Rabu, 17 Januari 2018

Inilah Benda-benda yang Mengilhami Keunikan Cerita Harry Potter

  • Rosiana
  • 10/11/2017 15:48 WIB
Inilah Benda-benda yang Mengilhami Keunikan Cerita Harry Potter
EPIZONE.ID - Cerita fantasi Harry Potter yang telah mendunia ternyata tak cuma buah pkir kreatif JK Rowling semata. Layaknya penulis lain, JK Rowling mengamati berbagai kejadian dan benda-benda yang ada yang ternyata juga menginspirasi pembuatan cerita ini. Beberapa benda unik dalam dunia sihir yang sebenarnya ada antara lain:

1. Burung Phoenix

Benda-benda yang menginspirasi cerita Harry Potter, Burung phoenix


Phoenix, centaurus, dan unicorn merupakan makhluk fantasi yang mendiami dunia sihir. Ternyata dalam dunia nyata, phoenix juga dikenal sebagai makhluk yang lahir dari abu mereka sendiri. Meski sang penulis mengambil karakter dan nama dari hewan-hewan fantasi tersebut, namun tentu melalui imajinasinya hewan tersebut malah memiliki karakter dan cerita yang baru. 

JK Rowling menampilkan makhluk fantasi ini di dalam buku keduanya, yakni Harry Potter and the Chamber of Secret. Burung merah seukuran angsa ini memiliki paruh dan cakar emas. Menurut cerita, air mata burung ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti yang dilakukan Fawkes, burung peliharaan Dumbledore kepada Harry. Phoenix juga diceritakan mampu mengangkat beban yang sangat berat. Imajinasi JK Roeling tak hanya sampai disitu. Ia menggambarkan bahwa Phoenix merupakan burung peliharaan yang sangat setia meski pemiliknya telah tiada.  

Namun tampaknya, burung Phoenix bukan hanya rekaan dan khayalan JK Rowling semata. Sebuah naskah kuno dari abad ke 13 menggambarkan hewan ini muncul dari abunya sendiri. Ini membuktikan bahwa orang-orang jaman dulu juga memiliki imajinasi yang tinggi.

2. Nisan Nicolas Flamel

Benda-benda yang menginspirasi cerita Harry Potter, Nisan Nicolas Flamel


Dalam seri Harry Potter and the Philosoper Stone, Nicolas Flamel merupakan orang yang membuat dan memiliki batu bertuah. Batu bertuah inilah yang dicari oleh Voldemort untuk menyembuhkannya dari kutukan. Selain itu, JK Rowling juga menulis bahwa batu bertuah ini bisa membuat seseornag memiliki umur yang sangat panjang.

Kisah mengenai Nicolas Flamel ini ternyata terinspirasi dari nisan seseorang bernama sama. Nicolas Flamel dalam dunia nyata merupakan seorang juru tulis dan penjual naskah di Perancis di abad pertengahan. Reputasinya juga terkenal sebagai seorang alkemis yang membuat ramuan yang bisa membuat seseorang hidup abadi. Entah dari mana datangnya rumor ini, namun beberapa orang meyakini bahwa Nicolas Flamel yang asli masih hidup dan tinggal di India.

3. Batu Bezoar

Benda-benda yang menginspirasi cerita Harry Potter, batu bezoar

Bezoar dalam cerita Harry Potter merupakan sebuah batu yang berasal dari perut kambing. Batu ini digunakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan seseorang dari racun. Namun keberadaan batu ini amat sangat langka dan hanya digunakan dalam pelajaran ramuan saja. Dalam dunia nyata, ternyata penulis cerita Harry Potter terinspirasi dari makanan yang berasal dari persia. Makanan ini berasal dari perut hewan, seperti kambing dan tidak mudah untuk dicerna. 

Kata bezoar berasal dari bahasa Persia yaitu 'pad-zahr' yang berarti penangkal. Makanan ini sangat berharga karena dipercaya sebagai penangkal racun sejak masa Spanyol diduduki oleh bangsa Moor. Inilah mengapa mereka menempatkan bezoar di dalam sebuah wadah berlapis emas. 

4. Tanaman Mandrake

Benda-benda yang menginspirasi cerita Harry Potter, tanaman mandrake

Mandrake dalam cerita merupakan tanaman obat yang ampu menyembuhkan seseorang yang terkena kutukan sihir. Dalam cerita seri kedua, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan murid-murid yang terkena kutukan hingga membatu. Namun tanaman mandrake ini bukan sekedar tanaman, akarnya berbentuk mirip dengan manusia dan memiliki tingkah polah seperti manusia pada umumnya. 

Sejak jaman kuno, tanaman ini ternyata sangat penting dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk menyembuhkan penyakit. Dalam sebuah naskah ensiklopedia kuno bertajuk Herbal, tampak sebatang mandrake dewasa yang ditarik oleh seekor anjing. Ensiklopedia ini bererita tentang kegunaan dari berbagai tanaman dan menjelaskan manfaat dari berbagai macam pengobatan juga rahasia-rahasia lainnya. Dalam ensiklopedia ini juga dijelaskan bahwa mandrake juga memiliki dampak halusinasi seperti narkotika. 

5. Bola ramalan

Benda-benda yang menginspirasi cerita Harry Potter, bola kristal

Bola kristal yang digunakan selama pelajaran ramalan ini pertama kali dikenal dalam cerita seria ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Dalam cerita ini, profesor Trelawney yang merupakan guru ramalan Harry di sekolah sihir Hogwarts menggunakann bola kristal untuk meramalkan masa depan orang-orang. Meski masuk dalam mata pelajaran, namun Harry dan kawan-kawan selalu merasa gagal untuk mempelajari subjek mata pelajaran ini. Bahkan dalam tahun kelima mereka, mereka tidak bisa melihat apapun yang terdapat pada bola kristal.

Bola kristal penyihir dn peramal ini juga ada di dunia nyata. Salah satunya disimpan di British Library. Selain bola kristal ala Harry Potter, perpustakaan ini juga menyimpan bola kristal milik penyihir bernama Smelly Nelly. Smelly Nelly dikenal sebagaipenyihir yang selalu mengguanakan parfum yang berlebihan karena dianggap bisa mendatangkan makhluk gaib yang akan membantunya dalam meramal.

Menurut seorang peneliti, bola kristal ini merupakan kristal bulan yang hanya digunakan oleh para penyihir pada malam hari, untuk melihat bayangan bulan pada permukaannya. Bayangan bulan tersebut kemudian diamati oleh para peramal untuk mendapatkan kemampuan mereka. 

Sumber : BBC Culture

Baca Juga
6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton
Film 'It', Bangkitkan Kembali Tren Badut Horor
Masih Ingat Sama Film Matilda? Begini Penampilan Pemainnya Setelah 20 Tahun

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close