Senin, 17 Desember 2018

Kebun Raya Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

  • Rosiana
  • 28/02/2018 16:28 WIB
Kebun Raya Tertua di Dunia, Sudah Tahu?
EPIZONE.ID - Berniat liburan murah? Coba deh sekali-kali kunjungi alternatif liburan yang ramah kantong dan ramah lingkungan seperti kebun raya. Kata kebun raya identik dengan Kebun Raya Bogor, padahal Indonesia memiliki 32 kebun raya lain yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pemerintah Daerah. Beberapa diantaranya tersebar di berbagai wilayah seperti Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali, Kebun Raya Baturaden, Kebun Raya Batam, Kebun Raya Samosir, dan masih banyak lagi.

Salah satu fungsi kebun raya atau botanical garden menurut LIPI adalah sebagai menjadi daerah tangkapan air sekaligus mengurangi erosi. Selain itu kebun raya juga memiliki fungsi sebagai kontrol terhadap kenaikan suhu dan kualitas udara. Secara khusus kebun raya juga bermanfaat sebagai tempat untuk melindungi beberapa tanaman langka. Seperti contohnya kebun raya Bogor dengan bunga Rafflesianya.

Nah dengan besarnya manfaat yang diperoleh, maka nggak heran setiap negara kini memiliki kebun raya sebagai tempat perkembangan ekosistem dan juga penelitian. Beberapa bahkan terbilang cukup tua dan masuk dalam situs warisan dunia seperti

1. Orto Botanico - Padova

Oro Botanica - Padua
via Everything Everywhere

Mungkin belum banyak yang tahu jika kebun raya tertua di dunia terletak di Italia tepatnya di Padova. Didirikan pada tahun 1545 oleh botais bernama Lucas Ghini, Orto Botanica awalnya dibuka sebagai tempat penelitian tanaman obat. Kini kebun raya tertua ini dikelola oleh Universitas Pisa. 

Kebun raya ini menyimpan banyak koleksi catatan penting dan bersejarah yakni 50.000 manuskrip botani. Herbariumnya sendiri menjadi yang kedua terbesar dan terluas di Italia. Di kebun raya ini juga terdapat 6.000 spesies tanaman yang menjadi percontohan bagi bagi banyak kebun raya di Eropa.

2. Royal Botanic Garden of Kew - Inggris

Royal botanical garden of Kew
via Artfunds

Royal Botanic Garden of Kew atau sering disingkat dengan Kew Garden merupakan kebun raya kerajaan yang terletak di lahan luas berupa taman dan rumah kaca yang terletak di antara Richmond dan Kew di barat daya London, Inggris. Selain sebagai kebun raya, tempat ini juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Didirikan pada tahun 1759, Royal Botanic Garden of Kew juga memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terutama botani dan ekologi. 

3. Singapore Botanic Garden

Kebun Raya Singapura
via Wikimedia

Singapore Botanic Garden merupakan kebun raya terbesar di Asia dan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Dibangun oleh Thomas Stamford Raffles, kebun raya ini memiliki luas 82 hektar. Kebun raya ini memiliki hubungan erat dengan Royal Botanic Gardens of Kew di Inggris. Lantaran pertama dibuat, banyak ahli yang juga didatangkan dari sana. 



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close