Sabtu, 21 Juli 2018

5 Cara Mudah Atasi Gelisah

  • Rosiana
  • 08/02/2018 10:34 WIB
5 Cara Mudah Atasi Gelisah
EPIZONE.ID - Gugup dan gelisah ketika mau presentasi? Tenang itu mungkin hal yang biasa. Namun gimana jika rasa gelisah tak juga langsung hilang meski telah mencoba berbagai cara? Rasa gelisah dan gugup memang wajar dialami oleh semua orang. Tapi jika kegelisahan tersebut tak kunjung berkurang atau menghilang maka semua aktivitas yang dikerjakan juga akan terganggu.

Me
lansir dari laman Kompas Lifestyle, sejumlah psikolog telah menemukan cara untuk mengusir rasa gelisah dari otak. Cara yang disebut dengan teknik 5-4-3-2-1 ini merupakan metode sederhana yang diklaim mampu mengendalikan pikiran-pikiran negatif yang masuk ke otak. Seperti kita tahu, kegelisahan bisa datang karena banyaknya pikiran negatif yang memenuhi benak kita.

Cara ini mampu membawa kita untuk fokus pada kehidupan dengan memanfaatkan kelima indera yakni penglihatan, pendengaran, peraba, pengecap, dan penciuman. Langkah pertama dari metode 5-4-3-2-1 ini adalah dengan memanfaatkan indera penglihatan yakni melihat lingkungan sekeliling. Selain melihat kita juga diharuskan untuk mengidentifikasi lima hal yang ada di sekeliling kita. 

Baca Juga : Sering Merasa Cemas Dan Takut Berlebihan? Mungkin Kamu Menderita Gangguan Mental Ini

Setelah itu kita juga harus mengidentifikasi empat suara yang ada di sekeliling, misalnya suara air menetes atau suara ketukan jari pada meja. Lalu identifikasikan tiga hal yang kita rasakan, seperti kaki atau jam di pergelangan tangan. Setelah selesai, kita harus mengidentifikasi dua hal yang tertangkap oleh indera penciuman seperti bau parfum atau bau kertas baru. Nah yang terakhir kita bisa mengenali rasa apapun yang dirasakan oleh indera perasa kita, seperti rasa makanan yang kita cicipi.

Lima langkah identifikasi ini berguna untuk mengalihkan pikiran yang gugup dan gelisah. Ellen Hendrikson psikolog dari Universitas Boston juga mengungkapkan bahwa dengan memperhatikan dan menghitung hal-hal yang ada di sekitar kita, maka kepanikan dan kegelisahan akan lenyap dari pikiran. Cara ini mampu mengalihkan fokus pada hal-hal lain dan menjauhkan dari perasaan apapun yang membuat kita cemas.

Tentu saja cara ini jug abisa menghilangkan pola pikir dan kebiasaan berpikir negatif pada semua hal. Mengutip dari laman Kompas Lifestyle, metode ini mengandalkan keadaan sensorik yang berakar pada perhatian penuh sehingga kita mampu terbebas dari kegelisahan. Hebatnya cara sederhana ini disebut-sebut juga mampu mengurangi depresi, gangguan kecanduan, tekanan darah rendah, dan mengurangi stress. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Baca Juga
Stress dan Beban Pikiran Menggunung? Redakan Dengan 7 Langkah Ini
Install 5 Aplikasi Ini, Kamu Bisa Hilangkan Stress dan Lelah Setelah Belajar Seharian
6 Gerakan di Meja Belajar yang Bisa Ngilangin Stress Saat Belajar

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close