Rabu, 17 Januari 2018

11 Sikap yang Menandakan Kamu Akan Sukses Di Masa Depan

  • Rosiana
  • 13/11/2017 10:07 WIB
11 Sikap yang Menandakan Kamu Akan Sukses Di Masa Depan
EPIZONE.ID - Siapa sih yang nggak pengen sukses? Sukses merupakan impian setiap orang. Namun tingkat dan jenis kesuksesan setiap orang berbeda-beda. Ada yang menganggap bahwa sukses adalah mereka yang berhasil menghasilkan uang yang berlimpah. Ada pula yang beranggapan bahwa sukses adalah jika kita bisa berguna bagi orang lain. 

Meski konsep sukses berbeda-beda, namun kamu perlu tahu sikap yang menandakan bahwa kamu akan sukses di masa depan. Dikutip dari Business Insider, 11 tanda ini menandakan bahwa kamu akan sukses lebih dari yang kamu pikirkan. Beberapa tanda tersebut termasuk sikap terbuka terhadap kegagalan dan selalu memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar, yang lainnya termasuk:

1. Kamu adalah seorang yang selalu mencari cara terbaik dalam melakukan sesuatu

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, selalu mencari jalan terbaik


Mencari cara terbaik dalam melakukan sesuatu merupakan sikap yang menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang tak pernah menyerah dan selalu berinovasi. Mantan CEO Apple dan Pepsi, John Sculley,  dalam sebuah wawancara dengan Business Insider mengatakan bahwa dalam sepanjang karirnya, ia selalu menanyakan pertanyaan seperti "Mengapa hal tersebut dilakukan dengan cara ini?". Dia juga mengatakan bahwa kesuksesan berkaitan dengan kemauan untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cara yang belum pernah dipecahkan sebelumnya.

Senada dengan John Sculley, Scott Galloway, seorang profesor pemasaran klinis dari New York University Stern School of Business, pendiri perusahaan intelijen digital L2, dan penulis buku The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook and Google, menambahkan bahwa sikap yang berlawanan, seperti melawan perubahan akan berakibat pada berhentinya karir seseorang.

Dalam bukunya, Galloway mengatakan "Mencoba untuk melawan gelombang perubahan akan menenggelamkan anda. Orang-orang sukses dalam dunia digital adalah mereka yang pergi bekerja setiap hari, tidak takut akan perubahan, namun selalu bertanya: 'Bagaimana jika kita melakukannya dengan cara ini?'"

Sonam Wangchuk, Ilmuwan yang Jadi Inspirasi Karakter Punsukh Wangdu di 3 Idiots

2. Kamu punya pandangan yang jelas tentang hidup yang kamu inginkan

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, punya oandangan jelas terhadap hidup

Visi seseorang memang bisa berubah seiring berjalannya waktu. Namun, salah satu tanda bahwa kamu akan sukses di masa depan adalah kamu bukan seseorang yang mengerjakan pekerjaan hanya demi keuntungan jangka pendek semata. Seseorang yang ingin sukses terutama dalam hidup adalah orang yang memiliki pandangan atau visi jangka panjang.

Menurut Nathaniel Koloc, mantan CEO ReWork, daripada bertanya kepada diri sendiri mengenai pekerjaan yang diinginkan, kamu bisa bertanya sebenarnya apa yang kamu inginkan dalam hidup ini. Pertanyaan semacam ini akan merangsangmu untuk lebih memikirkan pandangan yang jelas terhadap hidup yang sebenarnya diinginkan, apakah sebagai karyawan biasa atau memang kamu memiliki keinginan terpendam untuk jadi seorang pemimpin.

Bahkan jika kamu hanya punya visi untuk setahun ke depan, pelatih dan mantan pegawai Google, Jenny Blake menyarankan untuk selalu bertanya kepada diri sendiri 'seperti apa hari yang ideal untuk saya', atau 'orang macam apa yang ingin kita jaring sebagai koneksi dan ingin kita temui', dan berbagai pertanyaan lainnya.

3. Menggunakan signature strength 

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, menggunakan signature strength


Signature strength juga dikenal sebagai kelebihan atau kekuatan khas yang ada pada diri sendiri. Pada dasarnya setiap individu memmiliki kekuatan karakter yang berbeda dalam meraih prestasi yang diharapkan. Kekuatan karakter tersebut akan menjadi struktur khas kepribadian individu yang membedakan dirinya dengan orang lain. Dengan kata lain signature strength atau keterampilan setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang sangat kreatif dalam memberikan ide ada pula orang yang sangat baik dalam mengeksekusi ide tersebut.

Intinya adalah dalam mencapai suatu kesuksesan, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dan salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kekuatan yang ada pada diri sendiri. Bahkan Eric Baker, penulis buku Backing Up The Wrong Tea, mengatakan bahwa semakin sering seseorang menggunakan keterampilan tersebut (signature strength), maka ia akan semakin bahagia, semakin dihormati dan merasa semakin baik dengan pekerjaannya. Terlebih jika seseorang menggunakan keterampilan tersebut dalam pekerjaan, maka ia akan mencapai lebih dari apa yang diharapkan.

Agar Lebih Bijak Bersosial Media, Ketahui dan Kenali Sisi Gelapnya

4. Kamu terbuka terhadap kegagalan

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, terbuka terhadap kegagalan


Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. Pepatah tersebut mungkin ada benarnya. Dalam bukunya, Scott Galloway mengatakan bahwa empat raksasa eknolgi dunia yakni, Facebook, Apple, Google dan Amazon terbuka terhadap kegagalan sesekali lalu mencoba sesuatu yang baru. 

