Rabu, 17 Januari 2018

Kebanyakan Duduk? Lakukan Gerakan Simple Ini Untuk Kurangi Resikonya

  • Rosiana
  • 05/01/2018 14:34 WIB
Kebanyakan Duduk? Lakukan Gerakan Simple Ini Untuk Kurangi Resikonya
EPIZONE.ID - Duduk terlalu laam kini jadi aktivitas rutin yang selalu dilakukan. Tak hanya pekerja kantoran, anak muda dan sekolah pun kini menghabiskan waktu mereka duduk diam menghadap gadget. Rata-rata manusia modern menghasbiskan waktu hingga 10 jam uberaktivitas dalam kondisi duduk. Kebiasaan ini tentu menarik banyak penyakit datang. Maka tak heran kini banyak bermunculan berbagai progam dan tempat olahraga yang menyasar generasi millenial.

Melansir dari Lifehack, Duduk terlalu lama berakibat pada meningkatnya resiko penambahan berat badan. Ini karena sel lemak dalam tubuh akan membesar seiring dengan tekanan yang diterima. Semakin lama duduk, maka tekanan terhadap sel lemak semakin banyak dan mengakibatkan membesarnya sel lemak sebesar 50%.

Untungnya ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko obesitas karena terlalu banyak duduk. Sebuah penelitian medis yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine, menyarankan para pekerja dan orang-orang yang beraktivitas dalam duduk untuk berdiri dan bergerak selama minimal 2 jam di hari kerja. 

Untuk beberapa orang cara tersebut mungkin terdengar mudah, namun bagi sebagian orang yang terkungkung dalam kantor dan sekolah seharian, berdiri dan bergerak selama minimal 2 jam merupakan hal yang hampir mustahil. Maka dari itu, ada cara lain yang bisa dilakukan agar tubuh tetap mendapatkan haknya untuk meregangkan otot, dengan gerakan simple ini:

1. Fidgetting

gerakan simple yang bisa membantu mengurangi resiko akibat terlalu lama duduk


Fidgetting merupakan gerakan kecil yang sering diulang-ulang. Nah untuk mengurangi resiko penumpukan lemak akibat dari terlalu banyak duduk, kamu bisa melakukan aktivitas ini. Fidgetting sering diasosikan sebagai tanda bahwa seseorang sedang gelisah atau cemas. Namun sebuah studi di Inggris yang meneliti 12.000 wanita, menyebutkan bahwa ada hubungan antara fidgetting dan tingkat kematian. Pada dasarnya semakin sering gelisah seseorang maka semakin rendah pula ia menghadapi resiko kematian.

Aktivitas in sebenarnya cukup mudah dilakukan, cukup dengan melakukan gerakan atau peregangan di tempat duduk saja. Kamu juga bisa berdiri dari tempat duduk dan berjalan-jalan di sekitar. Cara ini cukup mudah dilakukan. Lakukan sesering mungkin ketika tubuh sudah merasa berat. 

Nah jika kamu khawatir melakukan gerakan atau berjalan-jalan akan memakan waktu dan mengurangi produktivitas, rileks, karena ternyata fidgetting juga mampu meningkatkan kreativitas ketika otak sudah terlalu lelah untuk mencari ide. Jeda dalam bekerja sebenarnya malah sangat dibutuhkan untuk memberi waktu istirahat sejenak bagi otak. Jika pikiran kembali fresh, maka bukan tak mungkin kerjaan akan langsung selesai kan? So, jangan khawatir untuk memprioritaskan kesehatan diatas kerjaan

2. Pertahankan kebiasaan

gerakan simple yang bisa mengurangi resiko akibat terlalu lama duduk


Upayakan bahwa kamu akan melakukan gerakan atau setidaknya berpindah tempat setiap 20 menit sekali. Ini penting sebab ketika kita sudah larut dalam aktivtas, banyak hal yang terlupakan. Jika belum terbiasa,kamu bisa menyetel pengingat atau alarm pada ponsel. Cara ini ampuh untuk mengingatkanmu agar lebih banyak melakukan gerakan selama duduk. 

Selain berjalan-jalan kamu bisa kok mengatur kembali posisi duduk, meregangkan leher dan tangan atau sekedar membungkuk untuk meluruskan punggung. Semakin banyak kamu bergerak, maka semakin baik untuk tubuh. Perlu diingat bahwa tubuh manusia perlu untuk bergerak. Sebagai makhluk hidup sudah sewajarnya kita bergerak. Selalu berusaha untuk bergerak setiap ada kesempatan membantu mempertahankan bentuk sel lemak sehingga bobot tubuh bisa terus terjaga.

Baca Juga
Terlalu Banyak Duduk Saat Belajar? Ini Akibat Dan Cara Menghindarinya
Ini Dia Keuntungan Duduk di Kursi Belakang Pesawat
Buat Anak Magang, Hindari 6 Kesalahan Ini Selama di Tempat Kerja

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close