Minggu, 16 Desember 2018

6 Obat Alami yang Ampuh Atasi Penyakit Asma

  • Rosiana
  • 06/12/2017 15:18 WIB
6 Obat Alami yang Ampuh Atasi Penyakit Asma
EPIZONE.ID - Banyak faktor yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asma. Polusi, obesitas, penggunaan bahan pengawet hingga tingkat stress yanga tinggi menjadi salah satunya. Bagi para penderita asma, serangan mendadak yang tak kenal waktu bisa menjadi momok menakutkan apalagi jika sedang beraktiitas. Berbagai cara telah ditempuh mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga berbagai macam terapi dan juga olahraga. Namun ternyata beberapa obat alami ini bisa mengurangi dan mengatasi asma. Nah berikut ini ad sejumlah bahan makanan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asma, seperti dirangkum dari laman Kompas.

1. Bawang putih dan bawang merah

Bahan alami yang ampuh atasi asma, bawang putih dan bawang merah


Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masakan juga bisa jadi pilihan bijak untuk atasi asma. Bawang putih dan bawang merah bermanfaat untuk merangsang organ ekskrotis, yang berguna untuk menguatkan paru-paru. Bawang sangat kaya akan senyawa anti-inflamasi yang kuat (quercetin), yang mampu meringankan alergi.

2. Biji rami (flaxseed)

Bahan alamiyang ampuh atasi penyakit asma, Biji rami atau flaxseed


Tak banyak yang tahu tentang manfaat biji rami atau flaxseed. Padahal bahan makanan ini sering ditemukan dalam biskuit dan camilan lainnya. Biji rami didapatkan dari biji tanaman rami atau tanaman yang digunakan untuk membuat kain linen. Dilansir dari laman Merdeka, banyak manfaat yang didapatkan dari konsumsi biji rami bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat alami yang ampuh mengatasi penyakit asma. Konsumsi dua sendok biji rami sangat efektif untuk mengobati asma akut yang dikenal sarat akan Omega 3 anti-inflamasi. 

3. Akar manis

Bahan alam yang ampuh mengatasi penyakit asma, Akar manis


Akar manis atau licorice merupakan tanaman yang tumbuh di bagian Eropa Selatan dan beberapa wilayah Asia. Tanaman ini telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit asma. Dalam pengobatan Tiongkok akar manis digunakan untuk memperbaiki fungsi paru-paru dan menambah energi pada tubuh. 

4. Kunyit

Bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit asma, Kunyit


Curcumin dalam kunyit efektif untuk mengatasi asma bronkial. Asma bronkial adalah penyakit asma yang terjadi karena tersumbatnya saluran pernapasan karena rangsangan dari luar. Kunyit sebagai obat alami mampu melebarkan pembuluh darah agar bsia mengalirkan udara dengan lebih baik. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan seperempat sendok teh kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam ke dalam segelas air. Campuran tersebut bisa diminum setiap pagi untuk mendapatkan kelegaan dalam pernapasan.

5. Vitamin C dan D

Vitamin C dan D bisa digunakan sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit asma


Vitamin C membantu mengurangi inflamasi pada saluran pernapasan dan mengurangi kejang pada saluran bronchial. Selain vitamin C, vitamin D juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berdampak pada penurunan fungsi paru-paru. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para penderita asma untuk mendapatkan sinar matahari alami setiap harinya dan juga menambah vitamin yang diperlukan dengan suplemen. 

6. Magnesium

Kandungan magnesium dan minerall dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan ampuh mengatasi penyakit asma


Kekurangan mineral khususnya pada anak-anak beresiko tingi terkena asma. Magnesium mampu untuk melemaskan otot-otot saluran pernafasan. Bagi penderita asma, disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang kaya klorofil dan juga magnesium, seperti bayam dan juga kacang-kacangan. 

Baca Juga
Kamu Sering Lupa? Kenali 10 Gejala Penyakit Alzheimer Ini
3 Penyakit Langka yang Wajib Diwaspadai Siapa Aja, Ngeri Euy
6 Tips Jitu Buat Mengatasi Homesick Saat Kuliah di Luar Kota atau Luar Negeri

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close