5. Bersedia mengambil resiko yang sudah diperhitungkan

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, bersedia mengambil resiko yang terlah diperhitungkan


Kamu mungkin sering mendengar entah dalam seminar, atau berbagai macam artikel bahwa mereka yang sukses adalah orang-orang yang berani mengambil resiko. Pernyataan tersebut bisa jadi benar bisa juga salah. Ini karena semua resiko tidak diciptakan sama. Ada orang yang berani mengambil resiko namun tidak memperhitungkan untung dan ruginya. Ada orang yang benar-benar cermat memperhitungkan segala sesuatu ketika ingin mengambi resiko, sehingga ketika dihadapkan pada akibat yang muncul, ia sudah siap dengan resikonya.

6. Ramah dan baik kepada siapa saja

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, ramah dan baik kepada siapa saja


Sikap ini akan membuatmu memiliki banyak kolega dan koneksi. Sebagai contoh eksekutif Take Hearst dan jurnalis, Joanna Coles menggambarkan pentingnya menjaga hubungan dengan teman sebaya dan kolega. Ia menambahkan bahwa ia selalu mendapatkan pekerjaan melalui jaringan pertemanan. 

7. Berpikir seperti pemula

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, berpikir seperti pemula


Berpikir layaknya pemula atau beginners's mind merupakan cara berpikir, konsep ini berasal dari ajaran Zen Buddhisme yaitu Shosin. Seseorang yang selalu berpikir dengan cara ini menunjukkan antusiasme dalam segala hal dan selalu belajar tentang hal-hal baru. Seseorang yang memiliki sikap ini biasanya terbuka pada hal-hal baru, memiliki keinginan besar untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Sikap inilah yang dibawa oleh Steve Jobs ke perusahannya, Apple. Jobs menggunakan pola pikir ini untuk mengembangkan pikiran pemula agar bisa menghindari setiap kendala. 

8. Menyisihkan waktu setiap hari untuk belajar

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, menyisihkan waktu setiap hari untuk belajar


Dengan menyisihkan waktu untuk belajar, kamu sedang berusaha untuk memperluas pengetahuan. Beth Comstock, mantan wakil ktua Geneal Electric, merekomendasikan untuk menyisihkan 10% waktu yang dimiliki dalam setiap hari kerja untuk kegiatan ini. 

Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle

9. Mengenal diri sendiri

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, mengenal diri sendiri


Menurut Tasha Eurich, psikolog dan penulis buku Insight, kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana orang lain melihat mereka. Menurut Eurich, orang-orang yang tahu bagaimana pandangan orang lain terhadap diri mereka cenderung lebih sukses. Eurich merekomendasikan untuk menemukan satu atau dua orang kritikus yang bisa memberikan penilaian jujur terhadap diri sendiri. Penilaian jujur ini biasanya datang dari orang-orang yang sudah dikenal dengan sangat dekat.

Penilaian jujur mengenai diri sendiri akan sangat penting untuk mengetahui kelemahan atau bahkan kelebihan yang sebenarnya belum kamu sadari. Ketika kamu belajar untuk membuka diri terhadap pendapat orang lain, kamu bisa memulai berubah untuk menutup kesenjangan atau hal-hal negatif yang ada dalam dirimu agar bisa menjadi lebih baik lagi.

10. Kamu orang yang terbiasa bersyukur dan berterimakasih

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, bersyukur dan berterima kasih


Bersyukur dan sering mengucapkan terimakasih memberi keuntungan bagi karir, hubungan dan juga kesehatan. Doug Conant, selain terkenal sebagai CEO Campbell Soup Company ia juga dikenal sebagai orang yang membuat rasa terimakasih sebagi salah satu strategi kepemimpinan. Selama karirnya, ia telah mengirimkan 30 ribu kartu tulisan tangannya yang berisi ucapan terimakasih baik kepada klien maupun untuk para staf. Berbeda dengan Conant, John Paul DeJoria, co-founder perusahaan produk perawatan rambut The Patron Spirits Company menuturkan bahwa ia selalu menghabiskan lima menit setiap hari untuk bersyukur atas hidup. 

11. Mencintai diri sendiri

11 Tanda kamu akan sukses melebihi apa yang diimpikan, mencintai diri sendiri


Apa yang akan kamu lakukan ketika ada teman yang bersedih? Pasti satu hal yang akan kamu lakukan adalah mengibur dan memberikan semangat agar temanmu kembali pulih. Nah hal itulah yang harus kamu lakukan pada diri sendiri. Ketika menghadapi sebuah kegagalan, kebanyakan orang akan langsung menyalahkan diri sendiri maupun menyalahkan keadaan. Bukannya menyembuhkan, sikap ini malah akan memperparah luka hati kita. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk bangkit dari sikap ini adalah dengan mencintai diri sendiri. 

Sikap ini tidak akan membuatmu terlihat lemah atau tidak punya ambisi, sebaliknya mencintai diri sendiri memiliki dampak positif baik seara biologis maupun secara biologis. Mencintai diri sendiri akan  menjauhkanmu dari depresi dan kecemasan. Kamu juga bisa cepat bangkit dari keterpurukan dan tidak terus berkubang dalam rasa bersalah. 

Baca Juga
Inilah Fakta Menarik tentang Jackie Chan yang Jadi Bukti Bahwa Nggak Ada Sukses yang Instan
5 Hal yang Bisa Bikin Siswa yang Punya Nilai Rendah Sukses di Masa Depan
Inilah Penderitaan Walt Disney Sebelum Sukses, dari Makan Makanan Anjing Sampai Mungutin Sampah.

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close