Rabu, 26 September 2018

Mood Anjlok? Coba Cara-cara Ini Untuk Tingkatkan Kadar Serotonin Dalam Otak.

  • Rosiana
  • 11/01/2018 18:25 WIB
Mood Anjlok? Coba Cara-cara Ini Untuk Tingkatkan Kadar Serotonin Dalam Otak.
EPIZONE.ID - Mood sering anjlok? Mungkin otakmu kekurangan kadar serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang mengatur transmisi sinyal di otak. Serotonin bisa secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi hampir semua sel di dalam otak. Serotonin bertanggung jawab dalam perubahan mood seseorang. Tak hanya itu, serotonin juga dapat mempengaruhi hasrat seksual, memori, nafsu makan hingga perilaku sosial.

Nah kekurangan serotonin mengakibatkan berbagai banyak hal termasuk anjloknya mood seseorang. Nah supaya mood tetap terjaga, berikut 11 cara alami untuk meningkatkan kadar serotonin di dalam otak, seperti dilansir dari Lifehack berikut ini

1. Tingkatkan Triptofan

Triptofan (Tryptophan) merupakan kadar asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan otak. Triptofan sangat berperan dalam memproduksi serotonin, sehingga secara langsung menambah kadar triptofan juga bisa meningkatkan mood yang anjlok. Triptofan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, namun melalui proses pencernaan makanan dengan enzim proteolitik.

Salah satu cara meningkatkan serotonin adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan sehat dan kaya protein seperti daging tanpa lemak, telur dan makanan olahan susu. Namun hindari cara ini jika kamu merupakan seorang vegetarian. Kacang dan biji-bijian bisa dijadikan pengganti untuk meningkatkan triptofan.

2. Jadwalkan pijat

Pijat dapat membantu melemaskan syaraf yang tegang. Selain itu, aktivitas ini pun dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik. Penelitian bahkan mengungkapkan jiika pijat mampu meningkakan kadar serotonin dan mengurangi kadar kortisol hingga sebesar 30%. 

3. Tingkatkan asupan vitamin B

Setiap jenis vitamin B membantu menjaga mood lebih baik dan juga baik bagi tubuh. Namun ada 2 vitamin B yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan serotonin yakni, vitamin B12 dan B6. Bahkan ada sebuh riset yang menunjukkan bahwa konsumsi vitamin B6 baik untuk mengobati depesi pada orang-orang lanjut usia. 

4. Berjemur

Kapanpun seseorang berada di bawah sinar matahari, maka kadar serotonin dalam otak juga akan bertambah. Lakukan hal ini setidaknya 20 hingga 30 menit setiap pagi atau sore hari. Namun ingat berjemur yang sehat sebaiknya dibawah jam 12 siang, karena sinar matahari yang terlalu terik malah kurang baik bagi kesehatan. 

5. Konsumsi magnesium

Kandungan magnesium dalam tubuh mampu mempengaruhi produksi magnesium. Inilah mengapa mineral ini sebenarnya juga sangat diperlukan tubuh. Tak hanya membantu produksi serotonin, magnesium juga membantu mengendalikan tekanan darah dan mengatur fungsi syaraf. Magnesium banyak ditemukan dalam sayuran berdaun gelap, ikan, pisang dan kacang-kacangan. 

6. Berpikir positif

Meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh tak cukup hanya dengan stimulasi dari luar. Pikiran negatif sebenarnya sangat berbahaya dan dapat menjadi racun bagi tubuh. Studi menunjukkan bahwa dorongan dari diri sendiri mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan selalu berpikir positif dan ubah pandanganmu terhadap sesuatu menjadi positif. 

Dengan menangkal pikiran-pikiran negatif, pikiran akan selalu lebih jernih dan jiwa juga akan lebih nyaman. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah bersosialisasi dengan orang-orang terdekat dan juga selalu bersyukur.

Baca Juga : Inilah 7 Manfaat Berpikir Positif Yang Harus Kamu Tau

7. Meditasi

Meditasi merupakan aktivitas yang memberikan banyak manfaat, mulai dari ketenangan hati dan jiwa hingga membantu pikiran untuk lebih fokus. Dalam kasus ini, bermeditasi mampu membantu meningkatkan kadar serotonin. Dengan bermeditasi membantu tubuh untuk meningkatan asam 5-HIAA yang merupakan salah sayu asam yang dibutuhkan dalam memproduksi serotonin.

8. Olahraga

Nah kalu yang ini nggak diragukan lagi manfaatnya. Berolahraga mampu membuat jantung meningkatkan performanya dan membuat tubuh memproduksi lebih banyak serotonin. Jika kamu sering berolahraga di dalamruangan, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan dengan berolahraga di tempat terbuka seperti jogging di taman atau berenang dengan teman-teman. Interaksi semacam ini dapat meningkatkan suasana hati, sehingga olahraga tak lagi terasa monoton dan hanya sebagai rutinitas belaka. Berolahraga di tempat terbuka tak hanya mampu membuat tubuh memproduksi lebih banyak serotonin, namun juga hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. 

9. Tingkatkan konsumsi vitamin C

Meski vitamin C tak terlalu berpengaruh dalam meningkatkan serotonin seperti halnya vitamin B, namun ada beberapa penelitian baru yang mengungkapkan bahwa vitamin C juga berkaitan erat dengan meningkatnya mood seseorang dan sebagai antidepresan alami. Beberapa ilmuwan juga berpendapat bahwa vitamn C mampu membuat mood meningkat dalam waktu satu minggu.

Vitamin C mungkin tak berhubungan langsung dalam produksi serotonin, namun vitamin C juga berperan penting dalam produksi neurotransmitter lain seperti efinefrin dan dopamin, yang membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik. Meningkatkan vitamin C bisa dilakukan dengan konsumsi buah-buahan seperti jeruk, paprika, tomat dan sayuran hijau. 

10. Jaga diri dan hindari stress

Meningkatkan serotonin berarti juga mengurangi kortisol. Ini berarti segala usaha yang dilakukan untuk mengurangi tingkat stress juga mampu dalam meningkatkan serotonin. Jika kamu tipe orang yang selalu memprioritaskan orang lain, maka saat ini mulailah untuk lebih memperhatikan diri sendiri dan hindarkan pikiran dari stress. Denganlebih memperhatikan diri, maka serotonin pun juga akan meningkat. 

Baca Juga
5 Cara yang Membuatmu Terhindar Dari Pikiran Negatif
Lakukan Kebiasaan Positif Saat Memulai Pagi Biar Harimu Lebih Semangat
6 Dampak Negatif yang Akan Kamu Rasakan Akibat Kurang Tidur

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close