Jumat, 22 Juni 2018

Millenials, Ketahui 10 Bahasa Tubuh yang Sebaiknya Kamu Hindari

  • Rosiana
  • 04/01/2018 15:39 WIB
Millenials, Ketahui 10 Bahasa Tubuh yang Sebaiknya Kamu Hindari
EPIZONE.ID - Bahasa tubuh merupakan salah satu hal penting ketika kita bertemu dengan seseorang. Bahasa tubuh juga bagian penting dari komunikasi yang bisa menunjukkan reaksi dan ketertarikan seseroang terhadap sesuatu. Terkadang hanya dengan melihat gerakan dan bahasa tubuh, seseorang bisa mengerti apa yang sebenarnya kita rasakan. 

Jika ucapan ibarat pakaian, maka bahasa tubuh merupakan aksesori yang menambah cantik penampilan. Nah inilah mengapa bahasa tubuh seseorang juga perlu dijaga, apakagi buat kamu para millenial yang sedang berjuang untuk membentuk karakter. Bahasa tubuh yang baik, nantinya mampu membantumu dalam berbagai kesempatan. 

Selain bahasa tubuh yang baik ada beberapa gerakan tubuh yang seharusnya juga dihindari, apa saja?

1. Menyilangkan lengan

Dalam sebuah pertemuan, menyilangkan lengan menandakan bahwa kamu sedang bosan dengan topik atau pertemuan tersebut. Banyak juga orang yang menyilangkan lengan hanya karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tangannya. Terkadang kita secara tak sadar juga sering menyilangkan lengan ketika merasa bosan. Tentunya bahasa tubuh ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan ketika kamu sedang berada di dalam sebuah pertemuan penting. 

Melansir dari laman Kompas Lifestyle, ketika seseroang menyilangkan tangan mereka, maka lawan bicara akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya disembunyikan dibalik lengan tersebut. Nah untuk menghindari hal ini, menjaga tangan dalam jangkauan pandang merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. 

2. Menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh wajah saat sedang dalam pembicaraan akan mengganggu konsentrasi lawan bicara. Terlalu sering menyentuh wajah juga membuatmu terlihat tidakpercaya diri dan gugup. Selain itu, menyentuh wajah dengan tangan kosong dapat menyebabkan tumbuhnya berbagi masalah kult dan jerawat, karena tangan yang penuh dengan bakteri. Untuk itu perlu untuk menjaga tangan jauh dari wajah.

3. Tatapan kosong dan tidak melakukan kontak mata

Biasanya jika kita sudah merasa bosan dengan lawan bicara, maka mata akan langsung membayangkan hal-hal lain dan tidak fokus dengan apa yang sedang dibicarakan. Nah jika kamu sedang dalam pertemuan penting usahakan untuk menjaga tatapan mata terlihat fokus meski kamu sedang bosan sekalipun. 

Tatapan mata yang kosong akan membuat lawan bicaramu menganggap bahwa kamu tidak menghargainya. Jika kamu merasa bosan, usahakan untuk tetap menatap wjah dan mata lawan bicara dan pikirkan topik lain yang bisa kamu sampaikan. Di sisi lain, menghindari kontak mata juga akan meninggalkan kesan jijik dan kurang percaya diri. 

4. Menguap

Menguap merupakan salah satu tanda kamu merasa bosan, lelah atau kurang tertarik dengan topik obrolan. Jika kamu tak sengaja menguap di tengah-tengah pembicaraan maak si lawan bicara akan menganggapmu sebaga iorang yangkrang sopan. Maka jika kamu sudah merasa mengantuk atau bosan, kamu bisa ijin sebentar untuk ke kamar mandi dan membasuh muka. Sempatkan juga untuk memakan permen pedas atau permen beraroma mint untuk mencegah kantuk datang.

5. Membungkuk

Sama seperti bahasa tubuh yang tidak mau melakukan kontak mata, membungkuk mengindikasikan bahwa kamu adalah orang yang kurang percaya diri. Gerakan tubuh ini juga kurang sehat dan berbahaya bagi tulang belakang. Selain itu, membungkuk juga akan membuatmu terlihat tidak bergairah dankrang semangat. Nah mulai saat ini usahakan untuk selalu berdiri tegak dan tunjukkan rasa percaya dirimu. Nggak mau kan bungkuk di usia muda? 

6. Mengepalkan tangan

Jika kamu perhatikan, mengepa merupakan salah satu tanda bahwa seseorang sedang merasa marah atau frutasi. Jika kamu ingin meninggalkan kesan baik selama pertemuan, usahakan untuk tidak mengepalkan tangan selama obrolan. 

7. Lupa senyum

Masih ingat dengan peribahasa "senyum adalah ibadah"?. Peribahasa ini agaknya benar, karena denagn tersenyum, kamu bisa menularkan energi positif ke orang lain. Bayangkan jika selama obrolan kamu tidak menampakkan senyumke lawan bicara, maka lawan bicaramu akan merasa bahwa kamu kurang menyukainya.

Nggak cuma itu aja loh, dengan senyum kamu juga menunjukan sikap keterbukaan, semangat dan kehangatan. Itulah mengapa tersenyum sangat dianjurkan oleh banyak orang. Selain sebagai obat hati yang manjur, senyum juga mampu ditularkan kepada orang lain.
 
8. Berjalan dengan kaki diseret

Sering berjalan dengan cara diseret? Jika kamu salah satu orang yang berjalan dengan cara ini, sudah saatnya untuk mengubah caramuberjalan. Sudah lama diketahui jika cara berjalan ini membuat seseorang sering dipandang sebelah mata. Cara berjalan ini juga mengindikasikan seseorang merasa rendah diri. Meski belum tentu benar, nggak ada salahnya kan perbaiki cara berjalanmu sekarang juga. 

Menurut laporan dari BBC, perampok pun juga menentukan targetnya dari cara berjalan seseorang. Penjahat cenderung akan menghindariorang-orang yang berjalan dengan rasa percaya diri. Memang sih susah untuk mengubah cara ebrjalan yang sudah jadi kebiasaan, namun nggakada salahnya untukmemerbaiki agar kamu terlihat lebih percaya diri. 

9. Fidgetting

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sering melakukan hal ini. Fidgetting merupakan gerakan kecil yang dilakukan secara berulang-ulang. Dan biasanya kita menggerakkan tangan atau kaki secara tidak sadar. Fidgetting ni merupakan salah satu respon dari kecemasan seperti memutar-mutar kunci, mengetuk meja dengan jari berulang-ulang atau menyentuh rambuh dengan tangan secara berkala. 

Tentu saja jika dilakukan terlalu sering, gerakan ini akan mengganggu. Meskisulit, namun kebiasaan ini b isa dihilangkan. Salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan fidgeting adaalh dengan memainkan stress ball ketikakamu sedang merasa cemas atau gugup. 
 
10. Melakukan gerakan tangan berlebihan saat bicara

Pernah menemui orang seperti ini? mereka biasanya melakukan gerakan tangan yang berlebihan ketika berbicara. Selain mengganggu, gerakan ini juga akan membuat lawan bicara semakin merasa tidak nyaman. 

Baca Juga
Meski Tanpa Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup Loh
Ini Nih Manfaat Musik Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu
7 Reaksi Tubuh yang Sering Kamu Alami Ini Ternyata Bagian dari Mekanisme Perlindungan Tubuh

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close