Rabu, 19 Desember 2018

Mengapa Setiap Negara Mengemudi di Jalur yang Berbeda?

  • Rosiana
  • 21/12/2017 19:31 WIB
Mengapa Setiap Negara Mengemudi di Jalur yang Berbeda?
EPIZONE.ID - Apakah kamu tipe orang yang selalu memperhatikan hal-hal detail saat menonton film? pernah berpikir mengapa dalam film khusunya buatan Hollywood, mereka berkendara di lajur kanan, sedangkan kita dan beberapa negara khususnya Inggris mengemudikan kendaraan di sisi kiri?

Awalnya hampir semua orang bepergian di sisi kiri. Mengutip dari Reader's Digest Asia, pada jaman dahulu, para pejuang dan ksatria yang menggunakan kuda menggunakan tangan kanan untuk memgang pedang dan memukul mundur musuh. Menaiki dan turun dari atas kuda juga lebih muda dari sisi kiri, dan lebih man dilakukan dipinggir jalan daripada di rtengah-tengah. Maka masuk akal jika mereka berkendara (menunggang kuda) di sebelah kiri, ditambah fakta jika 85% manusia di dunia ini dominan beraktivitas dengan tangan kanan.

Mengapa Manusia Dominan Memakai Tangan Kanan? Jawabannya Bakal Bikin Kamu Terpana

Sementara itu di Prancis, Napoleon yang saat itu merupakan Kaisar dan pimpinan tertinggi memerintahkan warganya untuk mengemudi di lajur kanan. Semua ini didasari karena Napoleon sendiri kidal dan lebih nyaman untuk mengemudi di sisi kanan jalan. Sedangkan Inggris sendiri telah mengeluarkan pearaturan untuk berkendara di sisi kiri.

Tentu saja dua peraturan yang tercipta ini saling bertentangan mengingat warga dari dua negara tersebut saling berkaitan, meski juga saling bersaing. Inilah salah satu alasan yang kemudian mendasari kedua negara ini untuk melebarkan pengaruh dan kebiasaan ke setiap negara jajahannya. Inilah mengapa negara-negara bekas jajahan Inggris seperti Australia, Selandia Baru dan India mengemudi di sisi kiri. Sedangkan negara bekas jajahan Prancis seperti Senegal, Algeria, dan Ivory Coast mengemudi di sisi kanan.

Tak hanya itu, alasan mengapa banyak negara yang lebih memilih berkendara di sisi kanan karena pengaruh dari Henry Ford. Ketika ia mengeluarkan tipe mobil T pada tahun 1908. Mobil tersebut dirancang dengan kursi pengemudi di sebelah kiri, yang berarti mobil lebih baikdikemudikan di sisi kanan untuk memudahkan penumpang masuk dan keluar dari mobil. 

Inilah mengapa beberapa negara kemudian mengubah arah berkendara mereka. Negara seperti Kanada, Italia dan Spanyol mengubah lajur berkendara mereka ke sisi kanan. Sedangkan negara-negara Eropa Timur mengikuti pada tahun 1930 an. Negara lain yakni Swedia juga mulai mengubah lajur berkendara mereka pada tahun 1967 yang mengakibatkan kebingungan besar di awal-awal perubahan.

Baca Juga
10 Mobil Kuno Ini Bakal Bikin Kamu Ngiler
Inilah 10 Kota Paling Ramah Bagi Para Pejalan Kaki
Mengapa Bodyguard Selalu Memakai Kacamata Hitam? Ini Jawabannya

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close