Rabu, 17 Januari 2018

6 Kisah yang Menginspirasi Pembuatan Film Horor Hollywood

  • Rosiana
  • 05/01/2018 10:55 WIB
6 Kisah yang Menginspirasi Pembuatan Film Horor Hollywood
EPIZONE.ID - Film merupakan salah satu sarana hiburan murah yang mudah dinikmati. Menonton film juga dapat mengurangi stress akibat beban aktivitas yang berlebihan. Dengan banyaknya genre film yang ditawarkan, tentunya banyak pilihan yang bisa kita nikmati. Salah satunya adalah film horor. Film yang mampu memacu kinerja jantung ini menjadi salah satu genre yang sangat dinikmati para pecinta film.

Sumber ceritapun juga bervariasai. Ada yang murni hasil dari imajinasi maupun terispirasi dari kisah nyata. Entah itu cerita rumah berhantu, atau kisah dari mimpi buruk seseorang, nyatanya film horor memang masih mendapat tempat di hati para penonton. Meski begitu banyak orang yang masih mempertanyakan kabar tersebut. Mereka beranggapan bahwa bumbu-bumbu "kisah nyata" dalam film hanyalah gimmick yang dilakukan sebagai salah satu strategi promosi. Namun meski begitu, masih banyak pula orang yang menganggap hal tersebut bukan hanya bagian dari promosi film.

Dari sekian banyak film yang dilabeli dari kisah nyata, berikut enam judul yang diyakini memang diangkat dari kisah nyata, dirangkum dari Highsnobiety

1. The Amityville Horror (1979)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, The Amityville


Film ini menceritakan tentang kisah satu keluarga yang baru saja pindah ke sebuah rumah lama di daerah Long Island, New York. Tanpa diketahui, rumah tersebut dulunya merupakan tempat pembunuhan sebuah keluarga. Keluarga tersebut kemudian mulai merasakan berbagai gangguan yang diyakini sebagai "penghuni" rumah tersebut. 

Kisah terkenal The Amityvile ini terinspirasi dari sebuah buku berjudul sama. Buku tersebut menceritakan kisah Robert J. DeFeo Jr, pria yang membunuh seluruh keluarganya pada 13 November 1973. Sama seperti yang dikisahkan di dalam film, keluarga lain yang sempat pindah ke rumah tersebut merasakan perasaan aneh dan berbagai gangguan. Keluarga terakhir yang menempati akhirnya memutuskan untuk keluar tanpa membawa baran-barang mereka dari rumah tersebut, setelah menempatinya selama 28 hari.

2. Dead Ringers (1988)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, Dead Ringers


Film horor thriller ini merupakan salah satu film dengan gambar yang memukau pada jamannya. Dengan lihai, aktor Jeremy Iron memainkan peran 2 orang saudara kembar, Elliot dan Beverly Mantle yang berprofesi sebagai dokter kandungan yang sukses. Meski kembar keduaorang ini memiliki sifat yang bertolak belakang. Elliot memiliki kebiasaan untuk menggoda dan meniduri pasiennya dan biasanya ketika ia bosan, ia akan mencampakkan pasiennya ke saudara kembarnya.

Film ini menceritakan gangguan mental yang diderita dua saudara kembar ini. Kisah mereka sebenarnya terinspirasi dari kehidupan dua orang dokter ginekolog di New York Hospital - Cornell Medical Center, Stewart dan Cyrill Marcus. Kehidupan sempurna mereka sebagai doktr mulai terkikis akibat masalah mental yang diderita.

Tak Perlu Ribet Diet, Nonton Film Horor Ternyata Juga Bisa Bakar Kalori

3. The Conjuring (2013)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, The Conjuring


Bagi kalian para millenial, film ini pasti menjadi salah satu film terseram yang pernah ditonton. Yap, seperti yang kita tahu, film ini juga digembar-gemborkan menjadi salah satu film yang sukses diangkat dari kisah nyata. Sama seperti The Amityville, The Conjuring juga menceritakan kisah satu keluarga yanhg baru saja pindah ke sebuah daerah urban Amerika. Dalam kehidupan barunya, keluarga ini mengalami bermacam gangguan dan teror dari penghuni rumah tersebut, yang kemudian memanggil Ed dan Lorraine Warrens. Pasangan suamiistri ini merupakan pengusir setan terkenal pada waktu itu.

Tokoh Ed dan Lorraine Warren memang ada di dunia nyata. Salah satu kisah terkenal mereka mengenai keluarga Perron akhirnya diangkat menjadi judul film. Bahkan salah satu anggota keluarga Perron mengungkapkan bahwa keluarganya memang pernah mengalami hal-hal yang digambarkan di dalam film. Terlepas dari banyaknya kontroversi keaslian cerita, sinematografi dan latar yang ditawarkan dalam film ini cukup menarik untuk dinikmati. Bahkan sang sutradara berhasil membuat penonton ketakutan akibat dari beberapa jumpscare scene yang ada di film ini. 

