Sabtu, 20 Januari 2018

Trik Jitu yang Bisa Kamu Gunakan di Grup Chat WhatsApp

  • Rosiana
  • 15/12/2017 09:50 WIB
Trik Jitu yang Bisa Kamu Gunakan di Grup Chat WhatsApp
EPIZONE.ID - Grup chat kini sering menjadi ladang bertukar informasi atau hanya sekedar seru-seruan bareng teman dan keluarg. Apalagi ditambah berbagai fitur menarik dari berbagai grup chat, semakin menambah keseruan berbagi cerita dalam grup. Grup chat khususnya WhatsApp yang marak digunakan saat ini ternyata punya trik khusus yang bakal bikin penggunanya betah berlama-lama nongkrong loh. mau tahu apa aja? 

1. Mengetahui siapa saja yang membaca pesan

Grup chat kerap dikeluhkan oleh beberapa pengguna karena meerka tidak bisa mengatahui siapa saja yang telah membaca pesannya. Namun di WhatsApp, masalah ini bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah. Tinggal sentuh dan tahan agak lama pesan yang telah dikirimkan. Setelah itu klik menu info (huruf i) yang akan muncul di layar. Fitur ini akan memperlihatka siapa saja yang sudah membaca pesan yang dikirimkan. 

2. Mengganti admin ke anggota lain

Jika kamu bertindak sebagai admin dalam sebuah grup chat WhatsApp dan ingin keluar dari grup, apa yang harus dilakukan? jika langsung keluar bisa-bisa grup malah terhapus. Namun tenang kini admin grup yang ingin keluar bisa memberikan statusnya kepada anggota lain. Caranya cukup simple kok tinggal masuk ke dalam daftar anggota grup dan pilih salah satu anggota lain untuk menjadi admin grup., dengan cara menekan namanya. 

Setelah nama tertekan akan muncul dua opsi. Salah satu opsi tersebut adalah make group admin yang bisa kamu pilih. Setelah selesai kamu bisa keluar dari grup tersebut tanpa menghilangkan grup chat.

3. Menghapus pesan yang salah kirim

Nah kalau yang ini sebenarnya masuk ke fitur baru WhatsApp, karena sebelumnyabanyak pengguna yang mengeluh dan keberatan saat pesan meerka tidak bisa dihapus. Kini pengguna WhatsApp bisa menghapus pesan yang salah kirim dengan hanya menekan agak lama pesan tersebut danpilih opsi Delete atau Hapus

trik grup chat whatsapp

4. Menghapus grup secara permanen

Jika kamu memiliki grup chat namun sudah sepi dan ingin menghapusnya, maka kamu harus mengikuti angkah yang cukup rumit karena grup tidak bisa langsung dihapus secara permanen. Jika kebetulan kamu adalah admin grup, maka kamu harus mengeluarkan satu persatu anggota grup terlebih dahulu. Setelah anggota habis, maka kamu pun bisa langsung keluar dan grup secara otmatis akan terhapus. Namun cara ini hanya berlaku jika kamu yang menjadi admin grup.

5. Mengganti gambar grup tanpa harus jadi admin

Terkadang admin grup malas untuk mengganti gambar grup atau malah tanpa gambar. Nah jika ini terjadi, kamu bisa kok mengganti gambar grup tanpa harus menjadi admin. Caranya juga mudah, cukup masuk ke dalam grup dan mengetuk subjek atau nama grup di sebelah atas. Ketuk gambar atau icon grup dan pilih opsi yang berbentuk pensil. 

Setelah itu akan muncul pilihan untuk mengambil gamabr. Sampai sini, kamu tinggal memilih gambar atau meotretnya, dan icon grup pun langsung berubah.

6. Mencari topik obrolan

Dengan banyaknya anggota grup dan topik yang dibahas, mencari satu topik obrolan yang pernah diperbincangkan menjadi salah satu hal yang mustahil. Namun kini kamu tetap bisa menemukan topik obrolan dengan fitur Search di grup chat. Caranya adalah dengan memilih menu 3 titik pada bagian atas grup dan klik opsi "Cari" atau "Search". Ketik kata kunci topik obrolan grupmu dan tekan tombol panah atas/bawah yang tertera di samping tb pencarian.

7. Menandai pesan penting di grup chat

Jika kamu pengen menyimpan pesan seperti alamat atau hal penting di dalam grup chat, kamu bisa menandainya dengan cara menekan pesan tersebut hingga muncul pesan bergambar bintang pada bagian atas WhatssApp lalu pilih opsi tersebut. Dan jika kamu ingin mengecek ulang pesan, tinggal masuk ke grup dan tekan menu informasi grup pada bagian kanan atas. Saat kamu menekan pilihan tersebut, maka akan muncul daftar pesan penting yang telah ditandai. Mudah bukan?

trik grup chat whatsapp

8. Membisukan notifikasi

Terkadang dengan banyaknya grup dan anggota yang bergabung membuat obrolan menjadi sangat banyak dan kurang penting. Ketika kita sedang ingin fokus pada sesuatu dan tak ingin diganggu dengan obrolan grup, maka kamu bisa membisukan notifikasi grup chat dengan cara mudah.

Caranya adalah dengan menekan grup yang ingin dimatikan notifikasinya. Lalu pilih opsi gambr speaker yang dicoret. Setelah itu akan muncul pilihan matikan notifikasi. Selanjutnya kamu bisa memilih jangak waktu untuk mematikan notifikasi. Jangka waktu ini berbeda-beda, bisa delapan jam, satu minggu, hingga satu tahun. Selama itu, notifikasi dari grup tersebut tidak akan mampir dan mengganggu aktivitasmu. Namun mematikan notifikasi juga akan langsung menghentikan notifikasi pop-up dari grup tersebut. Jadi jika ingin mengatahui isi pesan grup, kamu harus masuk ke grup chat tersebut.

Selamat mencoba

Sumber: Kompas Tekno

Baca Juga
Sekarang Kamu Bisa Punya Lebih dari 1 WhatsApp di Satu HP, Ini Caranya
Fitur Baru di WhatsApp Ini Dibuat Untuk Menyelamatkan Jutaan Pasangan yang Jatuh Cinta
Sekarang Nggak Bisa Ngeles 'Masih OTW' Dengan Fitur Baru Whatsapp Live Location

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close