Sabtu, 21 Juli 2018

Unik! Desa Kuno di Iran Ini Dibangun Diatas Atap

  • Rosiana
  • 08/02/2018 14:33 WIB
Unik! Desa Kuno di Iran Ini Dibangun Diatas Atap
EPIZONE.ID - Sebuah pemandangan unik terlihat di pegunungan Alborz. Sekilas tak ada yang salah dengan desa kecil yang terletak di kawasan Iran Utara ini. Namun jika ditelisik lebih lanjut, desa yang bernama Masouleh ini memiliki pemandangan yang tak biasa. Desa ini juga sudahterkenalsebagai salah satu desa tercantik di penjuru iran. Sejauh mata memandang kamu bisa menyaksikan bagaimana desa ini dibangun diatas atap rumah warganya.

Pemandangan arsitektur yang unik ini telah bertahan selama 1000 tahun. Masouleh awalnya merupakan daerah lereng gunung yang kemudian disulap menjadi pemukiman warga untuk menghindari terjangan banjir dan angin besar. Kontur daerahnya yang berbukit menyebabkan warga di desa ini harus mencari cara lain untuk mengoptimalkan ruang yang ada. 

Desa unik di Iran
Masouleh via Amusing Planet

Hasilnya, sebuah desa unik yang berdiri diatas atap rumah. Atap-atap rumah warga di desa ini dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti  taman, kafe bahkan hingga lapangan bermain. Ajaibnya, rumah-rumah yang dibangun dari tanah liat ini mampu bertahan dari iklim basah dan lalu lintas padat penduduknya yang menjadikan atap rumah sebagai jalan desa. 

Rumah-rumah tanah liat di desa ini memiliki bentuk yang unik. Selain jendelanya yang cukup besar, rumah di Masouleh juga memiliki kamar khusus untuk musim dingin. Kamar khusus ini dibuat dari dinding tanah liat yang tebal dan didesain sedemikian rupa sehingga mampu mengisolasi pemiliknya dari hawa dingin.

Struktur atap dan penyangga di rumah-rumah ini juga kuat. Di bagian belakang setiap rumah, selalu ada ruang selebar 1-2 meter. Ruang yang membentuk lorong ini digunakan untuk membuang tumpukan salju ketika musim dingin tiba. Hal ini dilakukan untuk menjaga atap rumah agar tetap kokoh dan tidak mudah ambruk saat tertimbun salju.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata di India yang Tak Kalah Menakjubkan dari Taj Mahal.


PUSAT PERDAGANGAN DAN BENTENG DI MASA LALU

Penduduk berjalan diatas atap rumah di desa Iran
Jalanan desa yang terbuat dari atap via Very Hungry Nomads

Desa Masouleh pernah menjadi pusat perdagangan selama berabad-abad. Selain itu, Masouleh juga pernah menjadi benteng pertahanan oleh Gerakan Jangali yang menentang pendudukan Iran oleh pasukan Ottoman, Inggris, dan Rusia pada awal abad ke 20. Namun kejayaan desa ini perlahan menghilang seiring dengan maraknya arus urbanisasi penduduk ke kota.

Desa ini bahkan tak memiliki Sekolah Dasar lagi karena orang-orang mudanya memilih untuk meninggalkan desa dan mencari pekerjaan di kota. Namun hal ini tak bertahan lama karena pariwisata desa Masouleh mulai kembali digalakkan. Penduduk yang masih memutuskan untuk bertahan kini mendapat keuntungan dari banyaknya wisatawan yang datang ke tempat ini. Bahkan kini Maouleh juga sudah memiliki hotel sebagai salah satu alternatif penginapan bagi pengunjung.

Meski telah memiliki hotel, namun agaknya wisatawan lebih senang menginap di rumah-rumah penginapan yang terletak di dalam desa. Rumah-rumah tersebut biasanya terletak di samping pasar tradisional yang menyediakan beragam kebutuhan wisatawan dan juga cinderamata khas desa tersebut. 

Di sepanjang jalan wisatawan juga dimanjakan dengan beragam kafe dan pasar tradisional yang tentunya berdiri di atas atap. Dengan bangkitnya pariwisata di desa ini, jalan-jalan sempit di Masouleh berubah ramai. Kini tak ada lagi pemandangan sebuah desa yang sepi karena ditinggal oleh penduduknya. Masouleh kini tampil menjadi salah satu tujuan wisata favorit beragam turis. Jalan-jalan kecil yang dulunya kosong perlahan mulai tampak seperti jalan besar di kota-kota wisata lainnya.

Baca Juga
Ini Nih 5 Tempat Wisata Paling Mematikan di Dunia, Satu di Antaranya Ada di Indonesia
5 Desa Paling Unik di Dunia, Penduduknya Bukan Manusia Biasa Loh
Lebih Panas dari Jakarta, Inilah Daftar 10 Kota Terpanas di Dunia


  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close