Sabtu, 20 Januari 2018

Inilah Daftar Smartphone yang Tak Lagi Bisa Gunakan Layanan WhatsApp

  • Rosiana
  • 27/12/2017 10:25 WIB
Inilah Daftar Smartphone yang Tak Lagi Bisa Gunakan Layanan WhatsApp
EPIZONE.ID - Kabar mengejutkan datang dari aplikasi berbalas pesan yang paling populer saat ini, WhatsApp. Aplikasi chatting terbesar ini baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan aplikasinya pada beberapa tipe ponsel keluaran lama. Penghentian layanan tersebut akan dilakukan per tanggal 31 Desember 2017. Kabar penghentian layanan pada beberapa tipe ponsel dan sistem operasi tersebut sebenarnya sudah berhembus dari tahun 2016. Namun pihak WhatsApp masih memberikan kelonggaran hingga tahun 2017.

Pihak WhatsApp beralasan, perkembangan telepon seluler yang sangat pesat sehingga mau tak mau perusahaan juga harus menyesuaikan diri untuk menghadapinya. Pihak WhatsApp juga mengatakan bahwa mereka memberikan perhatian yang lebih besar pada patform yang lebih banyak digunakan orang-orang saat ini. Selain itu mereka juga lebih memprioritaskan sumber daya untuk platform yang banyak dipakai saat ini.

Beberapa ponsel yang tak lagi bisa menikmati fitur penuh WhatsApp adalah:

1. Ponsel dengan sistem operasi Blackberry OS dan Blackberry 10. Ini beraryi WhatsApp sudah tidak lagi memberikan pembaruan atau membenahi fitur jika ditemukan bug atau cacat dalam aplikasi tersebut. 

2. Sistem operasi Windows 8.0 dan versi ponsel Windows yang lebih tua dari ini. Contohnya ponsel Nokia Lumia 820, Nokia Lumia 520, Lumia 80 dan 710. Selain ponsel Windows sistem operasi Symbian untuk ponsel Nokia S40 juga termasuk dalam daftar ponsel yang tidak akan mendapat pembaharuan dari WhatsApp. Namun khusus tipe ponsel Nokia S40 ini, WhatsAp masih memberi tenggat waktu hingga 31 Desember 2018, seperti dikutip dari Kompas Tekno.

3. Sistem operasi Android seri lawas. Android dengan seri lawas seperti Android Cupcake, Donut, Eclair, Froyo dan Gingerbread. Sistem operasi minimal yang masih bisa digunakan untuk ponsel tipe android adalah versi Android Honeycomb ke atas. 

Pencabutan dukungan dan layanan tersebut bukan berarti aplikasi ini tak lagi bisa dipakai. Pihak WhatsApp mengingatkan bahwa sejumlah fitur dan layanan aplikasi yang tak lagi bisa digunakan. Singkatnya jika kamu pengguna salah satu sistem operasi diatas dan sangat mengandalkan WhatsApp, maka sudah saatnya untuk meng-upgrade dengan versi yang lebih baru. Beberapa tipe ponsel android bahkan menyediakan fasilitas pembaruan sistem operasi secara gratis yang bisa diunduh dan install sendiri.


  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close