Rabu, 17 Januari 2018

Dengan Cara Jitu Ini, Matematika Bukan Momok Lagi

  • Rosiana
  • 08/01/2018 11:16 WIB
Dengan Cara Jitu Ini, Matematika Bukan Momok Lagi
EPIZONE.ID - Matematika emang kadang ngeselin. Mata pelajaran yang penuh hitungan ini menjadi momok menakutkan bagi sebagian pelajar. Padahal tanpa kita sadari lingkungan sekitar kita dipenuhi dengan matematika. Dari yang paling mudah hingga perhitungan matematika yang sangat rumit. 

Matematika nggak perlu jadi penghalang kok, jika kamu paham tips dan trik belajarnya, matematika bisa jadi salah satu mapel favoritmu. Matematika merupakan ilmu dasar yang nyatanya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Matematika awalnya muncul di peradaban kuno Mesopotamia, Mesir Kuno dan Yunani Kuno.

Dari berbagai peradaban inilah muncul banyak rumus dan perhitungan yang masih digunakan bahkan menjadi landasan ilmu hingga saat ini. Salah satu yang terkenal adalah ilmu ukur Phytagoras yang berasal dari Yunani. Namun pernyataan ini agaknya perlu dipertanyakan karena akhirnya para ilmuwan menemukan sebuah bukti bahwa perhitungan phytagoras telah digunakan sejak jaman Babilonia.

Hanya saja banyak yang masih beranggapan bahwa matematika tidak terlalu dibutuhkan di kehidupan nyata. Bagi sebagian besar orang, mungkin hal tersebut memang benar, Kita mungkin masih bisa hidup dengan perhitungan matematika sederhana seperti tambah kurang kali dan bagi. Namun buat kamu yang ingin mewujudkan cita-cita khususnya di bidang ilmu eksak, maka matematika wajib hukumnya untuk dipelajari. 

Matematika bukan sekedar hitung menghitung dengan rumus doang loh, matematika ternyata juga merupakan sebuah pola. Contohnya nih dengan perhitungan yang pas, kamu bisa menjahit baju yang sesuai dengan ukuran badan. Coba perhitungan matematikamu keliru, yang ada baju yang kamu gunakan akan kekecilan atau kebesaran di badanmu.

Nah dengan banyaknya fungsi matematika di kehidupan, maka tentu saja matematika selalu menjadi mata pelajaran wajib yang selalu ada di setiap tingkat pendidikan. Buat kamu yang pengen belajar matematika, maka pahami dulu tips dan trik yang bisa kamu gunakan. 

5 Strategi Jitu Buat Naikkin Nilai Matematika

1. Pelajari cara membaca matematika

Matematika ada di setiap lini kehidupan kita. Nggak percaya? Coba perhatikan kalimat ini:

"Pada suatu pertemuan seseorang membutuhkan 5 kilo apel sebagai bahan pembuat makanan penutup. Masalahnya adalah ia tak tahu harga apel di pasaran. Yang ia tahu 2 kilo apel dan 3 kilo jeruk sama dengan 45 ribu. "

Nah dengan matematika, persoalan ini bisa langsung terjawab. Cukup tempatkan apel dan jeruk dalam sebuah persamaan seperti:

2a + 3j = 45.000

Nah gampang kan? Jika kamu pernah mempelajari materi persamaan saat masih duduk di bangku SMP, maka persoalan tentang harga satu kilogram apel tentu tak masalah bagimu. Namun sebaliknya jika kamubahkan tak pernah mempelajari dan menguasai materi persamaan, maka masalah yang seharusnya mudah dipecahkan akan susah untuk dijawab. Gimana? masih benci dengan matematika??

Membaca pola struktur kalimat dan pola mtematika memang berbeda. Dalam kalimat, semua hal tentu bisa dijelaskan termasuk alasan orang tersebut membeli apel. Namun dalam matematika, penjelasan tersebut tidak diperlukan. Matematika (mungkin) hanya ingin melihat sebuah kalimat sebagai teka-teki yang harus diselesaikan. 

2. Ketahui asal muasal suatu teori

Sering saat mempelajri suatu teori, kita hanya tahu teori tersebut tanpa mau tahu asal muasal dari sebuah teori. Hal inilah yang kadang membuat seseroang sering kewalahan dan bingung dengan suatu teori. Padahal jika kita mau menyishkan waktu untuk mempelajari asal suatu teori, maka kita bisa mengerjakan soal tanpa harus mengahapal rumus yang begitu banyaknya.

Membaca matematika bukan hanya sekedar menghapal rumus lalu mempraktekkannya ketika ada soal. Namun lebih dari itu, matematika merupakan satu cabang ilmu yang harus dimengerti asalnya. Sebagai contoh suatu, rumus phytagoras yang sering kita gunakan. Dari awal kita mengenal, teori phytagoras berbunyi seperti ini:

"Pada segitiga siku-siku berlaku bahwa kuadrat sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah kuadrat dua sisi yang lainnya"

Nah dari teori tersebut, kamu bisa ambil contoh sederhananya dari gambar dibwah ini.
Contoh sederhana pembuktian teorema Phytagoras
Dari gamabr diatas, diketahui jika persegi besar terbentuk dari satu buah persegi dan 4 buah segitiga siku-siku. Dengan memasukkan luas dalam persamaan, akhirnya diketahui jika persamaan dan teori phytagoras memang bisa dibuktikan. Nah dengan selalu mencari tahu pembuktian dari sebuah teori, kamu tak hanya bisa memahami sebuah permasalahan, namun nantinya juga akan memudahkanmu dalam mengerjakan berbagai macam soal variasi. 

