Rabu, 17 Januari 2018

Jangan Lakukan Hal-hal Ini Selama Berada di Dalam Pesawat

  • Rosiana
  • 20/12/2017 10:01 WIB
Jangan Lakukan Hal-hal Ini Selama Berada di Dalam Pesawat
EPIZONE.ID - Bepregian dalam jangka waktu lama memang terkadang terasa membosankan sekaligus melelahkan. Apalagi perjalanan panjang lintas pulau dan negara yang membutuhkan waktu lama.

Nah bagi kamu yang gemar bepergian dalam waku lama dengan pesawat, para ahli mengungkapkan hal-hal apa saja yang seharusnya tidak dilakukan selama di dalam pesawat untuk menghindarkan dirimu dari kuman dan bakteri dan tetap sehat selama mengudara.

1. Berjalan tanpa alas kaki

Duduk diam dalam waktu lama sering embuat tubuh menjadi pegal. Salah satu cara untuk meluruskannya adalah dengan berjalan atau sekedar pergi ke kamar mandi. Namun beberapa pramugari memperingatkan penumpang untuk selalu menggunakan alas kaki ketika berjalan di dalam pesawat. Ini karena terkadang para pramugari menumpahkan dan menjatuhkan sesuatu ke lantai. Hal ini sangat berbahaya karena bisa saja para pramugari tak sengaja menjatuhkan piring maupun gelas, yang serpihan kacanya belum dibersihkan dengan benar.

Nah seperti kita tahu, serpihan kaca dari gelas dan piring ini terkadang memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat berbahaya jika sampai masuk ke anggota tubuh. Untuk itulah para penumpang dihimbau selalu memakai alas kaki jika ingin keluar dari tempat duduknya.

2. Menghabiskan es batu dalam minuman

Menurut studi yang dilakukan oleh EPA (Environmental Protection Agency) pada tahun 2014 lalu menemukan bahwa dari 327 pasokan air di dalam pesawat, hanya 15 persennya saja yang layak dan melampaui batas standar kesehatan yang ditetapkan. Mereka telah menguji sample dari beebrapa maskapai penerbangan dan hasilnya, ditemukan banyak bakteri dalam air yang disimpan.

3. Duduk diam sepanjang perjalanan

Perjalanan panjang yang memakan waktu lama akan membuat tubuh menjadi kaku. Hal ini juga berlaku apabila kamu menghabiskan seluruh waktu di perjalanan dengan hanya duduk diam. Dalam pesawat, setiap orang beresiko terkena Deep Vein Thrombosis (DVT) yang merupakan salah satu jenis pembekuan darah yang biasanya terbentuk di kaki para penumpang. DVT sering disebut sebagai sindrom kelas ekonomi, karena di kelas inilah, kaki penumpang sulit untuk digerakkan. 

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan berjalan selama beberapa menit untuk meregangkan otot tubuh yang kaku. Jika tidak memungkinkan, Catherine Sonquet Forst, seorang dokter di Stanford University Health Care menganjurkan untuk menggerakkan setiap angggota badan di tempat duduk. Kamu bisa menggerakkan dan mengangkat lutut tepat ke arah dada, dan memutar badan dari sisi satu ke sisi lainnya. 

4. Mematikan ventilasi udara di tempat duduk

Jika kamu kedinginan, jangan langsung menutup, ventilasi udara di tempat dudukmu. Kamu bisa menggunakan selimut tipis atau jaket untuk menutupi anggota tubuh yang kedinginan. Ini karena dokter menyarankan untuk membuka ventilasi udara agar kuman yang dibawa bisa tertiup jauh dari badan. 

5. Memakan makan yang jatuh ke meja baki

Meja baki atau tray table mengandung berbagai macam kuman dan bakteri. Meski terlihat bersih, namun memakan makanan yang jatuh ke meja baki bisa saja sudah terinfeksi berbagai bakteri. Sebuah studi menyatakan bahwa meja baki yang berada di pesawat memiliki kurang lebih 2.155 koloni bakteri per inchi persegi. Bandingkan dengan gagang flus toilet yang hanya memiii 215 bakteri per inchinya. Selain itu, meja baki pesawat yang jarang dibersihkan berpotensi erjangkit bakteri e-coli yang berbhaya bagi kesehatan.

6. Menyenderkan kepal di jendela

Jendela ataudinding pesawat merupakan tempat favorit para penumpang. Selain karena bisa melihat pemandangan luar pesawat, jendela dan dinding juga tempat yang cocok untuk menyenderkan kepala selama perjalanan. Kebiasaan inidilakukan oleh hampir semua orang yang duduk di samping jendela. Namun tahukah kamu berapa orang yang bernapas, bersin bahkan batuk di dinding tersbeut?

Yap dinding yang merupakan tempat favorit penumpang ternyata juga takk luput dari seranan bakteri. Jika kondisi tubuhmu kurang fit, maka disarankan untuk tidak bersender di dinding pesawat selama perjalanan untuk meminimalisir berbagai macam infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

7. Tertidur sebelum pesawat lepas landas

Jika kamu tertidur bahkan sebelum pesawat lepas landas, maka kamu akan sulit menyesuaikan tekanan telinga saat masih berada di darat dengan kondisi tekanan di udara. Hal ini akan lebih mudah diatasi jika kamu mengunah permen karet atau menguap untuk mengurangi suara berdengung pada telinga.

Sumber: Reader's Digest Asia

Baca Juga
Inilah 10 Kota Paling Ramah Bagi Para Pejalan Kaki
7 Jalan Paling Mengerikan di Dunia, Kalo Lewat Sini Pasti Senam Jantung
7 Jalan yang Dianggap Paling Angker di Indonesia, Bikin Orang yang Lewat Sini Komat-Kamit

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close