Kamis, 20 September 2018

Strategi Memilih Jurusan dan Universitas Agar Peluang Lolosmu Semakin Besar

  • Rosiana
  • 18/01/2018 20:14 WIB
Strategi Memilih Jurusan dan Universitas Agar Peluang Lolosmu Semakin Besar
EPIZONE.ID - Yuk yang udah kelas 12, jangan buang kesempatan untuk lolos SBMPTN hanya karena asal-asalan memilih jurusan. Memilih kampus dan jurusan merupakan hal yang krusial agar kesempatanmu untuk lolos semakin besar. Pastinya akan banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu sudah memutuskan untuk kuliah dan mengikuti SBMPTN, seperti

1. Mantapkan niat

Strategi khusus memilih jurusan SBMPTN, mantapkan niat

Banyak orang yang ikut ujian SBMPTN hanya karena ikut-ikutan dan nggak serius dengan hal ini. Ini salah, SBMPTN merupakan ujian seleksi dimana kamu akan disortir untuk bisa masuk universitas dengan saingan yang sangat tinggi. Nah sebelum melakukan berbagai persiapan panjang untuk SBMPTN, kamu harus memantapkan niat terlebih dahulu. Apakah kuliah emang jadi salah satu kebutuhan dan mimpimu atau kamu hanya sekedar mengikuti tren untuk kuliah di kampus bergengsi seperti PTN.

2. Memilih jurusan yang tepat

Strategi khusus memilih jurusan SBMPTN, pilih jurusan yang tepat dan sesui dengan minat, bakat serta prosepk masa depan

Perlu diperhatikan ketika memiih jurusan pada saat SBMPTN, kamu nggak harus terpaku dengan title atau embel-embel jurusan saat SMA atau SMK. Enaknya seleksi ini, para peserta diangap setara dalam memperjuangkan kesempatan kuliah. Kamu yang dari jurusan IPA dan ingin memilih jurusan di IPS bisa langsung mengambil SBMPTN Soshum, dan anak-anak IPS yang ingin mencoba berubah haluan menjadi anak Sains bisa langsung memilih SBMPTN kelompok Saintek.

Namun pengecualian diberikan untuk beberapa jurusan seperti Kedokteran yang mensyaratkan calon mahasiswanya harus berasal dari kelompok IPA. Asyiknya lagi jika kamu memilih dua jurusan yang berada di kelompok berbeda, kamu bisa mengambil kelompok IPC atau Campuran.

Begitu pula dengan anak-anak yang berasal dari sekolah kejuruan atau SMK. Selama ini beredar gosip jika anak SMK susah diterima masuk ke PTN. Namun buat kamu yang berasal dari SMK jangan berkecil hati, masih banyak cara untuk bisa masuk ke kampus impian kok. Jika kamu merasa perlu untuk menambah kemampuan lewat kuliah, maka SBMPTN bisa jadi ajang dan pembuktianmu untuk bersaing dengan anak-anak lulusan SMA.

Masih bingung dengan jurusan yang ingin diambil? Kamu bisa menentukan program studi yang ingin didalami dengan cara-cara ini:

Biar Nggak Jadi Mahasiswa Salah Jurusan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Pilih Jurusan Kuliah

a. Mengetahui passion

Passion nggak perlu dicari jauh-jauh sampai ke pakar analisa segala. Di kelas 12 ini kamu harusnya udah tau apa yang seharusnya menjadi keinginan terpendammu. Kalau masih bingung, coba tanya ke diri sendiri mata pelajaran apa yang sangat kamu nikmati di sekolah. Jika jawabanmu adalah matematika, maka kamu bisa mempertimbangkan berbagai jurusan sains seperti Matematika murni atau jurusan teknik.

b. Menentukan minat dan hobi

Masih bingung menentukan dengan jurusan yang ingin diambil? Kenali dirimu lebih dalam lagi dengan hobi yang sering kamu lakukan. Suka matematika tapi hobi gambar? Kamu bisa mencoba untuk memilih jurusan Teknik Arsitektur atau Desain interior. Hobi utak-atik sesuatu? Kamu bisa coba jurusan teknik Mesin, atau kamu suka nge-vlog dan bercita-cita jadi content creator? Kamu bisa memilih jurusan Desain komunikasi Visual atau Ilmu Komunikasi.

