires,  kota layak bagi para pejalan kaki
Buenos Aires via the Institute for Transportation and Development Policy

Kota yang mendapat jurusan "Parisnya Amerika Selatan" ini sangat ramah dengan wisatawan khususnya bagi para pejalan kaki. Kota yang juga merupakan ibukota Argentina ini terkenal dengan pemandangan kota yang indah karena dipenuhi dengan berbagai arsitektur khas Eropa dengan budaya yang beragam. Kota ini sangat pas jika dijelajahi dengan berjalan kaki, apalagi buat para pecinta seni. 

7. Dubrovnik, Kroasia

Dubrovnik,  kota layak bagi para pejalan kaki
Dubrovnik via Time Travel Turtle

Ada yang unik dari kota Dubrovnik ini, yaitu seluruh jalanan kota tertutup untuk kendaraan bermotor. Jadi mau tak mau wisatawan harus berjalan kaki jika ingin menyusuri keindahan kota ini. Bahkan perbatasan kota sangat mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Kota ini memiliki jalan utama, bangunan dan benteng dengan arsitektur abad pertengahan hingga air mancur Onofrio. Kota ini juga memiliki bangunan cantik yang dibangun dari abad ke 16 seperti Istana Sponza dan pelabuhan tua yang indah. 

8. Melbourne, Australia

melbourne,  kota layak bagi para pejalan kaki
Melbourne via Premiere of Victoria

Dijuluki sebagai kota paling layak huni, Melbourne memang pantas juga disebut sebagai kota paling ramah bagi para pejalan kaki. kota terbesar kedua di Australia ini terlihat sangat kontras dimana arsitektur bergaya Victoria melebur bersama bangunan-banguanan modern dan gedung pencakar langit yang semakin banyak disini. 

Disini para wisatawan tak hanya disuguhi pemandangan jalanan Melbourne yang teratur, namun juga bisa menikmati keindahan banyak taman yang dibangun bersisian dengan teluk. Wistawan juga bisa menikmati pemandangan sungai Yarra dan deretan tanaman hijau jika berjalan di sepanjang Alexandra Gardens ke Royal Botanic Garden.

9. Boston, Amerika Serikat

Boston,  kota layak bagi para pejalan kaki
Boston via Altera

Selain kota New York, kota Boston juga menjaidi rumah bagi banyaknya jalur pedestrian dan jalur yang mengungkap budaya dan sejarah kota. Para pejalan kaki di kota ini akan disuguhi berbagai pemandangan dan landmark kota Boston yang sangat indah.

10. Vientiane, Laos

vientiane,  kota layak bagi para pejalan kaki
Vientiane via Lao Breaking News

Penduduk lokal Laos memang dikenal gemar berjalan kaki. Inilah mengapa pemerintah kota Vientiane sangat memperhatikan kondisi pedestrian kotanya. Berada di sepanjang sungai Mekong, ibukota Laos ini memiliki perpaduan budaya arsitektur Perancis dan lokal. Suasana kota ini juga terlihat sangat santai dengan banyaknya pepohonan rindang di sepanjang jalan. Namun sayang pemandangan seperti ini semakin jarang terlihat di kota-kota besar di Indonesia. Jangankan trotoar, kebiasaan berjalan kaki aja udah mulai ditinggalkan. 

Sumber: The Culture Trip

Baca Juga
7 Jalan Paling Mengerikan di Dunia, Kalo Lewat Sini Pasti Senam Jantung
Fakta Menarik Dibalik Naypyidaw, Ibukota Myanmar yang Terlantar
Hati-hati Kalau Pengen Pergi Ke 15 Kota Yang Paling Berbahaya Di Dunia Ini!



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close