Minggu, 16 Desember 2018

Unik, Kartu Ucapan Tahun Baru Ini Dibuat Seukuran Virus Polio

  • Rosiana
  • 02/01/2018 15:45 WIB
Unik, Kartu Ucapan Tahun Baru Ini Dibuat Seukuran Virus Polio
EPIZONE.ID - Ada-ada aja tingkah orang-orang di tahunbaru ini. Alih-alih mengucapkantahun baru dengan kartu ucapan biasa, seorang peneliti Indonesia membuat kartu ucapan tahun baru terkecil seukuran virus polio. Dikutip dari laman Kompas, kartu ucapan tahun baru terkecil itu memiliki ukuran hanya 25 mikrometer.

Kartu ucapan ini dibuat oleh para sekelompok tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian (Puslit) di Laboratorium Focused Ion Bem (FIB). Pembuatan kartu ucapan ini menggunakan proses engraving atau ukiran diatas material wafer silikon. Metode tersebut memanfaatkan energi yang dihasilkan dari tembakan iom galium yang dihasilkan. 

Alat yang digunakan pun bukan alat sembarangan dan hanya satu-satunya di Indonesia. Alat ini bernama Dual-Beam FIB. Para peneliti sendiri berfokus untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan. Pembuatan kartu ucapan ini juga menjadi salah satu agenda untuk mengenalkan teknologi terbaru kepada masyarakat dengan cara yang unik. Dengan adanya teknologi ini diharapkan kualitas penelitian dan pendidikan terus meningkat dan tidak kalah dengan negara-negara lainnya. 

Sebelumnya, pembuatan kartu ucapan dengan ukuran terkecil ini pernah dilakukan oleh sekelompok peneiti dari Inggris. Peneliti dari National Physial Laboratory ini membuat sebuah kartu ucapan Natal dengan ukuran 15 x 20 mikrometer atau 1/200 dari ukuran perangko. Dengan teknik yang sama, kartu Natal ini juga menjadi kartu ucapan terkecil di dunia.

Baca Juga
Ponsel Mini Ini Punya Ukuran Hanya Sebesar Ibu Jari Tangan Aja, Gimana Pakainya ya?
Ini Nih Smartphone Tertua Di Dunia yang Muncul 15 Tahun Sebelum Iphone
Biar Hemat Waktu, Googling Cepat dan Tepat Dengan Trik Ini

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close