Jumat, 22 Juni 2018

Setelah Youtube Go, Google Perkenalkan Layanan Gmail yang Lebih Ramah Memori

  • Rosiana
  • 15/02/2018 15:13 WIB
Setelah Youtube Go, Google Perkenalkan Layanan Gmail yang Lebih Ramah Memori
EPIZONE.ID - Upaya Google untuk membuat aplikasi buatannya ramah memori memang tak main-maijn. Setelah meluncurkan aplikasi Youtube Go - aplikasi Youtube yang ramah memori dan data seluler - Google juga memperkenalkan aplikasi serupa Gmail yang lebih ramah memori yang dinamakan Gmail Go. Aplikasi ini nantinya juga mendukung berbagai layanan dan fitur umum pada Google seperti penyimpanan gratis 15 GB, fitur anti-spam, dan layanan akun ganda. Malah dalam aplikasi Gmail Go ini nantinya tak akan memuat gambar secara otomatis. Jadi selain tidak memakan banyak memori, Gmail Go juga lebih ramah dalam penggunaan data seluler. 

Google belummengonfirmasi fitur lain yang ada di Gmail Go selain tiga fitur tadi. Namun kabarnya, beberapa fitur juga tak bisa diakses di Gmail Go. Hal ini tentunya sejalan dengan konsep Google yang membuat aplikasi yang lebih ramah memori. Peluncuran aplikasi ramah memori ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang masih banyak menggunakan perangkat yang berlum kompatibel atau jaringan telekomunikasi yang masih beum merata di beberapa negara berkembang. 

Baca Juga : Kesal Pesannya Tak Dibalas, Seorang Ayah Buat Aplikasi 'ReplyASAP'

Saat ini Gmail Go telah tersedia di Playstore. Namun sayang belum semua negara bisa memperoleh aplikasi ringan ini, termasuk untuk pengguna di Indonesia yang belum bisa turut menikmatinya. Salah satu negara yang menjadi sasaran aplikasi "GO" ini adalah India. Hal ini karena kondisi jaringan telekomunikasi yang belum merata serta meningkatnya penggunaan feature phone di negara tersebut.

Upaya Google untuk merampingkan aplikasinya telah berjalan sejak lama. Selain Youtube Go dan Gmail Go, Google telah mengeluarkan konsep aplikasi serupa seperti Assistant Go dan Gboard Go. Google juga menyampaikan bahwa nantinya semua aplikasi bawaan Google jika digabungkan tidak akan memakan RAM sampai 1 GB. 

Ilustrasi : theandroidandsoul

Baca Juga
Kini Kamu Bisa Mengetahui Delay Penerbangan Lewat Fitur Terbaru di Google Flights
Youtube Rilis Fitur Stories Baru yang Mirip Snapchat
Tengok Aplikasi Video Buatan Facebook Ini, Akankah Jadi Saingan YouTube?

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close