Jumat, 22 Juni 2018

Inilah Penyebab Mengapa Hoax Mudah Sekali Tersebar

  • Rosiana
  • 10/11/2017 18:31 WIB
Inilah Penyebab Mengapa Hoax Mudah Sekali Tersebar
EPIZONE.ID - Kecanggihan teknologi tak pelak kini mempengaruhi semua lini kehidupan dan cara manusia berintersaksi dengan sesamanya. Bahkan hampir semua orang memiliki minimal satu akun sosial media. Kondisi ini selain menguntungkan karena kita mudah menerima berbagai macam informasi, namun juga bisa menjadi bencana ketika seseorang tak bisa mengolah dan mencerna informasi tersebut. Hal ini merupakan salah satu penyebab orang-orang dengan mudah menerima kabar hoax yang diberikan.

1. Hoax mudah tersebar karena kedekatan informasi

Alasan mengapa hoax mudah sekali tersebar karena kedekatan informasi


Kabar hoax mudah tersebar khususnya di Indonesia, salah satunya karena faktor kedekatan informasi. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang cenderung bias informasi dan hanya menaruh perhatian, mencari tahu serta menyebarkan informasi sesuai dengan apa yang ia percayai. Keengganan seseorang untuk mencari tau informasi yang berseberangan dengan apa yang diyakini juga menjadi penyebab besar timbulnya perdebatan yang selalu terjadi. 

2. Rendahnya tingkat literasi

Alasan hoax mudah sekali tersebar, rendahnya tingkat literasi suatu masyarakat

Rendahnya minat baca khususnya di Indonesia juga menjadi salah satu peyebab maraknya kabar hoax beredar. Kurangnya tingkat literasi inilah yang menyebabkan masyarkat lebih suka menelan mentah-mentah suatu infotmasi tanpa perlu repot untuk mencari tahu. Sayangnya, Indonesia masuk sebagai salah satu negara dengan tingkat literasi yang sangat rendah. terrtinggal jauh dari negara-negara maju lainnya. 

Hei Millenials, Yuk Lawan Hoax dan Jadi Pembaca Cerdas dengan 10 Cara Ini

3. Kurang peduli terhadap kredibilitas berita

Alasan mengapa hoax mudah sekali tersebr, kurang peduli terhadap kredibilitas berita


Sebagian besar orang-orang yang mudah terpapar berita hoax seringkali kurang peka terhadap keredibilitas suatu berita. Banyak orang yang langsung menyebarkannya tanpa perlu repot mencari tahu kebenaran dan sumber suatu berita. Apakah berita tersebut datang dari media abal-abal atau yang memiliki kaidah jurnalistik. Pada akhirnya sikap inilah yang membuat orang seringkali mudah percaya pada berita yang belum tentu ada benarnya.

4. Terlalu percaya dengan orang terdekat

Alasan hoax mudah sekali tersebar, pengaruh t9ingkat kepercayaan terhadap orang-orangterdekat


Informasi bohong sering kali tersebar dari orang-orang terdekat. Melansir dari National Geographic Indonesia, tingkat kepercayaan inilah yang kadang membuat orang tidak mau repot-repot mencari tahu kebenaran suatu informasi. Karena cenderung percaya dengan orang terdekat, saringan kognitif seseorang cenderung lemah dan langsung mempercayai apa saja yang dibagikan. Apalagi jika orang tersebut dikenal jujur maka presentase kepercayaan terhadap informasi apapun yang diberikan juga semakin tinggi.

7 Sumber Berita yang Paling Terpercaya di Dunia, Nggak Ada yang Hoax

5. Manusia cenderung menyukai hal-hal yang mudah dipahami

Alasan hoax mudah sekali tersebar, manusia cenderung menyukai hal--hal yang mudah dipahami


Hal-hal rumit seperti mekanisme kerja alam semesta mungkin bukan jadi bahan menarik untuk dikaji bagi sebagian besar orang. Melihat proses berpikir otak manusia yang cenderung tertarik dengan hal-hal yang mudah dipahami inilah hoax bekerja. Para penyebar berita hoax sering memanfaatkan celah ini untuk membuat berita sesuai dengan mekanisme ini.

Baca Juga
6 Hoax Paling Fenomenal dalam Sejarah Peradaban Manusia, Hampir Semua Orang di Dunia Percaya
Sekarang Facebook Bisa Deteksi Berita Hoax, Ini Cara Pakainya
Saking Susahnya Bedain Hoax sama Fakta, 5 Berita Penting Ini Malah Dianggap Lelucon Saat April Fool's Day

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close