Sabtu, 18 Agustus 2018

Ternyata, Piala Ikonik Oscar Hanya Dihargai 1 Dollar Saja

  • Rosiana
  • 06/03/2018 12:46 WIB
Ternyata, Piala Ikonik Oscar Hanya Dihargai 1 Dollar Saja
EPIZONE.ID - Gegap gempita malam penganugerahan Academy Award memang sudah selesai. Nmaun ajang bergengsi yang selalu dinantikan para pecinta film dunia pun juga diwarnai dengan fakta unik. Salah satunya adalah tentang piala Oscar yang selalu dihadiahkan kepada para pemenang. Piala yang memang berlapis emas tersebut nyatanya merupakan "pinjaman" yang diberikan oleh panitia penyelenggara kepada para pemenang. Loh kok bisa?

Piala bergengsi yang berbentuk patung manusia tersebut bahkan hanya bernilai US$ 1 atau 13 ribu rupiah saja. Meski memang berlapis emas, namun piala tersebut tidak boleh sembarang berpindah tangan. Para pemenang yang mendapatkan piala Oscar harus mau menandatangani surat perjanjian dimana pihak Academy of Motion Picture, Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar, harus selalu menjadi phak pertama yang menampung apabila piala tersbeut dijual oleh para pemenang. Jika pemenang ingin menjual atau tak lagi menginginkannya, maka mereka harus menghubungi pihak AMPAS untuk memberitahukan hal tersebut.

Kemudian pihak AMPAS akan menawar piala tersebut dengan harga US$ 1. Hingga tahun 2014 lalu, piala Oscar masih dihargai US$ 10. Namun hal ini berubah setelah piala yang diberikan kepada Joseph Wright untuk filmnya yang berjudul My Gal pada tahun 1942 jatuh ke tangan Nate D. Sanders yang membelinya di pelelangan dengan harga US$ 72.000. Sejak itu piala tersebut tidak boleh dijual kembali seharga emas.

Piala tersbeut masih bisa diwariskan turun temurun kepada anak cucu, namun tidak boleh jatuh ke phak luar. Artinya setiap piala Oscar hanya bisa diwariskan kepada ahli waris yang berhak atau yang ditunjuk oleh si pemenang untuk mewarisinya. Jika melanggar, maka siap-siap saja pihak pihak penerima piala akan langsung didatangi oleh pengacara. Peraturan ini berlaku sejak thuan 1950. Sebelumnya, piala Oscar masih bisa dijual dan menjadi hak milik para pemenang.

Hingga kini piala Oscar termahal yang pernah dijual adalah piala yang dianugerahkan untuk film terbaik, Gone with the Wind pada tahun 1940. Piala tersbeut dibeli oleh Michael Jackson seharga US$ 1,54 juta. Sayang keberadaannya kini tak terdeteksi lagi. 

Meski tak dihargai tinggi, namun para pemenang Academy Award tetap berhak mendapatkan berbagai hadiah seperti hadiah berlibur dan spa gratis plus kebanggan tersendiri karena pernah meraihpenghargaan di ajang paling bergengsi tersebut.

Ilustrasi : Digital Spy

Baca Juga
Sadar Nggak, Sebagian Besar Tokoh Kartun Warnanya Kuning? Ini Alasannya
Kalo Kamu Perhatian, Kamu Pasti Tahu Kesalahan Konyol di 5 Film Fenomenal Ini
Sadar Nggak, Baju Princess Disney Kebanyakan Berwarna Biru? Ini Alasan Gila di Balik Pemilihan Warna Itu

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close