Rabu, 17 Januari 2018

Ini Nih Manfaat Musik Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

  • Rosiana
  • 29/11/2017 15:05 WIB
Ini Nih Manfaat Musik Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu
EPIZONE.ID - Tak dipungkiri musik memang memberikan manfaat tersendiri dan juga telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak lama. Sudah sejak ribuan tahun, musik berfungsi sebagai hiburan, sarana ibadah dan wadah ekspresi manusia. Inilah sebabnya manusia tak bisa lepas dari musik hingga saat ini. 

Berbagai fungsi dari musik semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan setiap individu. jenis-jenis musik baru pun diciptakan dan memiliki fungsi yang berbeda bagi para pendengarnya. Kini musik tak hanya sebagai pelengkap suatu karya seni, namun juga mulai berkembang dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti 

1. Mengurangi tekanan darah

Melansir dari Dokter Sehat, rutin mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam membantu mengurangi tekanan darah. Ini karena musik berirama lambat mampu mempengaruhi orang-orang yang mendengar untuk  mengontrol diri dan amarah sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian yang disebutkan dalam jurnal American Society of Hypertension di New Orleans, bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit mampu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. 

2. Meredakan stress

Seiring dengan perkembangan jaman, musik pun juga berkembang. Selain sebagai saran hiburan, musik saat ini mulai digunakan sebagai salah satu sarana untuk meredakan stress. Kini musik juga sering digunakan oleh berbagai kalangan sebagai pemantik semangat saat bekerja dan belajar. Selain itu, banyak juga yang menggunakan musik sebagai alternatif lain untuk meredakan stress.

3. Meningkatkan performa

Kamu sering melihat orang-orang berolahraga sambil mendengarkan musik? Atau kamu sendiri sering melakukannya secara tidak sadar? Secara tidak disadari musik ternyata membantu meningkatkan performa terutama saat berolahraga. Tak hanya saat berolahraga, musik juga bisa membantu performa saat sedang melakukan aktivitas lainnya. 

4. Meningkatkan kemampuan visual dan verbal

Musik khususnya bagi anak-anak mampu meningkatkan kemampuan visual dan verbal. Ini karena musik mampu menstimulasi otak anak dan mengarah pada meningkatnya kecerdasan verbal atau lisan. Bagi orang dewasa, mendengarkan musik mampu menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia.

Baca Juga
8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak
Di Hari Musik Nasional Ini Kamu Harus Tahu 5 Fakta Tersembunyi Lagu Indonesia Raya
7 Film Musikal Ini Nggak Kalah Keren dari La La Land, Kamu Wajib Nonton

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close