Rabu, 26 September 2018

4 Kesalahan yang Menyebabkan Seseorang Gagal Masuk PTN

  • Rosiana
  • 17/01/2018 19:52 WIB
4 Kesalahan yang Menyebabkan Seseorang Gagal Masuk PTN
EPIZONE.ID - Lah baru aja mau persiapan buat Ujian Semester masak udah ribut-ribut ujian ke PTN? Fyi nih, masuk PTN itu nggak semudah lulus USBN. Tenang aja, asalkan kamu udah menguasai materi dari kelas 10 dan nilai rapor nggak jelek-jelek amat, maka  presentase untuk lulus Ujian Nasional akan semakin besar. Sebaliknya seleksi masuk PTN (SBMPTN dan Ujian Mandiri) tidak mengandalkan nilai rapor dan hanya bergantung pada hasil tes pada hari itu aja. Jadi untuk menghindari kegagalan yang sering banget dilakukan oleh anak-anak yang salah menentukan strategi, hindari 4 kesalahan yang menyebabkan banyak orang gagal masuk PTN ini. Apa aja sih? Cek artikel ini yuk.

1. Terlalu sibuk menyiapkan USBN

4 hal yang membuat seseorang gagal masuk PTN, terlalu sibuk menyipkan USBN

Topik panas yang selalu menjadi momok anak-anak SMA dari jaman dulu adalah Ujian Nasional. Dari tahun ke tahun banyak beredar cerita tentang anak-anak yang gagal lulus Ujian ini, ditambah banyak guru yang menjadikan Ujian Sekolah Berstandar Nasional sebagai momok yang menakutkan. USBN emang penting karena akan menjadi salah satu faktor penentu kelulusanmu dari Sekolah Menengah, namun jika kamu emang bercita-cita untuk masuk melanjutkan studi di PTN, persiapan ujian masuk khususnya SBMPTN jangan sampai disepelekan.

Belajar keras selama satu tahun hanya untuk persiapan Ujian Nasional dan menyiapkan bekal ujian masuk ke PTN hanya 3 bulan, ya kemungkinanmu akan diterima akan lebih kecil dibandingkan mereka yang udah persiapan dari jauh-jauh hari.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika berniat untuk mendaftar ke PTN adalah soal-soal yang diujikan tentunya sangat berbeda dengan tingkat kesulitan yang jauh diatas soal-soal USBN. Nah dari hal ini kamu harusnya udah bisa menarik kesimpulan bahwa ujian masuk PTN jug harus menjadi salah satu prioritas.

2. Baru nentuin jurusan pas mau ujian masuk

4 hal yang membuat seseorang gagal masuk PTN, Baru nentuin jurusanpas baru masuk

Haduh ini lagi, kalau emang benar-benar mau masuk ke PTN jangan asal buat milih jurusan. Memilih jurusan ini sama sulitnya dengan memilih baju yang pas sama badan, nyaman dipakai dan tentunya dengan model yang kekinian. Ketika kamu sudah menentukan jurusan yang ingin ditekuni, maka kamu juga sudah harus mulai persiapan matang untuk bisa masuk ke jurusan tersebut.

Misal nih kamu yang dari kelompok IPA dan belum nentuin mau kuliah di kampus mana dan jurusan apa, lalu tiba-tiba baru nentuin jurusan dua bulan sebelum ujian masuk, dimana jurusan yang kamu inginkan ternyata berada di kelompok IPA dan IPS (misal teknik dan komunikasi), maka kamu hanya punya waktu mepet untuk mempelajari soal-soal Saintek dan Soshum.

Kesempatan belajarmu juga hanya tersisa dua bulan untuk mempelajari soal-soal ujian. Coba kalau kamu sudah menentukan jurusan dan universitas dari jauh-jauh hari, maka dua bulan sebelum ujian kamu sudah menekuni berbagai strategi seperti mempelajari buku soal-soal SBMPTN dan ikut bimbel bila perlu. Semakin cepat menentukan jurusan maka semakin cepat pula kamu bisa menghabiskan waktu belajar untuk ujian masuk.

3. Kurang melihat peluang

4 hal yang membuat seseorang gagal masuk PTN, kurang melihat peluang

Banyak peserta ujian yang bermimpi untuk masuk ke universitas impian dan kurang melihat peluang. Contohnya kamu ngotot pengen masuk ke Universitas A yang sudah memiliki reputasi sebagai universitas paling bagus di Indonesia. Selama proses memilih universitas ini kamu cuma mau ke Universitas A tersebut tanpa mau melihat peluang lain yang mungkin masih bisa kamu masuki.

Terlalu ngotot dengan satu pilihan memang bagus apalai jika kamu memang sudah menginginkannya sejak lama. Namun mengosongkan pilihan kedua dan tiga sama halnya dengan membuang peluang ketika kamu memang nggak diterima di pilihan pertama. Siapa tahu tadirmu emang ada di pilihan kedua, ya nggak?

4. Hanya fokus pada satu jalur masuk

4 hal yang membuat seseorang gagal masuk PTN, hanya fokus pada satu jalur masuk

Ini yang sering banget terjadi. Meski SBMPTN kamu nggak lolos, masih ada beberapa ujian masuk seperti Ujian Mandiri dan UMB-PT. Banyak sekali contoh orang-orang yang langsung loyo ketika pengumuman SBMPTN keluar dan dinyatakan tidak lolos, padahal jalur masuk universitas masih ada. Nah terlalu fokus dan tidak menyiapkan bekal untuk masuk dengan jalur ujian lainnya akan membuatmu patah semangat sebelum berperang.

Baca Juga
Manfaat Try Out yang Mungkin Belum Kamu Sadari
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika
11 Sikap yang Menandakan Kamu Akan Sukses Di Masa Depan



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close