Kamis, 18 Oktober 2018

Puspa Langka yang Nampang di Google

  • Rosiana
  • 09/01/2018 18:58 WIB
Puspa Langka yang Nampang di Google
EPIZONE.ID - Tanggal 10 Januari ternyata merupakan peringatan "Ulang Tahun" bunga Rafflesia Arnoldii. Penetapan ini berdasarkan Keppres Nomor 4 tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional yang ditandatangani oleh presiden Soeharto. Sesuai Keppres tersebut ada 3 bunga yang saat ini dinyatakan sebagai bunga nasional yakni, Melati (Jasminum sambac) sebagai bunga bangsa, Anggrek bulan (Palaonopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan Rafflesia Arnoldii sebagai puspa langka. Selain menjadi salah satu dari tiga bunga nasional, Rafflesia Arnoldi juga menjadi flora identitas Bengulu. Ini akrena Rfflesia Arnoldii berasal dari provinsi ini.

Pada walnya bunga Raflesia terbesar ditemukan oleh seorang pemandu yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold yang bekerja untuk tim ekspedisi khusus dibawah pimpinan Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles. Itulah mengapa bunga terbesar ini dinamai menurut nama dua orang yang telah berjasa mempelajari dan menemukannya. Nama Raffles juga melekat kuat sebagai nama bunga terbesar yang tumbuh di kawasanAisa Tenggara.


Melansir dari laman National Geographc Indonesia, Bunga Rafflesia arnoldii tumbuh merambat dan tak berdaun sehingga tak mampu melakukan fotosintesis seperti bunga lainnya. Rafflesia arnoldii disebut bunga bangkai lantaran bunganya dan berbau seperti daging membusuk. Bunga ini mampu tumbuh hinga diameter satu meter dan hanya mekar selama beberapa hari saja.

Bunga ini sendiri sebenarnya adalah parasit yang menempel pada inangnya. Tumbuhan ini juga merupaka tumbuhan merambat yang sebenarnya tidak memiliki akar dan tangkai batang. Tak cuma menempel, tumuhan ini juga menyerap unsur organis dan anorganis dari tumbuhan yng ia tempati. Karena merupakan parasit, maka ketika tumbuhan inagnya mati, bunga ini juga akan ikut mati. 

Rafflesia Arnoldii sendiri ditemukan di Bengkulu dan dijadikan daya tarik wisata di daerah tersebut. Namun karena Rafflesia termasuk bungalangka, maka tak banyak tempat yang bisa dijelajahi untuk melihat bunga ini. Namun pada tahun 2004, peneliti LIPI, Sofi Mursidawati dan tim berhasil menumbuhkan bunga Rafflesia diluar habitat aslinya, yakni di Kebun Raya Bogor. Tentunya keberhasilan ini disambut baik karena banyak orang yang bisa menyaksikan proses tumbuh hingga mekarnya bunga Rafflesia secara langsung. Selain di Bogor dan Bengkulu beragam jenis Rafflesia juga tersebar di Aceh, Sumatra Utara, Jambi hingga Lampung.

Baca Juga
Jadi Kontroversi! Pengusaha Ini Nyewain Bouquet Bunga dan Kado Mahal Buat Memperingati Hari Perempuan Internasional
9 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2017
Tak Hanya Mesir Kuno, Afrika Ternyata Juga Punya 7 Kerajaan Besar Lain



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close