Rabu, 17 Januari 2018

Sikap Buruk yang Membuat Resolusi Tahun Baru Tak Pernah Terlaksana

  • Rosiana
  • 29/12/2017 10:44 WIB
Sikap Buruk yang Membuat Resolusi Tahun Baru Tak Pernah Terlaksana
 EPIZONE.ID - Tahun baru sudah dekat, apa sih yang biasanya dilakukan orang-orang saat tahun baru? Meniup terompet? Merayakanannya di jalanan? Atau merancang resolusi baru? Dari beragam aktivitas yang dilakukan, merancang resolusi merupakan salah satu aktivitas 'wajib' yang hampir dilakukan semua orang.

Namun resolusi yang digembar-gemborkan di awal tahun sering kali hanya menjadi omong kosong ketika tahun baru datang kembali. Daaan bisa dipastikan resolusi tersebut hanya menjadi angan belaka alias gagal dilaksanakan. Resolusi-resolusi tersebut gagal diwujudkan akibat beberapa alasan seperti yang dilansir dari laman Kompas berikut ini:

1. Tidak melakukan refleksi 

Banyak orang membuat resolusi namun sedikit yang melakukan refleksi. Ketika seseorang melakukan refleksi tentang apa yang terjadi selama satu tahun ke belakang agar tak terlena dan membuat reolusi yang mungkin tak akan terwujud di tahun mendatang. Melakukan evaluasi atas kinerja selama setahun akan membantumu menentukan resolusi yang pas dan cocok agar bisa terwujud di tahun mendatang. Refleksi diri selama satu tahun terakhir ini berguna untuk membuatmu tidak terlena dengan kesuksesan yang mungkin telah didapatkan selama setahun ini.

2. Lupa menentukan tujuan

Setiap resolusi pasti memiliki tujuan. Nah salah satu hal yang membuat resolusi terlupakan dan gagal di akhir tahun adalah karena banyak yang lupa untuk menentukan tujuan resolusi tersebut. Oleh karena itu penting untuk menentukan tujuan jangka panjang dan pendek dari resolusi yang telah kamu buat. Ini berujuan agar resolusimu memiliki goal yang jelas dan membuat dirimu lebih termotivasi untuk melakukannya. 

3. Kerja di waktu libur

Beberapa orang memiliki semangat dan keinginan yang besar untuk segera menyelesaikan pekerjaannya meski di hari libur sekalipun. Bahkan ada beebrapa orang yang memamnfaatkan waktu libur untuk bekerja. Sikap seperti ini sering disebut dengan workaholic, dimana seseorang keranjingan untuk bekerja tanpa henti. 

Sikap ini sebenarnya patut diacungi jempol karena selain sikap dan semangatnya, orang-orang ini juga memiliki dedikasi yang tinggi. Namun bekerja di hari libur ternyata juga berpengaruh pada kegagalan resolusimu sepanjang tahun. Menurut Ryan Kahl, paltih karir dan peneliti dari 'The Hired Group', mengatakan orang-orang yang jauh dari kesuksesan biasanya tetap bekerja di waktu libur.

Momen liburan seharusnya digunakan untuk menyegarkan pikiran agar lebih fresh ketika harus kembali bekerja. Jika kamu orang yang sering memanfaatkan momen liburan untuk bekerja, maka ketika tiba saatnya masuk kerja, pikiran jadi tak fokus dan keinginann untuk libur semakin besar. Akibatnya produktivitas akan turun dan beban kerja terasa semakin berat.

Tips Agar Resolusi Masih Bisa Terwujud Meski Sudah Pertengahan Tahun

4. Terjerat gadget

Jeratan gadget memang sangat berbahaya apalagi jika kita terus menerus bergantung. Jangan sampai gadget malah menjadi batu sandunganmu ketika sedang mewujudkan resolusi. ketergantungan dan kecanduan akan gadget akan membuat seseorang akan membuat pikiran dan konsentrasi pecah. Akibatnya fokus dan tujuan mengenai resolusi yang sedang diperjuangkan menjadi sia-sia. 

5. Tidak menjaga hubungan baik

HUbungan baik dengan orang-orang tersayang atau teman dan rekan kerja merupakan salah satu hal yang perlu dijaga. Tidakmenjaga hubungan baik denganorang-orang di sekitar kita akan membuat masalah datang. Dampaknya adalah orang-orang terdekat tersebut tidak lagi bisa membantu reolusi yang kita canangkan di awal tahun.

Bayangkan jika kamu punya resolusi untuk move on di tahun depan. BDengan bantuan orang-orang terdekat, kamu pun mungkin bisa mewujudkan resolusi tersebut. Namun bayangkan jika hubungan baik dengan orang-orang tersebut rusak bahkan kamu sendiri yang tidak bisa menjaga hubungan tersebut, maka bisa dipastkan kamu akan berjalan sendiri saat mewujudkan resolusi tahun ini. 

6. Tidak mengucapkan terimakasih

Maaf, tolong dan terimakasih merupakan tiga kata keramat yang harus bisa dilakukan oleh setiap orang. Ketiga kata tersebut memiliki arti dan makan yang sangat penting apalagi untuk memeperbaiki dan menjaga hubungan agar lebih erat. Seseorang yang enggan mengucapkan ketiga kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari akan dicap sebagai orang yang angkuh dan arogan.

Rasa syukur yang ditunjukkan dengan kata terimakasih merupakan hal yang penting untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Orang sukses tidak pernah melupakan setiap bantuan dalam mencpai tujuan hidup. begitu pula dengan resolusi. Ketika salah satu resolusimu tercapai, disitu pasti ada pihak-pihak yang telah berjasa dalam membantumu untuk mewujudkannya. Oleh karena itu penting bagi setiap orang untuk terus menunjukkan rasa syukurnya dengan berterimakasih kepada orang-orang yang telah berjasa tersebut.

Baca Juga
Tak Perlu Ribet Diet, Nonton Film Horor Ternyata Juga Bisa Bakar Kalori
Inilah Penyebab Mengapa Hoax Mudah Sekali Tersebar
Ngeri, Penduduk Suku Ini Tak Akan Segan Untuk Membunuh Setiap Orang yang Berani Masuk Wilayah Mereka

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close