Sabtu, 18 Agustus 2018

Baterai Cepat Aus? Ini Kiat Untuk Merawatnya

  • Rosiana
  • 05/03/2018 15:42 WIB
Baterai Cepat Aus? Ini Kiat Untuk Merawatnya
EPIZONE.ID - Baterai kini menjadi salah satu sumber daya yang paling dibutuhkan dalam era milenial. Hampir setiap perangkat atau gadget menggunakan baterai karena dianggap lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja. Namun agaknya penggunaan baterai kini kian menjadi masalah ketika pemakaian gadget yang terus menerus membuat usia baterai menjadi lebih pendek. 

Masalah ini bahkan menjadi serius ketika hampir seluruh pekerjaan dan aktivitasmu tergantung dengan gadget. Untuk mengantisipasi baterai yang kian boros, kamu mungkin membutuhkan perangkat lain yang mampu mengisi baterai dan bisa dibawa kemana-mana. Nyatanya cara ini malah membuat kita harus membawa banyak perangkat sekali jalan.

Nah biar terhindar dari situasi diatas, yuk coba cara-cara mudah menghemat baterai ini

1. Perhatikan kondisi baterai. Jika sudah mulai melembung, segera ganti dengan yang baru

Baterai yang melembung merupakan saah satu masalah yang sering dialami para penguna gadget. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi baterai perangkatmu. Jika sudah melembung, maka itu tanda bahwa kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Membiarkan baterai dengan kondisi tak layak selain akan merusak perangkat juga akan membuatmu lebih boros dalam penggunaan listrik.

2. Hindari temperatur yang terlalu dingin atau panas

Suhu ekstrim pada perangkat dapat merusak. Selain panas, suhu yang terlalu dingin juga mampu membuat masa hidup baterai berkurang. Jaga perangkat agar tetap berada pada suhu antara 5 hingga 45 derajat celcius. Kurang atau lebih dari suhu tersebut mampu memakan usia baterai. Suhu yang terlalu pnas akan mempercepat reaksi kimia yang membuat baterai mengalirkan daya lebih besar. Begitu pula yang terjadi dengan baterai yang berada dalam suhu yang dingin. Satu lagi, hindari mengisi baterai dengan suhu beku karena akan mempercepat kerusakannya secara permanen.

Baca Juga : Kelihatannya Sepele Banget, Tapi 5 Kebiasaan Ini yang Bikin Gadget Kamu Cepet Rusak

3. Baterai memiliki siklus pengisian, untuk itu hindari mengisi baterai teralu sering

Setiap baterai memiliki usia dan masa pakai yang diukur dari siklus pengisian. Setiap siklus diukur setiap kali baterai diisi penuh. Jadi setiap siklus akan dihitung setiap baterai terisi penuh. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah mengisi baterai dalam keadaan mati, namun isilah ketika baterai masibh terisi minimal 20%. Hal ini untuk menghindari tegangan yang berlebihan pada baterai. Mangisi ulang baterai dalam keadaan mati total malah akan mempercepat umur baterai dan mengurangi siklus pengisiannya.

Mengisi daya baterai sama dengan mengurangi siklus pengisian. Jadi semakin sedikit siklus pengisian, maka penggunaan baterai juga akan semakin awet dan semakin lama daya baterai akan habis. 

4. Terus pantau baterai gadgetmu 

  Untuk perangkat desktop dan laptop  

Memantau keadaan baterai bisa berbeda tergantung perangkat gadget yang kamu gunakan. Untuk MacOS, kamu bisa melihat pada sistem informasi dan kamu pun bisa langsung mengetaui kondisi bateraimu, dengan cara: Tekan Opt dan klik icon Apple, lalu pilih sistem informasi, kemudian pilih menu Power pada bagian bawah menu Hardware

Uniknya, bagi kamu penggun aproduk Apple, perusahaan ini menyediakan informasi siklus maksimum setiap laptop yang dipakai, sehingga penguna mampu dengan mudah untuk mengetahui masa hidup maksimum baterai. Sebagai alternatif, kamu bisa memasang aplikasi tambahan seperti Battery Health yang berfungsi untuk memonitor kondisi baterai perangkatmu. 

Baca Juga : Bikin Gadget Kamu Kelihatan Baru Terus dengan 5 Cara Ini

Untuk pengguna perangkat bawaan Windows khususnya Windows 10, kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama lewat fitur Command Line yang bisa langsung mengetahui riwayat penggunaan baterai perangkat. Caranya sangat mudah, buka Command Prompt, kemudian ketikkan baris berikut

powercfg/batteryreport/output"c:\battery_report.html"

Setelah mengetikkan baris tersebut pada Command Promt, kamu kan langsung disuguhkan dengan informasi dan riwayat penggunaan baterai seperti kapasitas maksimum, kapasitas baterai saat ini, hingga waktu penggunaan. 

Nah cara kedua jika kamu malas membuka Command prompt adalah dengan mengunduh aplikasi tambahan seperti Battery X. Dengan aplikasi tambahan ini kamu mampu memonitor siklus hidup baterai perangkat dengan lebih mudah.

  Untuk perangkat smartphone  

Untuk smartphone besutan Apple kamu bisa memonitor kondisi baterai kamu bisa mengunduh aplikasi tambahan, karena sistem operasi iOS saat ini belum menyediakan menu tersebut. Rencananya, Apple baru akan memerbarui sistem monitor baterai perangkatnya pada versi 11.3 mendatang. 

Nah bagi kamu pengguna perangkat dengan sistem operasi Android, ada cara mudah yang bisa digunakan, yakni lewat menu Pengaturan dan pilih baterai. Dalam fitur ini kamu bisa menemukan berbagai info mengenai keadaan baterai. Jika kurang puas,kamu bisa mengunduh aplikasi tambahan seperti GSam Batery Monitor.

Sumber : Lifehacker

Baca Juga
Kabar Gembira Untuk Kita Semua! Google Chrome Udah Nggak Akan Ngabisi Baterai Laptop Lagi
Awas! Inilah Tandanya Kamu Sudah Kecanduan Gadget
6 Alasan Mengapa Generasi Millenial Sulit Lepas Dari Gadget

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close