Nah hobi dan hal-hal yang disukai ini bisa menuntunmu untuk menemukan minat tertentu untuk menyambung studi. Jangan sampai ketika sudah masuk kuliah, kamu merasa salah  jurusan dan berakhir dengan penyesalan.

c. Pertimbangkan nilai selama sekolah dan jangan lupa untuk konsultasi

Jika kamu emang belum menemukan passion dan hobi yang tepat, nilai sekolah bisa menjadi patokan dalam memilih jurusan kuliah. Ayo buka lagi rapormu. Kalau masih bingung juga, kamu bisa melakukan konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling yang ada di sekolah untuk mengetahui dengan jelas minat dan bakatmu. Penilaian dari orang ketiga biasanya objektif karena mereka bisa melihat dirimu apa adanya.

d. Bijak dalam memilih kampus yang tepat

Pemilihan kampus menjadi hal yang sangat krusial ketika kamu sudah memutuskan untuk kuliah. Memilih kampus juga nggak bisa asal-asalan karena kualitas dan kesesuaian sebuah kampus akan menentukan dirimu ke depannya. Memilih kampus juga jangan sembarangan karena meski kamu memilih satu jurusan di kampus yang berbeda bisa berbeda pula minat dan akeditasinya.

Ketika kamu sudah memantapkan diri untuk memilih sebuah jurusan, maka kamu juga wajib untuk mencari tahu universitas mana saja yang menyediakan jurusan tersebut. Saat ini mendapatkan informasi dan review kampus sangatlah mudah. Berbagai kemudahan inilah yang harusnya kamu manfaatkan. Dengan banyaknya informasi yang ada kamu bisa mencari tahu program studi unggulan setiap kampus dan juga tingkat persaingannya. Jangan lupa juga untuk sering-sering mengecek peraturan SBMPTN setiap tahunnya ya.

e. Mencari tahu preferensi kampus terhadap calon mahasiswanya

Setiap universitas pasti memiliki kriteria tertentu dalam memilih mahasiswanya. Nah salah satu pertimbangan yang harus kamu lakukan adalah menentukan apakah dirimu menjadi salah satu prioritas untuk diterima ke kampus tertentu. Preferensi ini bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara seperti hasil pengumuman SBMPTN tahun lalu atau melalui bimbel yang menyediakan info mengenai SBMPTN.

Mengetahui tingkat persaingan juga harus jadi prioritas. Tingkat persaingan ini bisa menjadi salah satu poin penting dalam menentukan kampus. Ingat dalam SBMPTN, setiap kursi yang ada nggak ahnya direbutkan oleh dua atau tiga calon mahasiswa saja. Bahkan ada jurusan di kampus tertentu yang memiliki tingkat persaingan sangat tinggi.

f. Mencari review kampus

Selain program studi unggulan dan tingkat persaingan, kamu juga bisa kok mencari review dan reputasi dari para alumni atau mahasiswa aktif kampus tersebut. Review mulai dari pelayanan, biaya kuliah hingga berbagai beasiswa yang ditawarkan bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih kampus.

Jarak dan waktu tempuh juga harus dipertimbangkan. Jika kamu nggak memiliki rencana untuk kos, kamu bisa memilih kampus dengan jarak yang bisa kamu tempuh tanpa harus menyewa tempat.

g. Perhatikan pula biaya yang harus dikeluarkan

Biaya sebuah program studi juga harus dipertimbangkan. Memilih kampus dengan biaya yang cukup tinggi harus disesuaikan juga dengan kemampuan finansial orang tua (kecuali jika kamu berencana untuk mengambil beasiswa tertentu, seperti Bidik Misi). Untuk masalah ini lebih baik diskusikan dulu dengan orang tua atau  wali. Ketika orang tua sudah membri lampu hijau, berarti jalanmu untuk melanjutkan studi di kampus tersebut sudah setengah jalan.