3. Pelajari konsep

Matematika bukan sekedar hitung menghitung menururt rumus. Pemahaman konsep merupakan suatu hal mutlak yang harus dilakukan jika kamu memang benar-bnenar serius belajar matematika. Asal muasal suatu rumus pun awalnya juga dari konsep. Jadi penting bagi kamu untuk mengetahui konsep matematika jika ingin mendalami bidang ini. Di beberapa pelajaran kekuatan menghapal mungkin dibutuhkan, namun hal ini tak berlaku di pelajaran nmatematika. 

Di matematika, mengandalkan hafalan apalagi dengan banyaknya rumus merupakan suatu pekerjaan yang sia-sia. Kamu bisa saja hapal semua rumus, namun hal ini tak menjamin kamumemahami konsepnya seratus pesen. Ditambah dengan beban materi pelajaran yang lain, bisa jadi materi yang sudah kamu hapal setengah mati langsung hilang dalam beberapa bulan. Contoh memahami konsep bisa kamu lihat di gambar di bawah ini:

Baris bilangan dan pemahaman konsep matematika

Familiar dengan tabel diatas? Yap gambar diatas merupakan contoh persamaan basis bilangan. Tabel diatas adalah konsep penulisan bilangan (angka) dengan simbol berbeda. Contohnya bilangan Desimal yang mengenal 10 basis bilangan atau bilangan Biner yang hanya mengenal 2 basis saja. Selama ini kita selalu berhadapan dengan bilangan Desimal yang hanya mengenal 10 basis angka (angka 0 - 9). Namun ternyata di dunia ini ada basis lain yang digunakan. 

Bilangan ternyata juga bisa disajikan dalambentuk lain. Misal kamu ingin menyajikan bilangan hanya dengan 3 atau 5 angka saja, maka bilangan yang kamu buat merupakan bilangan 3 basis dan bilangan 5 basis.

Jika kamu mengetahui konsep basis bilangan, maka tak sulit untuk mengurai atau menuliskan angka dalam basis bilangan lainnya. Intinya memahami konsep sama pentingnya dengan mempelajari rumus. Jadi jangan anggap enteng kosnpe yang sering diajarkan ya....

5 Tips Biar Kamu Bisa Cepat Hafal Rumus Matematika


4. Membuat sketsa

Belajar khususnya plajaran matematika akan lebih mudah jika kamu membuat catatan dengan berbagai macam warna. Warna akan membantu lebih mudah dalam mengingat sesuatu. Contohnya seperti ini:

Menulis rumus dan turunan rumus dengan warna

Cara ini sangat membantu dalam mempelajari sesuatu. Kamu bisa menulis seluruh penjelasan atau hal-hal yang ditemukan selama belajar teori matematika. Belajar dengan sketsa akan sangat membatnu ketika kamu sedang berusaha untuk memcahkan beragam jenis soal. 

5. Buat tugasmu serapi mungkin

Meski cuma corat-coret, mengerjakan soal dengan rapi justru akanmembantumu lebih rapi dan terorganisir. Nulis kalimat aja harus rapi, masak ngitung persamaan matematika cuma corat coret doang? Mengerjakan soal dengan rapi akan membantumu untuk lebih teliti jika terdapat kesalahan dalam perhitungan. Kamu juga lebih mudah mencari tahu letak kesalahan dan memperbaikinya dengan segera. 

Buat tugasmu serapi mungkin
Ilustrasi via Math is Fun

6. Belajar cari cara sendiri

Manusia dianugerahi otak dan kemampuan untuk berpikir kreatif. Nah hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menemukan cara dan alternatif lain dalam mengerjakan soal matematika. Jangan pernah cepat puas hanya dengan satu cara yang diajarkan di sekolah. Kamu masih punya kesempatanuntuk mencari cara lainyang sekiranya sesuai dengan gayamu. Hal ini selain melatih kreativitas juga melatih gaya berpikir kritismu. Siapa tahu nanti malah keterusan jadi ahli matematika.

7. Pelajari dan Gunakan

Belajar matematika membutuhkan latihan dan praktik. Merupakan sebuah kesalahan jika kamu ingin menguasai matematika tanpa mempraktikkannya. Latihan dan prakatik yang terjadwal akan membuatmu mengingat dan mengetahui langkah suatu soal tanpa harus mengingat terlalu lama.

Segala macam tips dan trik sudah dicoba, namun jika kamu masih malas-malasan latihan ya sama aja. Latihan rutin mengerjakan soal akan membuat pikiranmu terbiasa dengan berbagai gaya soal. 

Baca Juga
7 Trik Matematika Ini Bakal Mempermudah Kamu Saat Ujian
Kunci Biar Bisa Lolos Ujian Matematika dengan Nilai Bagus
5 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kamu yang Benci Sama Matematika

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close