Senin, 17 Desember 2018

Meski Berdaulat, 10 Negara Ini Tak Memiliki Kekuatan Militer

  • Rosiana
  • 15/11/2017 15:03 WIB
Meski Berdaulat, 10 Negara Ini Tak Memiliki Kekuatan Militer
EPIZONE.ID - Sebagai negara berdaulat, sudah selayaknya sebuah negara memiliki kekuatan militer. Meski tak setiap hari berperang, namun kekuatan militer berfungsi sebagai penjaga negara dari kekuatan asing. Mayoritas negara di dunia ini memiliki sejumlah angkatan bersenjata yang bertugas melindungi kedaulatan negara. Sejumlah negara bahkan dengan bangganya memamerkan kekuatan militer mereka. Hal tersebut tentu berbanding terbalik dengan keadaan di negara-negara yang tak memiliki tentara ini:

1. Kepulauan Solomon

10 negara tanpa kekuatan miiter, Kepulauan Solomon
Kepulauan Solomon via Visit Solomons 

Negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik ini merdeka dari protektorat Inggris pada tahun 1893. Solomon dulunya memiliki kekuatan paramiiter yang sangat kuat. Keadaan tersebut berlangsung cukup lama hingga konflik antar etnis terjadi pada tahun 2006. Konflik tersebut membuat negara-negara Oceania seperti Australia dan Selandia Baru turun tangan memulihkan keadaan dan melucuti senjata para perusuh. Akibat dari konflik tersebut, negeri ini kini hanya memiliki kepolisian. Untuk masalah pertahanan, Solomon mendapat perlindungan dari Australia. 

2. Kosta Rika

Negara tanpa kekuatanmiliter, Kosta Rika
Kosta Rika via US News & World Report

Negara ini pernah memiliki angkatan darat sebelum Presiden Figueres Ferrer menandatangani undang-undang yang menghapus keberadaan angkatan bersenjata pada tanggal 1 Desember 1948. Sejak saat itu, Kosta Rika resmi menjadi negara tanpa kekuatan militer. Penghapusan kekuatan militer ini terjadi sejak pecahnya perang saudara yang menewaskan 20.000 lebih orang di wilayah negara tersebut.

Kini negara di Amerika Latin tersebut hanya memiliki Fuerza Publica atau kepolisian yang bertugas untuk menjaga keamanan negerinya. Sebagai gantinya, Kosta Rika menandatangani perjanjian yang menyatakan jika negara ini diserang. Maka jika ada kerusauhan atau ancaman dari luar negara ini bisa meminta bantuan dari Amerika Serikat, Chile, Kuba, dan 21 negara lainnya.

3. Kepulauan Samoa

Samoa, negara tanpa kekuatan militer
Desa Lepea, Samoa via Wikipedia

Tidak adanya angkatan militer di negara ini membuat Samoa harus bergantung pada negara-negara tetangganya dalam hal pertahanan. Negeri yang terletak di Samudera Pasifik ini memang memiliki kepolisian, namun sebagai pelindung mereka bekerja sama dengan Selandia Baru. Perjanjian bilateral tersebut memungkinkan Samoa untuk meminta bantuan ketika suasana genting. 

4. Vatikan

Vatikan, negara tanpa kekuatan militer
Vatikan via Visit Vatican City 

Negara berdaulat ditengah-tengah kota Roma ini tidak memiliki militer sama sekali. Segala urusan yang menyangkut kemanan diserahkan ke Grandmarine Corps. Memang terdapat Swiss Guard atau penjaga. Namun Swiss Guard di Vatikan hanya bertugas dalam kegiatan keuskupan semata atau yang berhubungan dengan Paus. Secara formal, negara ini dilindungi oleh Italia. Meski melindungi Vatikan, Italia juga dilarang untuk ikut campur dalam masalah keamanan negera tersebut, karena hal tersebut bisa merusak netralitas Vatikan.

Ini Dia Daftar 10 Negara Termiskin Di Dunia

5. Andorra

Andorra, negara di Eropa yang tidak memiliki kekuatan militer
Andorra via Check in Price

Namanya mungkin masih asing di telinga, namun negara yang terletak di antara Perancis dan Spanyol ini merupakan negara yang memiliki sistem monarki, meski berbeda. Yang unik dari negara ini adalah, Andorra dipimpin oleh dua orang pangeran, yaitu Presiden Perancis dan Uskup. Andorra juga merupakan satu-satunya negara di dunia dimana pemimpin negara mereka dipilih oleh rakyat dari negara lain. Presiden Perancis dipilih oleh rakyat Perancis sedangkan Uskup Andorra dipilih oleh Paus. 

