Kamis, 18 Oktober 2018

Hoax Tentang Teknologi yang Seharusnya Tak Kamu Percayai Lagi

  • Rosiana
  • 22/02/2018 10:57 WIB
Hoax Tentang Teknologi yang Seharusnya Tak Kamu Percayai Lagi
EPIZONE.ID - Selain dikenal sebagai negara dengan penduduk yang besar, nyatanya Indonesia juga populer dengan peredaran berita hoax atau berita palsu. Kondisi masyarakat yang masih gagap teknologi dan mudah meniru style ini menjadi penyebabnya. Tak hanya hoax berita saja yang populer, hoax dalam hal teknologi pun juga jadi makanan empuk mereka yang mudah tertipu, seperti hoax teknologi yang dilansir ari laman Jalan Tikus berikut ini:

1. Tombol 'Refresh' Windows mampu percepat kinerja perangkat

Masih banyak yang beranggapan jika tombol 'Refresh' pada sistem operasi Windows mampu meningkatkan kinerja perangkat elektronik. Nyatanya tombol ini dibuat untuk memperbaiki Windows ketika mengalami kesalahan atau gangguan kecil. Tombol 'Refresh' sejatinya adalah memanggil kembali semua icon dalam desktop dan mengupdate icon jika terjadi perubahan. Misal jika nama folder sudah diganti namun tampilannya masih lama, maka tombol 'Refresh' ini diperlukan untuk mengupdate perubahan tersebut.

2. Menghemat baterai dengan menutup semua aplikasi

Hingga kini masih banyak orang yang mempercayai bahwa salah satu cara untuk menghemat baterai dalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Menutups emua aplikasi bukannya menghemat baterai malah akan semakin banyak menguras daya. Ini karena aplikasi tertentu masih aktif, seperti WhatsApp, Instagram, dan aplikasi lain yang terus berjalan dan memiliki fitur notifikasi. Menutup semua aplikasi malah akan membuat aplikasi tersebut harus memuat ulang dari awal, dan hal ini akan semakin banyak menghabiskan daya baterai. 

3. HP bisa meledak saat digunakan sambil dicharge

Kenyataanya potensi ledakan dari handphone cenderung kecil. Mitos ini datang karena banyaknya kasus smartphone yang meledak ketika dicharge. Ada juga anggapan yang menyatakan bahwa panas yang dihasilkan saat ponsel dicharge juga berpengaruh pada ledakan. Namun ternyata ponsel terasa panas ketika dicharge berasal dari arus aliran listrik yang masuk ke baterai dan bukan karena hal lain yang bisa memicu ledakan.

Baca Juga : 6 Hoax Paling Fenomenal dalam Sejarah Peradaban Manusia, Hampir Semua Orang di Dunia Percaya

4. Banyak RAM = Perangkat lebih cepat

Pada dasarnya RAM adalah penyimpanan memori sementara. Misalnya jika kamu sekarang memiliki perangkat dengan RAM 4 GB namun kamu bekerja dengan aplikasi yang membutuhkan RAM minimal 6 GB, aplikasi tersebut akan berjalan lambat di perangkat. Meningkatkan RAM sebainya disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan aplikasi yang digunakan. Menambah RAM menjadi lebih besar, namun aplikasi yang digunakan tidak membutuhkan kapasitas yang besar, maka kecepatan boost PC akan sama saja dan nggak berubah menjadi super cepat. 

5. Koneksi lebih cepat jika tanda sinyal Full

Banyak yang mengira jika tanda sinyal full, maka koneksi internet menjadi lebih cepat. Padahal faktanya, sinyal penuh yang tertera dalam layar tidak menjamin layanan operator yang digunakan juga sama baiknya. Sinyal yang penuh dalam layar ponsel hanya menujukkan jika posisi perangkat lebih dekat ke BTS (Base Tranceiver Station) atau pemancar.

Sedangkan pengaruh terbesar dari koneksi internet terletak pada layanan operator. Jika layanannya buruk, maka status sinyal full pun juga sia-sia. Sebaliknya jika layanan operator yang digunakan sangat baik, maka hal tersebut tak berpengaruh pada tanda sinyal.

6. Mencabut USB sebelum di-eject dapat merusak perangkat

Proses eject sebelum mencabut USB sebenarnya hanya memastikan bahwa tidak ada proses write atau menulis data yang sedang berlangsung. USB sendiri sebenarnya bisa dicabut tanpa harus takut bahwa perangkat tersebut akan rusak atau data yang disimpan bisa hilang. 

7. Menghapus isi Recycle Bin = menghapus data secara permanen

Data di dalam Recycle Bin sebenarnya masih ada dan belum terhapus secara permanen. Data tersebut baru akan terhapus ketika sudah ditimpa dengan banyak data lainnya. Karena belumterhapus secara permanen, maka data yang sudah terhapus dari Recycle Bin masih bisa dipulihkan dengan aplikasi Recovery. Aplikasi ini mampu mengembalikan data yang sudah terhapus.

Baca Juga
Sekarang Facebook Bisa Deteksi Berita Hoax, Ini Cara Pakainya
Hei Millenials, Yuk Lawan Hoax dan Jadi Pembaca Cerdas dengan 10 Cara Ini
Inilah Penyebab Mengapa Hoax Mudah Sekali Tersebar

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close