3. Akreditasi sebuah kampus penting juga jadi bahan pertimbangan

Strategi khusus memilih jurusan SBMPTN, pertimbangkan akreditasi kampus

Jangan lupakan pula akreditasi kampus tersebut. Bila cukup baik, berarti kampus yang kamu pilih memiliki pelayanan kepada mahasiswa dan para lulusan dengan baik pula. Nilai akreditasi kampus bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan yang penting juga loh. Nah dari semua pertimbangan yang ada, barulah kamu bisa menentukan kampus mana yang akan dipilih.

5 Jurusan Kuliah Paling Sulit, Kalau Nggak Kuat Mending Nggak Usah Ambil Jurusan Ini

4. Selain riset secara online, ada baiknya riset offline juga

Strategi khusus memilih jurusan SBMPTN, selain riset online perlu riset offline juga

Riset offline atau mendatangi kampus tujuan bisa menjadi salah satu opsi jika kamu kurang yakin dengan informasi yang ditemukan di internet. Jika kamu memiliki kesempatan untuk mendatangi kampus tujuan, kamu bisa tanya-tanya langsung dengan pihak terkait untuk mendapatkan info yang lebih terperinci. Tak hanya riset akademik aja yang bisa kamu lakukan, setelah sampai ke kampus tujuan kamu juga bisa mencari tahu kegiatan luar akademik dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa kamu ikuti jika diterima nanti.

Manfaat Try Out yang Mungkin Belum Kamu Sadari


5. Pertimbangkan Hasil Try Out

Dari sekian banyak latihan dan try out yang udah kamu coba, pastinya kamu utau dong kemampuanmu seperti apa. Nah dalam memilih jurusan kuliah, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan nilai try out. Dengan mengukur kemampuan lewat try out, kamu pun juga bisa mengetahui kelemahanmu dalam matri tertentu. Hal ini tentunya penting agar kamu pun lebih siap dalam menghadapi ujian. 

6. Buat perbandingan akhir

Strategi memilih jurusan, buat perbandingan akhir

Setelah melakukan berbagai riset, kini saatnya kamu membuat perbandingan sesuai dengan informasi yang telah didapat. Biar nggak bingung susun daftar kelebihan dan kekurangan setiap kampus yang kamu survei dan mulai tentukan prioritas. Biar nggak salah arah, kamu bisa meminta bantuan guru BK dan orang tua.

Jangan sampai ketinggalan TRY OUT GRATIS SBMPTN dan TRY OUT ONLINE SBMPTN dari Epsilon Phi. Di try out ini kamu bisa melatih kemampuan dengan simulasi ujian yang bis adikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Lalu apa saja sih keunggulan try out online ini? pertama hasilnya real dan dapat dilihat setelah selesai mengerjakan soal dan ada prediksi kelulusannya juga loh. Untuk para peserta Epsilon Phi juga menyediakan perangkingan otomatis dari semua peserta yang mengikuti try out. Selain itu, try out online dari Epsilon Phi juga menyediakan pembahasan soal yang dilengkapi dengan video pembelajaran di setiap soalnya. 

Gimana, keren kan? Makanya buruan ikut try out online dari Epsilon Phi. Info selengkapnya bisa langsung chat ke WhatsApp atau LINE Epsilon Phi



Baca Juga
4 Kesalahan yang Menyebabkan Seseorang Gagal Masuk PTN
4 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah, Tertarik Masuk Jurusan Ini Nggak?
5 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kamu yang Benci Sama Matematika


Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close