Keadaan inilahyang membuat Andorra tak memiliki angkatan bersenjata. Sebagai gantinya, negara ini menandatangani perjanjian dengan dengan negara-negara Eropa lain di bidang pertahanan. Dalam urusan keamanan, Andorra memiliki Unit Antiterorisme dan Pengelolaan Tahanan yang dianggap setara dengan kepolisian. Perlindungan lainnya didapat Andorra dari NATO, jika negara pegunungan tersebut diserang. 

6. Palau

Palau, negara di Samudera Pasifik yang tak memiliki angkatan bersenjata
Palau via Palau Dive Adventures

Negeri kepulauan ini hanya memiliki unit kepolisian dalam urusan keamanan negara. Namun untuk pertahanan mereka meminta perlindungan dari negara-negara lain. Sejak tahun 1983, Palau menjadi salah satu negara protektorat Amerika Serikat, dimana negara ini mendapat perlindungan jika sewaktu-waktu terjadi ancaman.

7. Grenada

grenada, negara tanpa kekuatan miiter
Grenada via Kuoni

Sama seperti Kosta Rika, negara ini dulunya memiliki militer. Namun militer dihapus sejak Grenada diinvasi Amerika Serikat tahun 1983 lalu. Kini Grenada hanya mengantungkan diri pada satuan kepolisian nasional dan sistem keamanan regional untuk mempertahankan diri. Berbeda dengan negara lain yang memiliki perjanjian keamanan, Grenada secara resmi tak memiliki perjanjian apapun dengan negara lain untuk bantuan militer. Namun dengan sistem keamanan regional negara ini bisa meminta bantuan kepada negara-negara di sekitarnya seperti Antigua dan Barbuda, Barbados, Dominika, Saint Kitts dan Nevis Saint Lucia dan Saint Vincent.

Inilah Daftar 5 Negara Terkorup di Asia

8. Liechtenstein

Liechtenstein, negara tanpa kekuatan militer
Liechtenstein via Pixabay

Negara di Eropa ini dulunya juga memiliki militer, namu keberadaannya dihapus pada tahun 1868. Kerajaan kecil yang terletak diantara Swiss dan Austria ini memutuskan untuk menghapus tentara militer mereka akibat dari perang Austro Hongaria dan biaya untuk tentara yang cukup mahal. Negara inipun kemudian membuat undang-undang bahwa militer bisa dihidupkan kembali saat situasi perang. 

Liechtenstein merupakan satu-satunya negara yang meyakini bahwa perang besar tak akan berdampak pada negaranya. Sama seperti Granada, Liechtenstein juga tak memilikiperjanjian resmi mengenai bantuan militer. Bantuan tentara diyakini akan datang dari negara tetangganya yakni Swiss, jika memang terjadi perang.

9. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall, negara tanpa kekuatan militer
Kepulauan Marshall via Turcanin

Kepulauan yang juga terletak di Samudera Paisifik ini sebenarnya berstatus sebagai negara berdaulat. Negera ini memiliki perjanjian keamanan dengan negara tetangganya yakni Mikronesia dan Palau. Berdasarkan perjanjian ini ketiga negara tersebut masuk dalam lindungan negara Amerika Serikat dalam urusan pertahanan negara.

10. Nauru

Nauru, negara pulau di Samudera Pasifik yang tak memiliki pasukan militer
Nauru via Amusing Planet

Negara-negara kecil di Samudera Pasifik sepertinya memang menyerahkan urusan militer pada negara adidaya seperti Amerika Serikat dan Australia. Kondisi ini juga dialami oleh Nauru, sebuah kepulauan di tengah Samudera Pasifik yang menyerahkan urusan pertahanan kepada Australia. Meski dilimpahkanke Australia, namun negara ini tetap memiliki kepolisian sendiri.

Sumber : Kompas dan Liputan 6

Baca Juga
Meski Termasuk Miskin, Negara Ini Tak Memberlakukan Uang Tunai Sebagai Alat Pembayaran
Intip 7 Makanan Khas Dari Korea Utara, Negara Paling Tertutup Di Dunia
Nggak Perlu Ribet Lagi!! 7 Negara Eropa Ini Tawarkan Bebas Visa Bagi Warga Indonesia



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close