Kamis, 24 Mei 2018

Jamur Termahal ke-2 Tumbuh di Indonesia

  • Rosiana
  • 15/02/2018 10:33 WIB
Jamur Termahal ke-2 Tumbuh di Indonesia
EPIZONE.ID - Jamur truffle memang sudah terkanal menjadi jamur termahal di dunia. Selain karena rasa, jamur jenis ini juga sulit untuk tumbuh dan dibudidayakan. Tak hanya truffle, jenis jamur Morel (Morella esculenta) juga terkenal sebagai jamur termahal. Berada di urutan kedua, ternyata tak membuat pesona jenis jamur ini menyurut. Harga per kilonya bisa mencapai 1,5 juta rupiah.

Harga yang selangit ini dikarena jamur Morel membutuhkan lingkungan khusus untuk tumbuh. Morel sangat sangat sulit tumbuh di lokasi sembarangan, berebda dengan jamur biasa yang begitu sporanya dilepas akan langsung membentuk jamur baru. Keistimewaan jamur ini juga terletak pada eksklusivitasnya. Jamur Morel biasanya ditemukan di restoran-restoran Perancis sebagai hidangan premium. Morel juga sangat sulit ditemukan di restoran biasa karena membutuhkan penanganan dan pengolahan khusus.

Baca Juga : Wow! Wiski Termahal Ini Terjual Dengan Harga Fantastis

Melansir dari laman CNN Indonesia, jamur Morel jamur ini ditemukan tumbuh di Indonesia tepatnya di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Karena nilai ekonominya yang tinggi, maka pihak pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani melakukan penelitian terkait lingkungan hidup dan cara budidaya jamur ini. Penelitian ini bertujuan agar masyarakat mampu mengelola dan membudidayakan jenis jamur ini. 

Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani ini juga menggandeng pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Institut Pertanian Bogor. Lokais riset jamur ini berada di Desa Senaru yang merupakan jalur resmi pendakian Gunung Rinjani. Tim gabungan peneliti ini meakukan riset pada bulan Februari atau dalam masa musim penghujan. Hal tersebut dilakukan berdasarkan penelitian bahwa mahkota jamur tumbuh saat musim semi yaitu pada bulan Maret - Juli.

Baca Juga : Beras 1,4 Juta Ini Diklaim Sebagai Beras Termahal, Apa Istimewanya?

Jamur Morel sudah mulai dibudidayakan di Eropa sejak ratusan tahun silam. Jamur yang tergolong hanya bisa tumbuh di daerah tropis tertentu itu pertama kali ditemukan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Teguh Rianto.

Penemuan jenis jamur termahal kedua di dunia tersebut terjadi secara kebetulan ketika melakukan patroli di dalam kawasan taman nasional pada 2009. Karena tergolong jamur bernilai ekonomi tinggi, Teguh Rianto pun kemudian menjadikannya sebagai bahan penelitian tesis untuk menyelesaikan program pascasarjana (S2) di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Juga
Biji Kopi Termahal Di Dunia Ada di Dubai
Seluk Beluk Stradivarius, Biola Termahal di Dunia
Nggak Main-main, Ini Dia 10 Aktris Dengan Bayaran Termahal 2017



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close