Senin, 25 Juni 2018

Anjing Bisa Membedakan Orang Baik dan Jahat, Kok Bisa?

  • Rosiana
  • 09/11/2017 20:53 WIB
Anjing Bisa Membedakan Orang Baik dan Jahat, Kok Bisa?
EPIZONE.ID - Selain binatang yang terkenasl sangat setia, anjing ternyata juga merupakan binatang yang tergolong cerdas. Salah satu kecerdasan aning dibuktikan dengan kemampuannya yang bsia membedakan orang baik dan jahat. Ternyata menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Plos, menunjukkan bahwa anjing dapat mengenali wajah dan ekspresi dan sifat manusia.

Untuk membuktikan hal tersebut, peneliti memilih tiga kelompok anjing. Kelompok pertama adalah anjing rumahan atau Family Dog. Ada 13 anjing rumahan yang dipelihara oleh keluarga selama lebih dari satu tahun. Dalam kelompok ini ada 11 betina yang telah hamil dan dua ekor anjing jantan. Usia rata-rata mereka adalah 4,5 tahun. 

Kelompok kedua dalam penelitian ini adalah Shelter Dog atau anjing penampungan. Dalam kelompok ini terdapat 19 anjing yang dikebiri yang terdiri dari 10 jantan dan 9 betina, yang tinggal di penampungan Sople de Vida, Marlo, Argentina. Meski tinggal di penampungan, namun anjing-anjing ini pernah mengalami kontak dengan manusia sejak lahir.

Tiga orang peneliti ikut ambil bagian dan mengambil peran mereka masing-masing. Satu berperan sebagai orang baik dengan membawkan makanan dan minuman bagi anajing-anjing tersebut. Satu lagi berperan sebagai orang egois dengan membawa makanan dan langsung memakannya ketika anjing menghampiri. Sedangkan orang ketiga berperan sebagai pengamat perilaku mereka.

Anjing bisa membedakann orang baik dan jahat

Menyentuh, Anjing di Argentina Ini Menunggui Makam Majikannya Hingga 10 Tahun

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa anjing-anjing yang terlibat dapat membedakan orang baik dan tidak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anjing cenderung mendekat pada orang pertama yang sering membawakan makanan untuk mereka. Namun hal ini justru terjadi pada anjing dewasa. 

Namun kemampuan ini ternyata bukan naluri alami yang dimiliki oleh setiap anjing. Para peneliti menemukan bahwa anjing dewasa dapat lebih baik dalam mengenali ekspresi, berbeda dengan anjing yang masih kecil. Pada anak anjing, hal tersebut tidak berlaku, karena mereka masih dalam proses belajar. Ini karena kemampuan mengenali ekspresi ini didapat dari pengalaman anjing dan bukan karena naluri alami mereka. Menurut para peneliti hal ini karena anak anjing baru memasuki tahap belajar.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan anjing dalam membedakan orang baik dan jahat terjadi karena pengalaman bertahun-tahun hidup bersama manusia, dan bukan karena adanya naluri alami.

Sumber artikel: Kompas

Baca Juga
Inilah Penderitaan Walt Disney Sebelum Sukses, dari Makan Makanan Anjing Sampai Mungutin Sampah.
Inilah 6 Pasangan Paling Unik di Dunia, Satu di Antaranya Menikah dengan Anjing
11 Nama Hewan Unik Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close