Kamis, 15 November 2018

Gokil, Meski Mungil Rumah Ini Ternyata Juga Layak Ditempati dan Nggak Terkesan Kumuh Loh

  • Rosiana
  • 19/12/2017 15:33 WIB
Gokil, Meski Mungil Rumah Ini Ternyata Juga Layak Ditempati dan Nggak Terkesan Kumuh Loh
EPIZONE.ID - Gimana ya rasanya hidup di rumah super mungil? Sebagian besar orang mendambakan memiliki rumah yang besa dengan halaman yang luas. Bahkan beberapaorang menginginkan sebuah rumah dengan pemandangan sungai berair jernih di tengah kota. Namun sayang, impian tersebut mungkin hanya jadi angan-nagan. Karena faktanya, banyak perkotaan yang susah untuk dihuni. Impian ini nggak salah kok. Bahkan sebuah biro arsitek bernama Mizuishi Architect, mewujudkan mimpi banyak orang yang ingin memiliki rumah mungil multifungsi. Dan hasilnya sungguh brilian.

Rumah dengan luas 29 meter persegi ini menjadi salah satu jawaban bagi kaum urban yang memiliki lahan tak terlalu luas. Rumah mungil yang terletak di daeah Suginami, Tokyo ini terlihat begitu mungil dan sesak. Namun hal ini tak berlaku dengan interior di dalam rumah. Tim arsitekberhasil membuat ruah mungil yang nyaman untuk ditinggali. 

Dirangkum dari Dailymail, rumah mungil ini berada di lahan sempit berbentuk segitiga. Tim arsitek berhasil membangun sebuah rumah yang layak ditinggali. Begini penampilan luarnya. 

rumah ungil di jepang

rumah mungil yang layakditinggali di jepang

RUMAH MUNGIL DI LAHAN SEMPIT YANG AYAKUNTUK DITINGGALI

Bangunan unik ini dibangun di ujung jalan buntu, yang disampingnya mengalir sungai dan jalan lain lain di Suginami, Tokyo. Dengan kondisi ini, tim arsitek ditintut untuk membuat bangunan kecil yang fungsional tanpa mengurangi nilai estetikanya. Hasilnya, rumah mungil ini berdiri dengan lahan seadanya tanpa menimbulkan kesan kumuh. 

rumah mungil di lahan sempit yang ayak ditinggali

rumah mungi yang layakuntuk ditinggali

rumah mungil yang layak ditinggali dijepang

Pemanfaatan ruang dan lahan sempit kini menjadi tren di lingkungan arsitek Jepang, dimana lahan pemukiman khususnya di daerah perkotaan Jepang berkurang drastis. Berada di lahan seluas 29 meter persegi, rumah ini memiliki dapur, ruang, tamu, satu kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang bermain anak. Proyek rumah ini sebenarnya ngin memnampilakn pemamanfaatan ruang dan lahan yang ada. Sehingga rumah mungil yang biasanya terkesan kumuh mampu berubah menjadi rumah layak huni. Bahkan rumah yang bisa ditempati oleh keluarga kecil ini memanfaatkan penerangan alami dari sinar matahari yang pastinya hemat energi dan ramah lingkungan. 

rumah mungil di lahan sempit yang layak ditinggali 

rumah mungil di lahan sempit yang ayak untuk ditinggali

rumah mungil di lahan sempit yang layak ditinggali

Tren memanfaatkan ruang dan lahan di jepang ini didorong oleh padatnya populasi penduduk di daerah Suginami. Hingga hari iini, populasi di daerah tersebut mencapai 561.700 orang dengan kepadatan populasi mencapai 16.490 orang per kilometer persegi. Tak ayal kondisi ini memaksa banyak orang untuk melakukan efisiensi lahan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan sempit ini. 

rumah mungil di lahan sempit yang layak ditingali

rumah ungil di lahan sempit yang layak ditinggali

rumah mungildi lhan sempit yang layak ditinggali

rumah mungil di lahan sempit yang layak ditinggali

Dengan luas lahan yang hanya sebesar tempat parkir mobil, namun rumah ini terlihat nyaman untuk ditinggali. Setidaknya rumah mungil ini bisa menampung satu keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu dan satuorang anak. Namun rumah mungil ini mungkin akan menjadi masalah jika keluarga tersebut berniat untuk menambah anggota keluarga. 

Gimana? Berminat membangun rumah kayak gini?


Bonus: Denah rancangan rumah
rancangan denah rumah mungil di lahan sempit di jepang

Baca Juga
6 Bangunan dengan Konstruksi Paling Keren di Dunia, Nomer Satu Ada di Indonesia Loh
Fakta Mengejutkan tentang Gedung Pencakar Langit Berbentuk 'U' yang Bakal Bikin Kamu Melongo
Nggak Nyangka Adolf Hitler Ternyata Berbakat Di Bidang Seni Lukis, Ini Contoh Karya-Karyanya

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close