Jumat, 20 April 2018

Sering Terngiang Lagu yang Tak Sengaja Didengar? Ternyata Begini Penjelasannya

  • Rosiana
  • 29/01/2018 20:28 WIB
Sering Terngiang Lagu yang Tak Sengaja Didengar? Ternyata Begini Penjelasannya
EPIZONE.ID - Pernah merasa tiba-tiba langsung terngiang lagu yang baru pertama kali kamu dengar? Atau tiba-tiba kamu langsung menyanyikan lagu yang jarang dimainkan begitu saja? Ternyata fenomena lagu yang "nempel" di otak ini ada penjelasan ilmiahnya loh. Melansir dari laman Kompas Sains, fenomena lagu yang terngiang di otak meski baru pertama kali mendengar ini disebut dengan "citra musik yangtak disengaja", sedangkan lagu-lagu yang sering terngiang di telinga sering disebut sebagai "cacing telinga".

Namanya memang aneh dan jarang terdengar di telinga. Namun fenomena lagu yang "nempel" di kepala ini pernah dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Music yang menemukan bahwa lebih dari 90 persen orang di dunia mengalami hal ini setiap minggunya. Selain itu, fenomena lagu yang terseimpan di otak ini biasanya akan bertahan selama kurang lebih 30 menit. 

Sebagian besar orang juga mengaku bahwa lagu yang tersimpan di telinga tersebut memiliki lirik dan bukan hanya sekedar irama tanpa kata. Lagu-lagu tersebit sebagian merupakan lagu-lagu yang kita sukai. Namun banyak juga yang mengaku bahwa mereka selalu terngiang lagu-lagu yang tidak disukai. Dan hal ini malah menjengkelkan bagi sebagian besar orang.

Baca Juga : Ini Nih Manfaat Musik Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Elizabeth Hellmuth Margulis, profesor dan direktur di Music Cognition Lab, Arkansas University, lagu-lagu yang terngiang di kepala tersebut justru sangat mengganggu hingga berdampak pada kehidupan mereka. Hal ini jelas mengganggu karena lagu-lagu yang terngiang tersebut merupakan lagu yang mengingatkan mereka akan sesuatu atau ketakutan-ketakutan yang dimiliki. Contohnya ketika kamu terngiang lagu atau musik dari film horror yang tak ingin kamu tonton lagi, maka praktis saat terngiang lagu dari film tersebut, kamu akan merasa terganggu dan bahkan takut dan ingin menghilangkan musik tersebut dari kepala.

Margulis juga menjelaskan bahwa lagu-lagu yang mudah menempel di telinga ini memiliki karakteristik yang mudah diprediksi. Lagu-lagu yang "tertinggal"ini sebagian hanya berupa cuplikan dan bukan merupakan keseluruhan lagu. Selain itu, lagu-lagu yang menempel di kepala juga memiliki ciri-ciri umum yaitu cenderung memiliki tempo yang lebih cepat dan optimis. 

Tak hanya itu saja, lagu-lagu ini terkadang juga memanfaatkan kontur melodi yang mudah diprediksi. Bisa jadi seseorang malah menyambungkan berbagai macam lagu dalam kepalanya karena lagu-lagu tersebut cenderung identik dan memiliki melodi yang mudah diprediksi. Meski para ahli sudah menemukan beberapa karakteristik dari lagu-lagu yang mudah menempel di kepala ini, namun mereka belum menemukan secara pasti bagaimana dan mengapa lagu-lagu ini bertahan di kepala.

Nah buat kamu yang merasa terganggu dengan musik yang bertahan di telinga, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghentikannya. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan tugas atau kegiatan apapun yang dapat mengalihkan dan memfokuskan pikiran pada satu hal. Orang cenderung mendapatkan "cacing telinga" ketika mereka sedang melakukan kegiatan yang tidak membutuhkan fokus atau perhatian penuh, seperti membersihkan rumah dan berbelanja.

Baca Juga : 8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

Cara lain untuk menghentikan "cacing"telinga" ini adalah dengan mengunyah permen karet. Yap, selain sebagai makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi, permen karet juga ampuh untuk membantumu menghilangkan si "cacing telinga" ini. Ini karena mengunyah makanan mampu membantu menghilangkan fenomena ini karena ketika mulut sedang melakukan sesuatu, maka otomatis lagu yang terngiang di telinga akan langsung hilang. 

Baca Juga
Makin Canggih, Google Assistant Kini Bisa Kenali Musik
17 Pekerjaan Aneh yang Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya, Tertarik Mencoba?
Ngeri, Masyarakat Suku Ini Tak Segan Untuk Membunuh Setiap Orang yang Berani Masuk Wilayah Mereka

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close