4. The Exorcist (1973)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, the Exorcist


The Exorcist merupakan film yang sangat berpengaruh bagi industri film horor. Film dan buku The Exorcist diangkat dari sebuah kisah yang dialami oleh Ronald Doe yang dinyatakan kerasukan pada tahun 1940-an. Setelah itu, hal-hal mistis mulai bermunculan di rumah tersebut. berbagai cara dilakukan oleh keluarga untuk menyembuhkan Doe. Bahkan hingga melakukan 30 upaya pengusiran setan. Berkali-kali upaya keluarga tersebut gagal hingga akhirnya Doe dinyatakan terbebas dari ikatan setan. 

5. A Nightmare on Elm Street (1984)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, A nightmare on elm street


Film arahan sutradara Wes Craven ini bercerita tentang sebuah lingkungan yang diteror oleh arwah Freddy Krueger yang ingin membalas dendam. Ia kemudian meneror anak-anak di lingkungan tersebut hingga mereka takut memejamkan mata. Ketika salah satu orang tertidur, maka Freddy tak segan-segan untuk membunuh mereka dalam tidurnya. 

Kisah ini sebenarnya terinspirasi dari kisah nyata sebuah keluarga pengungsi dari Kamboja. Ketika negara mereka bergejolak, keluarga ini memilih untuk mencari suaka ke Amerika. Namun di tengah kehidupan baru mereka, sang anak laki-laki keluarga tersebut merasa diteror ketika tidur. Ia mengungkapkan kepada orang tuanya bahwa ia merasa sangat ketakutan dan selalu mengalami mimpi buruk ketika tidur. 

Dia selalu mengatakan kepada orang tuanya bahwa ia terlalu takut untuk tidur dan seseorang yang selalu menerornya akan datang untuk menangkapnya. Setelah berhari-hari trjaga, anak tersebut pun akhirnya terlelap. Ketika orang tua si anak tersebut merasa bahwa masalahnya selesai, mereka mendengar jeritan dan anak tersebut pun meninggal dalam tidurnya. 

The Los Angeles Times bahkan menulis sebuah artikel mengenai fenomena ini. Surat kabar ini memberitakan bahwa 104 pria dengan rata-rata usia 33 tahun meninggal dalam tidurnya. Melansir dari artikel tersebut, Centers of Disease Control mulai melacak fenomena misterius yang terjadi pada 104 imigran laki-laki dan satu orang perempuan dari Kamboja, Vietnam dan Laos tersebut.

Sekitar 98% kematian bahkan terjadi antara rentang waktu jam 10 malam hingga 8 pagi. Mereka awalnya dinyatakan sehat sebelum mendapatkan ijin dari imigrasi. Namun kematian mendadak dari para imigran ini memunculkan banyak pertanyaan dan spekulasi. Cerita inilah yang kemudian menjadi garis besar film A Nightmare on Elm Street.

6. The Hills Have Eyes (1977)

kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatan film horor, The Hills Have Eyes


Satu lagi film horor besutan Wes Craven yang terinspirasi dari kisah nyata. The Hills Have Eyes merupakan film yang menceritakan tentang sebuah keluarga besar yang bepergian dari Ohio ke Los Angeles. Dalam perjalanan, mobil yang mereka tumpangi bermasalah dan memaksa keluarga tersebut untuk berurusan dengan penduduk sekitar yang ternyata memiliki ketertarikan aneh terhadap daging manusia.

Film ini terinspirasi dari kisah keluarga Sawney Beane yang pernah ia baca di New York Public Library. Keluarga ini dipercaya merupakan salah satu keluarga kanibal yang menurut legenda membunuh dan memakan labih dari 1.000 orang dalam 25 tahun. Melansir dari BBC, menurut cerita yang beredar, keluarga Sawney Bean menculik dan membunuh setiap turis yang datang.

Menurut kepercayaan banyak orang, keluarga ini tinggal di dalam gua dan mengisolasi dirinya dari dunia luar. Kisah ini telah beredar dan diceritakan secara turun temurn dan menjadi salah satu atrksi turis di Skotlandia. Namun hingga saat ini belum ada bukti yang menguatkan dugaan bahwa pernah ada keluarga seperti Sawney Beane yang melakukan hal ini. 

Baca Juga
Abrakadabra! Lihat Nih Wajah Cakep di Balik Sosok Seram di Film Horor
Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Orang Membenci Film Horor
Film 'It', Bangkitkan Kembali Tren Badut Horor

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close