Senin, 17 Desember 2018

Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi? Ini Penyebabnya

  • Rosiana
  • 21/02/2018 14:21 WIB
Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi? Ini Penyebabnya
EPIZONE.ID - Sebagai masyarakat yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok, orang Indonesia emang udah sangat sayang denan makanan kaya karbohidrat ini. Bagaimana tidak, setiap kali makan besar, harus ada nasi di dalamnya. Yap nasi emang jadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat Asia tak terkecuali Indonesia.

Sebagai negara dengan konsumsi beras tertinggi, Indonesia. Ini artinya mayoritas penduduk Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Bahkan ketergantungan masyarakat Indonesia akan nasi tertuang dalam ungkapan belum kenyang kalau belum makan nasi.

Ternyata penyebab masyarakat Indonesia sangat ketergantungan akan nasi karena terdapat kandungan indeks glikemik pada nasi. Indeks glikemik sendiri merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat karbohidrat di dalam tubuh diubah menjadi gula.

Melansir dari laman Kompas Lifestyle, sebenarnya penyebab utama belum merasa kenyang jika belum makan nasi datang dari otak. Ini karena makan yang tinggi akan glikemik mampu memicu respon ketagihan di dalam otak yang membuat kita selalu ingin dan bahkan ketergantungan terhadap makanan tertentu. Nah hal itulah yang terjadi ketika kita mengkonsumsi nasi. Karena sudah terbiasa, maka otak akan terus meminta untuk makan nasi meskipun tubuh sudah kenyang.

Baca Juga : Beras 1,4 Juta Ini Diklaim Sebagai Beras Termahal, Apa Istimewanya?

Karena kandungan glikemik yang sangat tinggi, nasi juga sangat berpengaruh dalam kenaikan kadar gula darah dalam tubuh, Hal ini mengakibatkan munculnya resiko penyakit diabetes tipe 2. Meski mengandung glikemik, namun nasi tetap bisa dikonsumsi asalkan dengan jumlah yang wajar. Jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi dan vitamin agar kadar gula darah tetap terjaga. 

Selain nasi, ternyata ada beberapa makanan lain yang memiliki kandungan glikemik tinggi seperti roti, kentang, dan gula konsetrat. Selain itu, bisa juga dengan mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain seperti oat, gandum, pasta, ubi, dll. Hidup sehat adlah dambaan setiaporang, untuk itu, perhatikan asupan makanan harianagar terhindar dari berbagai jenis penyakit ya...

Baca Juga
9 Mitos Tentang Makanan Beku yang Seharusnya Tak Langsung Kamu Percayai
Intip 7 Makanan Khas Dari Korea Utara, Negara Paling Tertutup Di Dunia
Selain Kopi 6 Makanan Ini Juga Ampuh Cegah Kantuk Melanda

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close