Sabtu, 21 Juli 2018

17 Pekerjaan Aneh yang Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya, Tertarik Mencoba?

  • Rosiana
  • 16/01/2018 16:13 WIB
17 Pekerjaan Aneh yang Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya, Tertarik Mencoba?
EPIZONE.ID - Banyak orang rela menghabiskan waktu dan tenaga demi belajar dan berusaha menggapai pekerjaan impian. Tak dipungkiri di jaman ini, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan juga kenyamanan tergolong sulit. Namun faktanya pekerjaan di dunia ini tak hanya berkutat dengan kubikel dan meja kerja semata. Banyak juga yang tak mendapatkan pekerjaan impian. Tak sedikit pula yang rela banting setir dan menjalani profesi yang tidak sesuai dengan bidang yang dipelajari. Bahkan beberapa dari antara mereka rela menjalani pekerjaan yang unik dan aneh. Beberapa pekerjaan tersebut mungkin terasa konyol, seperti dilansir dari Business Insider berikut ini

1. Pemerah bisa ular

Pekerjaan aneh di dunia, pemerah bisa
Snake milker via New Scientist

Pemerah susu? udah biasa. Yang nggak biasa adalah profesi pemerah bisa ular. Yap ular berbisa yang harusnya dijauhi harus didekati bahkan diperah bisanya oleh orang-orang yang berkecimpung dalam pekerjaan ini. Bisa bayangin nggak gimana bahayanya profesi ini. Para pemerah ini bertugas untuk mengestrak racun dari beberapa ular berbisa. Selanjutnya racun-racun ini akan digunakan sebagai antivenom atau antitoksin yang dapat menetralkan bisa ular. 

Ular-ular yang diperah biasanya dari kalangan ular paling berbisa seperti kobra dan ular derik. Meski aneh dan berbahaya, namun pekerjaan ini punya pendapatan yang lumayan besar loh. Bayangin aja untuk setiap gram bisa yang diperah, dihargai sebesar US$ 1000. Tertarik untuk pindah profesi?

2. Penilai bau badan

Pekerjaan aneh di dunia, penilai bau
Odor judger via Pinterest

Lebih aneh dari pemerah bisa ular, ternyata ada orang yang bekerja sebagai penilai bau badan seseorang. Penilai bau ini biasanya bekerja untuk menilai keefektifan produk kebersihan seperti sabun, shampoo dan pasta gigi. Mereka bertugas untuk mencium bau mulut atau badan seseroang dan memberi penilaian dari skala 1 - 10 untuk setiap produk yang dicoba.

3. Pengiring pengantin profesional

Pekerjaan aneh di dunia, pengiring pengantin profesional
Professioal bridesmaid via Jezebel

Pengiring pengantin atau lebih sering disebut sebagai bridesmaid kini menjadi salah satu komoditi bisnis yang cukup besar. Bagi pengantin yang nggak mau repot-repot mencari bridesmaid, kini tersedia layanan pengiring pengantin profesional. Mereka bertugas menjadi pengiring dan membantu pengantin wanita selama acara. Bahkan kini ada agensi khusus yang melayani penyewaan bridesmaid loh. Di Indonesia, agensi ini biasanya jadi satu dengan jasa Wedding Organizer.

8 Pekerjaan Konyol yang Masih Ada Sampai Sekarang, Satu di Antaranya Nungguin Sapi

4. Pemindah Gunung es

Pekerjaan aneh di dunia, pemindah gunung es
Iceberg mover via Rigmover

Siapa sangka ternyata ada orang yang bekerja memindahkan gunung es? Profesi aneh ini ternyata ada dan eksis setelah insiden kapal Titanic tahun 1912 lalu. Para pemindah ini tergabung dalam organisasi The International Ice Patrol yang dibentuk oleh pemerintah Amerika Serikat setahun setelah peristiwa tersebut berlalu. Organisasi ini secara khusus bertugas melacak lokasi gunung es dan menyediakan lokasi alternatif bagi kapal-kapal yang akan melalui daerah tersebut. Bahkan jika perlu, gunung es yang mghalangi bisa ditarik keluar dari daerah tersebut.

5. Pengiring jenazah

Pekerjaan aneh di dunia, pengiring jenazah profesional
Professional mourner via Urbo
 
Tak hanya bridesmaid, pengiring jenazah pun kini juga menjadi sebuah pekerjaan. Bagi orang-orang yang tak memiliki banyak kolega, menyewa para pengiring jenazah merupakan opsi yang sering dipilih di luar negeri. Bahkan di Taiwan, tak jarang para pengiring jenazah ini harus menangis untuk meyakinkan setiap tamu yang datang.

