Rabu, 17 Januari 2018

Lebih Panas dari Jakarta, Inilah Daftar 10 Kota Terpanas di Dunia

  • Rosiana
  • 12/12/2017 10:43 WIB
Lebih Panas dari Jakarta, Inilah Daftar 10 Kota Terpanas di Dunia
EPIZONE.ID - Pernah ngerasa aneh dengan cuaca ekstrim di Indonesia? Sebentar panas menyengat lalu tiba-tiba turun hujan? Cuaca ekstrim ini nggak hanya ada di Indonesia kok, negara-negara lain bahkan ada yang lebih parah. Mulai dari musim panas yang sangat menyengat hingga badai salju yang membuat semua orang terperangkap.

Tak hanya cuaca, setiap tempat bahkan punya suhu ekstrim dari kota yang paling dingin hingga selalu tertutup salju hingga tempat paling panas hingga musim dinginpun suhu masih berada di atas normal, seperti beberapa kota yang mendapat predikat sebagai kota terpanas di dunia ini. Kota mana saja? yuk simak

1. Death Valley, California

Death Valley, salah satu tempat terpanas di dunia
nationalparks

Kota ini memegang rekor sebagai kota terpanas seluruh Amerika. Rata-rata, temperatur di tempat ini sekitar 47 derahat, cukup panas untuk ditempati manusia. Bahkan, suhu tertinggi yang pernah dicatat adalah 56,7 derajat musim panas tahun 1913 lalu. 

2. Aziziyah, Libya

Azziyah, salah satu kota terpanas di dunia

Ibukota distrik Jafara di Libya ini diklaim sebagai kota terpanas di dunia. Temperatur paling panas yang pernah dicatat bahkan mencapai 58 derajat celcius pada tahun 1922 lalu. Rekor sebagai kota terpanas di dunia bertahan selama 90 tahun hingga pada tahun 2012 World Meteorogical Organization mengumumkan bahwa pencatatan suhu di kota ini kurang akurat. Meski masih menjadi perdebatan, kota Aziziyah ini memiliki suhu rata-rata 48 derajat di musim panas, yang termasuk suhu yang cukup panas untuk ditinggali.

Inilah 10 Kota Paling Populer di Instagram pada Tahun 2017

3. Dallol, Ethiopia

Dallol, Ethiopia merupakan salah satu kota terpanas di dunia
something interesting

Kota kecil yang sangat panas ini terletak di Afar Depression, Ethiopia. Meski hanya berupa kota kecil, namun rata-rata suhu yang tercatat di kota ini mencapai 41 derajat celcius dari tahun 1960 hingga 1966. Pencatatan suhu di kota ini hanya sampai tahun 1966 karena saat ini Dallol merupakan kota hantu. Kota ini kosong ditinggal penghuninya yang rata-rata para penambang. Ditambah fakta bahwa tempat ini berada di daerah vulkanis aktif. Bisa dibayangkan panasnya suhu Dallol di waktu-waktu tertentu.

4. Wadi Halfa, Sudan

Waldi Halfa, Sudan merupakan salah satu kota t erpaas di dunia
Mulierchile

Wadi Halfa merupakan sebuah kota kering dan panas di tepi sungai Nubia, Sudan. Sepanjang tahun hampir tak pernah ada curah hujan di tempat ini. Bulan Juni merupakan bulan terpanas di Wadi Halfa krena suhu rata-ratanya mencapai 41 derajat celcius. Wadi Halfa bahkan pernah mencatatkan suhu terpanas hingga 53 derajat pada bulan April 1967 lalu. 

5. Dasht-e-Loot, Iran

Dash e loot, merupakan salah satu kota terpanas di dunia
Wikimedia

Dataran tinggi padang pasir ini menyimpan semua cerita tentang panasnya bumi. Pencatatan satelit bahkan pernah menangkap suhu tertinggi daerah ini dari tahun 2003 hingga 2009 yang mencapai 70,1 derajat celcius. Maka tak heran daerah ini kini kosong tak berpenghuni.

Inilah 10 Kota Paling Ramah Bagi Para Pejalan Kaki

6. Tirat Zvi, Israel

Tirat Zvi yang terletak di negara Israel merupakan salah satu kota terpanas di dunia dan yang paling panas di Asia.
Pinterest

Kota kecil di Israel ini menyandang gelar sebagai kota terpanas di Asia. Bahkan suhu tertinggi dari kota ini mencapai 54 derajat celcius pada tahun 1942 lalu. Rata-rata suhu di tempat ini mencapa 37 derajat.

7. Timbuktu, Mali

Timbuktu yang terletak di negara Mali merupakan salah satu kota terpanas di dunia
Travel Cafe

Timbhuktu merupakansalah satu kota terpanas yang jarnag dikunjungi wisatawan. Bahkan saking panasnya, kota ini masih terasa panas saat musim dingin. Musim dingin disini bahkan menyentuh suhu 30 derajat celcius. Suhu terpanas di Timbuktu yang pernah tercatat adalah 49 derajat celcius. 

Fakta Menarik Dibalik Naypyidaw, Ibukota Myanmar yang Terlantar

8. Kebili, Tunisia

Kebili yang terletak dinegara Tunisia, merupakan slah satu kota terpaas di dunia
TripAdvisor

Kota Kebili terletak di tengah padang pasir dan memiliki temperatur rata-rata temperatur di kota ini mencapai lebih dari 40 derajat dengan suhu tertinggi yang pernah tercatat mencapai 55 derajat. 

9. Ghadames, Libya

Ghadames yang terletak dinegara libya merupakan salah atu kota terpanas di dunia
This is Africa

Ghadames merupakan kota yangterletakdi tengah padang pasir dan menjadi oasis bagi lingkungan sekitarnya. Oasis di kota ini bahkan mampu menghidupi 7000 warganya. Kota yang terletak di tengah padang pasir ini masuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Rata-rata suhu di kota ini mencapai 40 derajat dengan suhu tertingi yang pernah dicatat adalah 55 derajat celcius.

10. Bandar-e Mahshahr, Iran

Bandar e Masharn yang terletak di Iran merupakan salah satu kota terpanasdi dunia
Tripmondo

Kota terik di Iran ini pernah mengalami suhu paling panas hingga 51 derajat.

Baca Juga
6 Destinasi Wisata di India yang Tak Kalah Menakjubkan dari Taj Mahal.
Keunikan Piramida Sudan Samai Popularitas Mesir Kuno
Berbagai Tempat Menakjubkan Di Dunia Yang Patut Jadi Salah Satu Wishlistmu



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close