Sabtu, 18 Agustus 2018

9 Mitos Tentang Makanan Beku yang Seharusnya Tak Langsung Kamu Percayai

  • Rosiana
  • 15/11/2017 19:12 WIB
9 Mitos Tentang Makanan Beku yang Seharusnya Tak Langsung Kamu Percayai
EPIZONE.ID - Mitos memang menjadi hal yang sulit dihindari. Dalam keseharian kita mungkin sering menemui mitos yang berkembang dalam masayarakat. Beberapa mitos mungkin dibuat untuk menghindarkan orang-orang dari akaibat yang ditimbulkan jika melanggar sesuatu. Namun ada juga mitos salah yang dipercayai bahkan diyakini sebagai kebenaran mutlak

Berbagai macam bahan makanan kini bisa dijumpai dalam bentuk makanan beku atau frozen food, seperti daging sapi, daging ayam, sosis dan bakso. Tanpa sadar kita pun sebenarnya sering mengonsumsi makanan beku ini. Entah saat jajan atau ketika kita tak punya waktu untuk memasak bahan makanam segar. 

Sadar atau tidak di sekitar kita khususnya bagi kamu yang sering bersinggungan dengan dapur, beredar berbagai macam mitis mengenai makanan beku atau frozen food ini. Mitos-mitos ini sering membingungkan banyak orang hingga ada yang menghindari penggunaan makanan beku dalam masakan mereka. Namun layaknya mitos-mitos lain yang beredar, mitos tentang makanan beku ini seharusnya tak langsung kamu percayai begitu saja.

Mitos makanan beku

Mitos 1 : Makanan beku adalah makanan yang sudah kadaluwarsa

Mitos ini kerap beredar di kalangan ibu rumah tangga yang kurang menyukai makanan beku sebagai hidangan di rumah. Bahkan banyak yang mmpercayai jika makanan yang sudah dibekukan merupakan makanan basi yang harus dihindari. Mitos seperti ini seharusnya jangan ditelan mentah-mentah.

Faktanya, "Makanan beku cukup aman tanpa batasan waktu," kata ahli gizi Caroline Passerrello, MS, RDN, LDN yang juga merupakan juru bicara American Academy of Nutrition and Dietics, seperti dikutip dari Reader's Digest.

Mitos 2 : Mendinginkan kembali makanan beku sangat tidak aman

Kebiasaan ita ketika masih ada sisa bahan makanan yang belum dimasak adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Namun berkembang berbagai mtos jika makanan beku harus segera dimasak dan tidak boleh didinginkan kembali, karena hal tersebut akan membahayakan kesehatan.

Faktanya, selama makanan tersebut dicairkan di dalam lemari es, maka makanan tersebut masih aman untuk disimpan dalam kulkas kembali. Jika makanan disimpan dalam suhu ruang antara 4 hingga 60 derajat celcius selama dua jam, maka makanan tersebut cukup berbahaya untuk didinginkan kembali. Hal ini karena berbagai macam bakteri dikhawatirkan sempat berkembang dalam suhu ruang. Makanan tersebut masih bisa dibekukan kembali namun rasanya akan berubah.

mitos makanan beku
Intip 7 Makanan Khas Dari Korea Utara, Negara Paling Tertutup Di Dunia

Mitos 3 : Makanan beku memiliki kandungan natrium yang tinggi

Faktanya kandungan natrium pada label nutrisi setiap makanan beku ada dalam makanan secara alami. 

Mitos 4 : Susu dan telur tidak bisa dibekukan

Dalam hal keamanan, tidak ada bahan yang tak bisa dibekukan. Susu dan telur yang selama ini dianggap sebagai bahan makanan yang tidak bisa dibekukan, ternyata bisa namun bahan tersebut akan berkurang kualitasnya. Tekstur dari beberapa bahan makanan yang dibekukan mungkin akan sedikit berubah, namun bahan-bahan tersebut masih tergolong aman untuk dikonsumsi. 

Mitos 5 : Makanan beku aman untuk dicairkan di dalam wadah biasa

Membiarkan makanan beku mencair dalam wadah biasa mungkin bukan hal yang aman. Dalam suhu ruang, bakteri bisa berkembang biak dalam makanan yang mulaui mencair, Dan hal tersebut mungkin berbahaya untuk kesehatan.

Mitos 6 : Menuangkan air panas ke atas makanan beku merupakan cara yang aman

Menuang air panas langsung ke dalam makanan beku dapat menimbulkan masalah kesehatan. Sebaiknya jika ingin mencairkan makanan, gunakan air dingin dan rendam bahan makanan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengganti airnya setiap setengah jam. Memasukkan air panas ke dalam makanan beku akan membuat bahan tersebut memiliki suhu yang tidak rata ketika dimasak, sehingga suhu setiap bagian menjadi tidak rata.

mitos makanan beku
Pengen Dietmu Sukses? Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini Agar Tak Lagi Takut Gemuk

Mitos 7 : Makanan kemasan bisa langsung disimpan ke dalam freezer

Tidak semua kemasan pada makanan bisa langsung masuk ke dalam freezer. Beberapa kemasan membiarkan udara masuk ke dalam dan menciptakan intu masuk bagi berbagai baketeri untuk masuk dan berkembang biak di dalamnya. Hal ini malah memperburuk kualitas makanan ketika diletakkan di dalam freezer

Jika kamu ingin membuat makanan tersebut aman ketika dimasukkan ke dalam freezer, maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka kemasan makanan tersebut dan biarkan sedikit aliran udara keluar dari dalam kemasan sebelum dibekukan. Dan untuk sayuran, basahi sayur dan buah terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Mitos 8 : Makanan berku bisa menjadi pilihan makanan yang seimbang

Makanan beku bisa menjadi pilihan jika kita susah menemukan makanan segar. Namun makanan jenis ini jangan selalu dijadikan pilihan pertama ketika kamu punya waktu untuk mengolah bahan makanan yang lebih segar. Terlalu menggantungkan diri pada makanan beku bisa meningkatkan masalah kesehatan seperti diabetes, hpertensi hingga resiko penyakit jantung.

Mitos 9 : Buah dan sayuran beku tidak sesehat ketika masih segar

berbagai mitos tentang makanan beku sering membuat orang jadi parno. Bahkan tak banyak yang mengetahui jika buah dan ysayuran beku sebenarnya malah lebih sehat ketimbang buah dan sayuran segar. Ini karena perusahaan yang memproduksi makanan ini biasanya memilih buah dan sayur yang dipetik dalam kondisi kematangan yang pas. Selanjutnya pihak produsen akan membekukan buah dan sayuran tersebut selama delapan hingga sepuluh jam.

mitos makanan beku

Kunci dalam pembekuan makanan sebenarnya adalah menjaga kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut. Inilah mengapa beberapa jenis makanan malah lebih baik disimpan dalam kondisi beku termasuk buah dan sayur-sayuran. Jika masih ragu, jangan lupa untuk selalu memastikan kandungan nutrisi pada setiap kemasan makanan beku. Beberapa produsen mungkin menambahkan kandungan gula ataupun garam ke dalam produknya.

Sumber : Reader's Digest

Baca Juga
Susah Tidur? Biar Tidur Lebih Pulas Hindari 6 Jenis Makanan Ini
8 Jenis Makanan Yang Harus Ada Selama Puasa
Selain Kopi 6 Makanan Ini Juga Ampuh Cegah Kantuk Melanda

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close