Sebuah perusahaan penyedia jasa pengiring jenazah di Inggris bernama Rent A Mourner bahkan menjelaskan bahwa setiap pengiring mendapat bayaran hingga US$ 70 per dua jam. Tentunya profesi unik ini mengharuskan para pekerjanya memasang wajah sedih dan berduka sepanjang acara. 

6. Instruktur anjing peselancar

Pekerjaan aneh di dunia, instruktur surfing khusus anjing
Dog Surfing instructor via Dailymail

Nggak cuma manusia aja yang bisa berselancar, anjing pun sekarang juga bisa melakukan aktivitas surfing. Berbagai resor kelas dunia kini tempat wisata kini menawarkan paket untuk belajar selancar. Tak hanya untuk manusia, kelas selancar ini ternyata juga diminati anjing loh. Para pemilik yang nggak mau meninggalkan anjing mereka bisa mengikuti kelas khusus selancar bersama anjing. Instrukturnya pun berbeda. Bahkan di beberapa tempat juga menawarkan kelas belajar khusus untuk anjing. 

7. Pengasuh panda

Pekerjaan aneh di dunia, pengasuh panda
Panda nanny via Providr

Panda memang hewan yang sangat dilindungi dan diperhatikan di Tiongkok. Bahkan pada tahun 2014 lalu, organisasi Giant Panda Protection and Research Center di Sichuan menyelenggarakan audisi pencarian pengasuh bagi panda. Para pesaing bahkan harus menghadapi beberapa eliminasi hingga akhirnya lolos menjadi pengasuh panda.

Tugas merekapun nggak main-main loh. Para pengasuh ini harus berkualifikasi dan berdedikasi penuh untuk mengasuh anak-anak panda selama 365 hari full. Mereka juga harus aktif terlibat dalam keseharian panda-panda tersebut. 

8. Putri duyung profesional

Pekerjaan aneh di dunia, putri duyung profesional
Professional mermaid via BT

Selain badut dan pesulap profesional, industri hiburan kini melebarkan sayap dengan adanya profesi baru yakni sebagai putri duyung profesional yang berlisensi. Pekerjaan ini mengharuskan para "putri duyung" untuk berenang dengan kostum. Biasanya para putri duyung ini disewa untuk pertunjukan ulang tahun. Selain beraksi dalam pertunjukan, putri duyung profesional ini juga membuka kursus berenang dan bersikap layaknya putri duyung. 

9. Peraba wajah

Pekerjaan aneh di dunia, peraba wajah
Professional feeler via WTF Club

Sama seperti profesi pencium bau, pekerjaan ini juga berkutat dalam pengecekan sebuah produk. Para peraba biasanya mengunakan tangan mereka untuk menilai keefektifan produk perawatan wajah seperti lotion, pemersih wajah, krim kecantikan, hingga produk krim cukur. Para peraba ini biasanya bekerja secara part time dengan penghasilan sekitar US$25 per jam.

10. Jasa memeluk profesional

Pekerjaan aneh di dunia, jasa pemeluk profesional
Professional cuddler via Pixabay

Butuh kehangatan dan pelukan? Mungkin kamu bisa memanggil jasa pemeluk ini. Mereka hadir di tengah kesepian masyarakat generasi now yang jarang dan susah untuk bersosialisasi. Profesi ini bahkan mematok biaya sekitar US$ 800 per jamnya untuk menemani sekaligus memeluk kliennya. 

11. Pengamat TV profesional

Pekerjaan aneh di dunia, pengamat TV profesional
Professional TV watcher via Netflix and Earn

Menonton TV dan dibayar. Meski terdengar sepele, namun pekerjaan ini ternyata sulit loh. Mereka dibayar untuk menonton dan mengamati setiap acara TV, seperti talkshow, berita hingga acara serial. Dari pengamatan tersebut, para penonton TV ini kemudian memberi masukan kepada stasiun TV hal-hal apa saja yang bisa digunakan dalam program acaranya.

12. Seniman abu jenazah

Pekerjaan aneh di dunia, seniman abu jenazah
Ash artist via Inhabitat

Apa yang terjadi pada jenazah orang-oang yang dikremasi? Sebagian keluarga pasti akan langsung menaburkan abunya atau menyimpannya dalam ruang keluarga. Namun kini mulai bermunculan seniman yang akan membuat liontin cantik dari abu orang yang dicintai. Setelah dikremasi, beberapa orang lebih memilih untuk menyimpan abu orang-orang yang mereka cintai dalam sebuah karya seni, sehingga mereka bisa merasa lebih dekat meski orang tersebut sudah tak lagi ada. Nah keinginan inilah yang seniman abu coba wujudkan. Melalui karya seni, mereka menciptakan tanda peringatan seperti patung atau liontin melalui abu yang sudah dikremasi. 

13. Ekspat profesional

Pekerjaan aneh di dunia, ekspat profesional
Professional Foreigner via Vice

Ekspat atau ekspatriat merupakan orang atau tenaga kerja asing di suatu negara. Nah di Tiongkok terdapat jasa yang menyewakan orang-orang asing untuk berbagai kebutuhan. Orang-orang ini biasanya berakting layaknya direktur atau pimpinan sebuah perusahaan. Tak hanya itu saja, para "orang asing" ini juga melayani berbagai event yang membutuhkan wajah luar negeri.

Pekerjaan ini lahir karena adanya stereotip orang-orang Tiongkok bahwa orang luar negeri terlihat lebih "pandai" dan "terpercaya". Mereka percaya bahwa kehadiran orang-orang berwajah Eropa dalam sebuah pertemuan mampu meningkatkan nilai dari acara tersebut. Stereotip ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk membuka jasa ekspat profesional yang ditugaskan untuk menghadiri berbagai pertemuan. Beberapa perusahaan bahkan berani membayar mahal agar orang-orang "luar negeri" ini mau berpose dan mengenakan setelan resmi dalam sebuah pertemuan bisnis. 

14. Penguji makanan anjing

Pekerjaan aneh di dunia, penguji makanan anjing
Dog Food tester via peosiaemtranse

Nah pekerjaan aneh ini membutuhkan dedikasi tinggi dalam pelaksanaannya. Ini karena orang-orang yang dipekerjakan dituntut untuk mencoba rasa dan tekstur dari makanan anjing yang diproduksi. Kebayang nggak tuh, mereka harus mencoba rasa makanan yang seharusnya dimakan sama anjing?

Tapi para penguji ini dibayar cuma untuk ngerasain makanannya aja kok. Setelah dikunyah makanan tersebut harus sudah dikeluarkan lagi untuk diuji kadar gizinya. Perusahaan makanan anjing biasanya menyewa para penguji ini secara profesional, jadi gaji yang ditawarkan pun juga lumayan. Berminat mencoba?

Kalau Mau Keliling Dunia, Kamu Bisa Pilih Satu dari 6 Pekerjaan Ini

15. Pemisah jenis kelamin ayam

Pekerjaan aneh di dunia, pemisah jenis kelamin ayam
Chicken Sexer via Chronicle's cafe

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memisahkan jenis kelamin anak-anak ayam sesaat setelah menetas. Pemisahan ini dilakukan dalam beberpa industri peternakan. Ini karena ayam betina dan jantan membutuhkan penanganan berbeda (kebanyakan anak-anak ayam jantan akan dimusnahkan). 

Pekerjaan ini dibutuhkan di beberapa industri peternakan, seperti industri telur ayam yang sebagianbesar hanya membutuhkan ayam betina. pemisah anak ayam profesional biasanya bekerja dengan intuisi untuk membedakan anak ayam betina dan jantan. Meski terdengar sangat aneh, namun pekerjaan ini lumrah ditemukan di Inggris dan Jepang.

16. Pengantre profesional

Pekerjaan aneh di dunia, pengantre profesional
Professional Line-stander via Dailymail

Bosan menunggu antrean? Kini kamu bisa loh menyewa jasa pengantre profesional. Jasa ini menawarkan kemudahan bagi mereka yang kurang sabar dalam menunggu antrean. Para pengantre ini biasanya disewa pada saat musim diskon atau launching pertama sebuah produk (seperti penjualan perdana iPhone). 

17. Penulis Fortune Cookie

Pekerjaan aneh di dunia, penuis fortue cookie
Fortune cookie via Pixabay

Pernah makan fortune cookie? Kalimat bijak apa yang pernah kamu temukan? Nah ternyata kalimat-kalimat mutiara yang tertulis di dalam fortune cookie tersebut ditulis secara profesional loh. Bahkan perusahaan yang memproduksi fortune cookie biasanya mempekerjakan penulis lepas atau penulis khusus untuk menulis kalimat-kalimat bijak tadi. Bayarannya pun nggak tanggung-tanggung, para penulis ini bisa meraup penghasilan hingga US$ 40.000 per tahun.

Baca Juga
Kalo Kamu Nggak Pengen Gemuk, Hindari 7 Pekerjaan yang Bikin Berat Badan Naik Ini
Mager Abis Liburan? 4 Aplikasi Ini Bisa Kamu Coba Untuk Meringankan Pekerjaan Rumah
6 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu Yang Introvert

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close